Tips Menjual Barang di Tokobagus.com / OLX.co.id Agar Cepat Laku

Seperti yang kita tahu Tokobagus.com / OLX.co.id merupakan situs jual beli online terbesar di Indonesia. Terutama bagi seorang penjual atau biasa kita sebut seller, lebih cepat laku suatu barang tentunya lebih cepat pula untuk memperoleh profit atau keuntungan. Kemudahan yang ditawarkan di dalam situs jual beli online tersebut membuat kita tidak usah repot - repot memasang iklan di lain tempat. Bayangkan saja kalau kita menjual barang melalui iklan kecik atau iklan baris di surat kabar. Sudah hurufnya kecil - kecil, jumlahnya banyak (biasanya satu halaman sendiri), tidak gratis, orangpun saya yakin banyak yang malas untuk membacanya. Baca : Cara Pasang Iklan dan Jual Barang Di Tokobagus.com

Pengalaman saya selama melakukan kegiatan jual beli (lebih banyak jualnya) di Tokobagus.com, pembeli akan tertarik untuk melihat dan akhirnya membeli barang yang kita jual apabila, seperti 8 tips yang akan saya bagi berikut ini :

1. Berdoa.

Segala sesuatu yang kita lakukan pastinya diawali dengan doa. Berdoala menurut agama dan keyakinan masing - maisng. Dengan doa apa yang kita kerjakan Insya Allah akan mendapan ridho dan berkah dari Allah SWT. Dengan doa pula Insya Allah segala urusan kita akan dipermudah, termasuk dalam hal penjualan dari iklan yang kita

2. Menjadi Verified Member.

Kalau yang ini menyangkut masalah kepercayaan. Tapi saya bukan membahas kepercayaan dalam arti agama atau suku lho. Melainkan kepercayaan dalam hal transaksi jual beli barang. Dengan menjadi verified member pembeli pastinya akan lebih percaya dengan si penjual barang. Karena alamat dari si penjual sudah terdaftar dan terverifikasi oleh sistem Tokobagus. Jual belipun menjadi lebih aman. Baca : Cara Menjadi Verified Member di Tokobagus.com

Verified Member di Tokobagus.com
Verified Member di Tokobagus.com

3. Foto Barang Yang Dijual Jelas Hasil Jepretan Pribadi. 

Kadang saya menemukan foto barang yang dijual asal comot di Google Image. Ingat kawan, pembeli bukanlah orang yang bodoh, mereka pastinya akan selektif dalam memilih barang yang akan dibeli. Ujung - ujungnya kembali ke masalah kepercayaan tadi. Usahakan foto yang dipajang ialah foto real atau nyata. Misal barang yang dijual ialah handphone, perlihatan kondisi luar dalam, samping dan keseluruhan dari perlengkapan handphone yang dijual. Contohnya :



4. Judul, Deskripsi Iklan dan Alat Komunikasi yang Jelas serta Lengkap.

Pada umumnya si pembeli cukup membutuhkan informasi seperti Kondisi barang, Kelengkapan barang, dan Alat Komunikasi yang Jelas. Semakin lengkap deskripsi yang kita berikan maka secara tidak langsung akan menghemat biaya sms atau komunikasi kita karena si pembeli tidak akan mananyakan kembali apa yang sudah kia tulis di kolom deskripsi. Cantumkan alat komunikasi yang mudah dihubungi seperti nomor handphone, (Pin BBM, Id Line, WeChat kalau ada). Tanpa ada alat bantu komunikasi bagaimana proses transaksi jual beli akan terjadi? Contoh :

Contoh : Iklan singkat padat dan jelas

5. Harga Tidak Terlalu Mahal dari Pasaran. 

Kalau ini mungkin sudah umum kita tahu terutama kita yang tinggal di Indonesia. Rata - rata pembeli di Indonesia menginginkan harga beli yang seminimal mungkin dengan mendapatkan barang semaksimal mungkin. Harga jual barang yang sesuai standar pasaran maka tentunya kita akan banyak bersaing dengan produk atau barang yang sejenis yang dijual di Tokobagus.

6. Berilah Garansi.

Dengan memberikan garansi maka di pembeli akan merasa tenang dan nyaman ketika menggunakan barang yang dibeli selama masa garansi. Garansi personal pada umumnya diberikan 1 - 2 minggu. Karena menurut pengalaman saya si pembeli akan - benar - benar mencoba memakai barang yang dibeli ketika pembeli tersebut memakainya bukan pada saat bertransaksi COD (Cash On Delivery)

7. Promosikan Ke Social Media

Tak dipungkiri lagi keberedaan social media bisa digunakan untuk memperluas jangkaun promosi baik itu melaui Facebook, Twitter, Path, Istagram, Google Plus dsb. Promosikan link jualan tokobagus anda di beberapa forum online yang ada di dalam socal media. Semakin banyak teman atau orang yang melihat iklan kita semakin besar juga peluang barang yang kita jual untuk cepat lakunya.


