Pengalaman Mengikuti Kopdar Blogger Nusantara 2013 di Jogja

Jika pada tahun 2011 Kopdar Blogger Nusantara sukses diselenggarakan di kota Sidoarjo, Tahun 2012 sukses diselenggarakan kota Makasar, dan akhirnya tepat Pukul 15:00 WIB Minggu, 01 Desember 2013 acara Kopdar Blogger Nusantara 2013 #BN2013 yang dilaksanakan di Kota Gudeg Jogja sukses diselenggarakan dan telah resmi ditutup oleh Panitia dan Peserta. Banyak informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapatkan ketika mengikuti rangkaian acara kopdar tersebut. Ingin tau ceritanya, monggo mas/mbak silahkan disimak secara saksama.

Logo Blogger Nusantara 2013 Jogja #BN2013
Logo Blogger Nusantara 2013 Jogja #BN2013
Hari Pertama. Sabtu, 30 November 2013.

Sebenarnya sesuai dengan rundown (rangkaian acara) yang telah dibuat oleh panitia acara akan dilaksanakan di Kraton Alun - Alun Utara Yogyakarta. Namun karena ternyata ada sedikit problem dengan pihak kraton maka acara dipindahkan di Joglo Abang. Jogloabang sendiri merupakan suatu tempat atau bisa dikatakan Rumah Budaya di Kec. Mlati, Kab. Sleman sering dijadikan tempat berkumpul komunitas tapi saya tidak pastinya unutk komunitas apa.

Saya kebetulan berangkat dengan mengendarai sepeda motor karena jarak antara tempat kos saya di daerah Condong Catur ke Jogloabang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menitan, bersama dengan teman saya seorang blogger kebetulan teman satu jurusan. Sesampainya di lokasi sudah banyak banner spanduk menghiasi sekeliling rumah budaya Jogloabang. Sebelum masuk ke acara peserta harus melakukan registrasi ulang terlebih dahulu, apakah peserta yang datang sesuai apa tidak dengan yang diisi di dalam form registrasi di web bloggernusantara.com. Setelah mendapat snack dan kartu tanda peserta BN2013 (kokarde) pesertapun dipersilahkan duduk.

Di dalam acara yang dihadiri bersama sekitar 1000 teman blogger baik Blog BerPlatform Blogger, Wordpress maupun BlogDetik dan berbagai komunitas blogger seperti Komunitas Blogger Magelang, Rembang, Madura, Lamongan, Bojonegoro, Cilacap, Medan, Kalimantan, Papua serta komunitas blogger lainnya (mohon maaf saya tidak hafal) disuguhkan berbagai kegiatan seperti Talkshow, Seminar dan tanya jawab.

Dari talkshow tersebut tentunya saya mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan seperti tentang teknologi wifi dan produk T-Money semacam Rekening Online yang disampaikan dari pembicara dari Telkom Speedy. Dari Ownernya IdBlogNetwork juga kita diajari semacam strategi marketting dan memonitize dengan modal blog. Kita juga di motivasi untuk bisa berkarya lebih dan tentunya bersyukur atas apa yang kita miliki karena dihadirkan pula pembicara seorang Penyandang Disabilitas mas Jhony Yulianto, karena dengan kekurangan fisik yang dimiliki mereka bisa berkarya apalagi kita yang memiliki fisik yang sempurna :). Dan terakhir dari mas Eko Nugroho, seorang pelukis mural & seniman komunitas komik Daging tumbuh kita diajarkan untuk menumbuhkan jiwa seni agar generasi muda saat ini tetap melestarikan adat budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Games dan Kuis selama event Blogger Nusantara 2013 berlangsung pun juga ada seperti lomba tweet terbanyak dengan hastag #bn2013 dan #espincoid, lomba pemasangan widget espin (Speedy Instan), Job Review dan banyak lainnya.

Ditampilkan pula pentas kesenian tradisional yang ditampilkan seperti Tari Gambyong dari Yogya, Tari Bedana dari Lampung dan Tarian adat dari Kalimantan Timur. Pokoknya Indonesia Banget. Sore harinya acara dilanjutkan dengan Tour Keliling Jogja. Tapi karena saya sendiri sudah sering keliling Jogja (karena kos saya di Jogja) maka sekitar habis solat Ashar saya memutuskan untuk tidak mengikuti acara tersebut.

Sedikit Galeri Foto Hari Pertama. 
Peserta Blogger Nusantara 2013 Jogja
Peserta Blogger Nusantara 2013 Jogja BN2013
Pertunjukan Tari Gambyong BN2013
Pertunjukan Tari Gambyong #BN2013

Wawancara bersama Blogger Seleb asal Magelang, Mas Agus Mulyadi #BN2013
Susasana di tempat Resgitrasi Pendaftaran Ulang Online #BN2013
Blogger Mama Ibu - Ibu #BN2013
Blogger Emak - Emak / Ibu - Ibu #BN2013
Blogger Nusantara 2013 Jogja #BN2013
Narsis Dikit #BN2013
Hari Kedua. Minggu, 01 Desember 2013.

