Tips Memilih Nama Domain Yang Baik dan Tepat

Memiliki nama domain sendiri adalah hak bagi setiap warga negara. Asalkan sesorang mempunyai dana yang cukup untuk menyewa domain dari jasa web hosting maka domain tersebut akan paten menjadi miliknya selama domain tersebut masih aktif dan diperpanjang setiap tahunnya. Namun untuk memilih nama yang tepat untuk pemberian nama domain tersebut kadang kita merasa kesulitan. 

Walaupun pemberian nama domain tidak terlalu berdampak signifikan di Search Engine Page Result (SERP) maupun Search Engine Optimation (SEO), namun pemilihan nama domain yang sesuai akan berpengaruh membantu kita dalam mengoptimasi blog atau website pribadi kita. Tentunya sebuah Personal Branding akan tercermin dari nama domain yang kita gunakan nantinya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips mengenai Pemilihan Nama Domain Yang Baik dan Menarik menurut pendapat saya pribadi dan sedikit rewrite dari blog pribadi saya yang terdahulu. Berikut ulasannya :

1. Singkat Dan Mudah Diingat.
 
Sebagian dari pengguna internet akan mengetikkan langsung alamat website pada address bar web browser. Jika nama domain terlalu panjang maka akan berdampak pengunjung terlalu susah mengingatnya sehingga resiko salah ketik amatlah besar. Usahakan memberi nama domain yang singkat akan sangat membantu pengunjung dalam mengingat dan mengetikkan nama domain blog kita. Contoh : BelajarSeo.com, DapurKuliner.com.

2. Mudah Dieja dan Diucapkan.
 
Nama domain setidaknya mudah dilafalkan oleh siapapun. Sehingga apabila dalam suatu moment media promosi blog atau web kita adalah secara lisan dari mulut ke mulut, nama domain kita akan mudah ditangkap dan diterima. Sehingga tidak bikin bingung orang yang mendengarnya. Contoh: MasBagus.com, AdityaBlog.com.

3. Hindari Penggunaan Angka.
 
Penggunaan angka dalam memilih nama domain akan meningkatkan resiko salah ketik ketika mengetikkannya di address bar web browser kita. Misal saya ambil contoh C0b4C0b4.com. Walaupun terlihat unik mengganti huruf o dengan angka 0 dan huruf a dengan 4 tapi seperti yang saya katakan di awal kalimat, resiko salah ketik atau istilahnya mistype akan sangat tinggi.

4. Perhatikan Ekstensi. 
 
Ekstensi dari sebuah file adalah karakter yang terletak setelah titik terakhir dalam sebuah nama file. Dalam hal pemilihan domain, Pilih nama domain yang utama yang termasuk dalam Top Level Domain (TLD). Di Urutan pertama ialah ekstensi .com diurutan selanjutnya ialah .net dan .org.

5. Sesuai Dengan Tema Blog.
 
Terutama untuk blog yang bukan gado - gado alias mempunyai tema tersendiri atau niche. Kesesuaian tema tulisan yang diangkat di dalam blog dengan nama domain tentunya akan mempermudah pengunjung dalam mengingat nama domain blog kita. Selain itu juga bisa mempermudah proses crawl yang dilakukan oleh mesin pencari. Misal bila rekan berjualan beli online jam kebetulan berdomisisli di Semarang maka suggest dari saya untuk nama domainnya ialah JualJamSemarang.com. Atau anda memiliki hobi sharing dunia perbengkelan atau otomotif, maka KiosOtomotif.com bisa dijadikan referensi untuk tema tersebut.

6. Gunakan Tanda Hubung Strip (-) Sebagai Altenatif Pilihan Kedua.

Dan tips yang terakhir ialah Gunakan tanda hubung tersebut sebagai nama domain alternatif apabila nama domain yang dinginkan sudah dipakai orang lain. Sepertinya halnya personal blog saya ini Aditya-Web.com. Kebetulan waktu dulu pesen domain di Idwebhost.com, saya menginginkan AdityaWeb.com. Tapi berhubung nama domain tersebut sudah ada yang menggunakannya maka saya menggunakan alternatif penghubung strip (-).

Memilih nama domain memang tidak boleh asal - asalan. Kadang kita butuh waktu dalam hitungan hari dalam berpikir dan menentukannya. Karena ini yang akan menentukan kelangsungan blog atau web kita untuk kedepannya. Mungkin itu beberapa sedikit Tips Mengenai Pemilihan Nama Domain Yang Baik dan Tepat. Semoga apa yang saya share pada kesempatan kali ini dapat membantu rekan - rekan dalam memilih dan menentukan nama domain yang diiginkan. Apakah rekan punya tips yang lain? Jangan sungkan - sungkan untuk mencorat - coret pada kolom komentar di bawah. Selamat bereksplorasi. . .
Diberdayakan oleh Blogger.