Cara Backup Artikel Postingan Di Blog Blogger dan Cara Upload Kembali

Sedia Payung sebelum hujan mungkin merupakan sebuah pepatah yang tepat untuk keseluruhan dari artikel yang buat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan tutorial mengenai cara melakukan Back Up data artikel di blog kita tercinta. Mengapa saya susah-susah membuat artikel yang sederhana ini? Sesuai dengan definisinya, Back Up merupakan suatu cara yang dilakukan untuk membuat file atau data cadangan, sehingga jika data tersebut hilang, rusak atau error, maka dapat dikembalikan kembali seperti semula.

Pengalaman personal blog saya yang pertama yang beralamatkan di kiosbisnis.com yang musnah di banned pihak Blogger (Google) menunjukkan betapa pentingnya hal ini untuk dilakukan. Walaupun sudah diupayakan untuk dikembalikan (restore / banding) tapi hasilnya juga tetap nihil.

Backup disini tidak hanya konten atau artikel saja melainkan juga termasuk isi dari komentar dari masing - masing artikel. Kalau begitu langsung berikut sedikit tutorialny. Sebagai catatan apabila sobat Blogger menggunakan Bahasa Indonesia dalam akun Blogger, silahkan menyesuaikan.

Cara BackUp 

1. Langkah Pertama. Login ke dalam akun Blogger => Masuk ke Dashboard =>Pilih Setting.

2. Langkah Kedua. Pada Panel Setting => Pilih Other => Kemudian pada bagian Blog Tools klik Export Blog


2. Langkah Kedua. Pada Windows Pop Up akan muncul tulisan yang isinya kurang lebih data yang di download berbentuk Blogger Atom dan bisa di pindah ke media blogging lainnya maupun local drive (harddisk). Klik Download Blog.


3. Langkah Ketiga. Klik Save File kemudian klik Ok.



Data yang disimpan akan berekstensi .xml. Dimana format dari file tersebut akan berbentuk seperti contoh : blog-10-14-2013.xml. Yang jika kita lihat akan menunjukkan tanggal ketika kita mendownload atau menbackup file tersebut. Silahkan disimpan ditempan yang aman.

Cara Upload

Apabila kita ingin mengembalikan atau meng upload nya kembali silahkan ikuti cara berikut ini :

1. Langkah Pertama. Pada Panel Setting => Pilih Other => Kemudian pada bagian Blog Tools klik Import Blog.



2. Langkah Kedua. Pada jendela upload silahkan upload file berekstensi .xml tadi, kemudian masukkan kode Captcha nya. Jika kita ingin langsung mempublish semua artikel yang sudah ada di dalam file back up centang pada tulisan Automatically Publish all imported posts. Jika kita ingin mem publish artikel satu persatu, maka tulisan tersebut tidak usah di centang kemudian klik Import Blog.


Memang yang dinamakan back up data ini kelihatannya mudah namun sebagai manusia kadang kita sering melupakannya. Jika tidak ita lakukan sekarang juga, hati - hati saja jika kejadian pada awal paragraf diatas menimpa pada diri rekan - rekan semua. Bukannya menakut - nakuti tapi sebagai sesama rekan, sudah sepantasnya untuk saling mengingatkan. Sekian dan Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.