Di hari kedua acara dilaksanakan di Sebuah desa Wisata bernama Desa Tembi yang terletak di Kab. Bantul, Yogyakarta. Di tempat tersebut dilaksanakan berbagai macam kegiatan seperti games, turnamen, panggung orasi, sarasehan dan talkshow tanya jawab.

Ketika acara sarasehan, dihadirkan Pula Adminnya Jogja Update @JogjaUpdate Pakde Senggol yang bertugas mengupdate segala berita dan informasi di Jogja. Ada juga dihadirkan tokoh dari Paguyuban Anggara Kasih. Dari acara sarasehan tersebut kita mendapat pengarahan dan semacam motivasi yang Intinya kurang lebih kita sebagai Blogger di motivasi untuk dapat berkarya lebih sehingga mampu menghasilkan manfaat baik bagi diri - sendiri maupunorang lain.

Di sisi lain (ditempat lain) juga diadakan lomba sepak bola dengan mata tertutup antara peserta blogger vs penyandang tunanetra, lomba balap kursi roda bagi penyandang disibilitas, bazar, panggung hiburan dan banyak lainnya. Pokoknya seru - seruan lah kita di hari itu :) Bahkan untuk urusan makanan konsumsi, dihidangkanlah nasi pecel (untuk makan pagi) dan Nasi Gudeg (Untuk makan siangnya) sehingga budaya Jowo terasa sangat kental di tempat tersebut.

Sedikit Galeri Foto Hari Kedua.

Sarasehan Bersama Paguyuban Anggara Kasih dan Jogja Update
Sarasehan Bersama Paguyuban Anggara Kasih dan Jogja Update #BN2013

Narsis Dikit di Galerry Batik Desa Tembi #BN2013
Blogger Nusantara 2013 Jogja
Narsis Lagi #BN2013
Blogger Nusantara 2013 Jogja
Foto Bersama Teman Blogger #BN2013
Nasi Gudeg Khas Jogja #BN2013
Makan Siang, Nasi Gudeg Khas Jogja #BN2013
Foto Bareng Komunitas Blogger Magelang (Pendekar Tidar)
Foto Bareng Komunitas Blogger Magelang (Pendekar Tidar) #BN2013
Foto Bareng Peserta Blogger Nusantara 2013 #BN2013
Foto Bareng Peserta Blogger Nusantara 2013 #BN2013
Oleh - Oleh Sertifikat dan Kokarde Blogger Nusantara 2013
Oleh - Oleh Sertifikat dan Kokarde #BN2013
Blogger Nusantara 2013 Jogja
Follow Twitter saya ya Guys #BN2013
Penutup

Mungkin cukup sampai disini sedikit banyak pengalaman yang bisa saya persembahkan melalui personal blog sederhana ini, ketika mengikuti event Blogger Nusantara 2013 di Jogja. Walaupun masih terlihat banyak kekurangan dari sisi penyelenggaraan tapi itu semua tidak menjadi masalah bagi saya maupun rekan - rekan peserta.

Standing Applouse dan Apresiasi yang tinggi saya haturkan kepada rekan - rekan panitia yang telah membangun, mengkonsep dan membuat sistem acara sedemikian rupa sehingga mampu menyatukan dan mempertemukan 1000 rekan blogger dari seluruh Indonesia. Sungguh bukanlah perkara yang mudah, apalagi dalam tempo waktu semalam memindahkan peserta Kopdar dari satu tempat ke tempat yang lain sampai 3 hari tidak tidur demi mensukseskan acara ini. Karena berkat kalian kita :
Dari yang Maya menjadi Nyata.
Dari yang Gaptek menjadi Melek.
Dari yang Sungkan menjadi Kawan.
Dari yang Renggang menjadi Senang.
Dari yang Harapan menjadi Kenyataan.
Harapan saya semoga kesuksesan dan umur panjang selalu menyertai diri kalian semua sobat. Selain itu, rasa kebersamaan dan jalinan persaudaraan yang terbangun yang mungkin hanya bisa dilakukan secara online menggunakan media blog akhirnya bisa terwujud bertatapan secara langsung antar sesama blogger dan itu semua membuat saya terkesan, respect dan kagum. Apalagi ini merupakan Kopdar pertama kalinya yang saya ikuti bersama 1000 Blogger dari sleuruh pelosok Nusantara. Sesuatu banget . . .. .
Dan Akhirulkalam, yang penting PT 2M. Apa itu PT 2M?
Pokoe Top Markotop Makyyussss.....

Blogger Nusantara ISTIMEWA Apa Kabar? MAKSIMAL


Gimana menurut rekan - rekan semua, tertarikkah untuk mengikuti event Blogger Nusantara 2014 Tahun Depan???

Nb :
(+) "Serunya Kopdar Blogger Nusantara bareng Melly Feyadin"
(+) Sumber Foto : Twitter #BN2013, Facebook BlogNusantara dan Foto Jepretan Pribadi.
Diberdayakan oleh Blogger.