Itulah sedikit Tips Menjual Barang di Tokobagus / OLX.co.id Supaya Cepat Laku berdasarkan pengalaman saya pribadi. Pastinya di luar sana banyak situs jual beli online seperti di Tokobagus seperti FJB Kaskus, Berniaga. Tapi menurut saya sampai saat ini tetap Tokobagus lah yang nomor satu. Dan semoga apa yang saya share dapat memberi manfaat bagi kita semua.  

Atau mungkin Anda Sendiri Punya Tips Lainnya? Silahkan corat - coret di kotak komentar di bawah ini. Semoga Bermanfaat.

UPDATE (29 April 2014)

Di Tokobagus.com sekarang sudah tidak berlaku alias mentiadakan sistem verified member. Jadi tips nomor dua diatas sudah tidak berlaku alias tidak bisa digunakan lagi. Info ini saya dapatkan ketika saya bertanya melalui fanspage tokobagus.com di facebook di https://www.facebook.com/Tokobagus Informasi ini sudah saya update melalui artikel berikut Verified Member di Tokobagus Sudah Ditiadakan

Tokobagus verified member

41 comments

ini bisa menjadi modal bagi saya untuk belajar dagang di tokobagus hehe

saya bookmark terlebih dulu, nanti akan saya praktikkan cara diatas. supaya barang yang saya jual cepat sold out

tipsnya mantab bang kebetulan saya belum pernah jual beli di toko bagus hehehe

saya kebetulan belum pernah nih mas jual barang di toko bagus. Tapi kalau daftar si udah. Malah bingung mau jualan apa di situs itu hehe :D

Silahkan mas, ndak perlu harus punya modal stok barang, jual aja barang yang ga kepakai di rumah :)

Point paling utama berdoa ya Mas...
Memang betul mas... Kalo gambar nya bukan jepretan sendiri orang akan ragu untuk membeli :)

Silahkan mas, jangan lupa doanya mas biar cepat laku :D

Ayo ndang take action lumayan bisa nambah uang saku kalau barang yang ga kepake kita jual dan cepet lakunya :D

Kalau barang dirasa tidak ada yang layak untuk dijual. Mungkin bisa jual jasa mbak, saya perhatikan di tokobagus juga banyak yang menjual jasa seperti jasa SEO, jasa modified template, Jasa Pasang iklan, Jasa design dll.

Betul mas, berdoa ialah poin utamanya. Dan kadang malah saya nemu tanpa gambar juga mas, gimana orang mau lihat barangnya :D

trm ksh referensinya... sy ada rencana mo dftr ke toko bgs...
saya suka.. saya suka...

poin 3 sy setuju banget...
klo gambarnya dr search krg menyakinkan, justru terkesan mo menipu,,,

Tips pertama berDOA :)
saya jarang jalan jalan ke tokobagus , jadi enggak tahu dalamnya. kepercayaan emang penting dalam jual beli online. kepercayaan yang tinggi berarti reputasi baik yang tinggi pula

Toko bagus salah satu toko online jual dan beli barang yang terpercaya jadi memang tips diatas bisa menjadi refrensi kita kalau mau jual barang disana.

wah bisa dicoba nih tipsnya klau sy lgi jual brang di tokobagus.com..thanks mas

posting yang bermanfaat banget nih mas...
jadi tahu cara buat di coba swaktu waktu...
trims ya :)

Bagus nih tipsnya, saya masih bingung pilih berniaga atau toko bagus..untuk lahan JBO jual beli online

Wah artikelnya bermanfaat banget nie mas, terimakasih udah berbagi tips menjual barang di Toko Bagus, ini akan menjadi bahan referensi manakalan hendak melakukan penjualan barang di toko bagus tersebut :)

Dalam beberapa minggu terakhir ini, ada famili saya yang masih pelajar aktif berbisnis melalui situs TokoBagus(dot)com. Beberapa hari lalu pembelinya dari kota yang berdekatan melihat barangnya kemudian terjadi transaksi. Tampaknya media ini sangat favorit disukai oleh penjual dan calon pembelinya. Situs dengan layanan yang prima dan profesional. Terima kasih sharing dan motivasinya. Selamat dan sukses Sobat. Salam cemerlang!

saya udah melakukan cara diatas, dan hasilnya "ALHAMDULILLAH" :) hee + akun saya udah terverifikasi alias ada tanda ceklisnya, sehingga pembeli semakin yakin deh :)

Saya sering kali COD lewat site tokobagus ini, memang memudahkan kita dalam jual beli mas

Toko Bagus udah banyak penipuan sob,Jadi nyimak aja,Kunbla ya,

tutorial.usa.cc

supaya barang-barang di rumah tidak menumpuk, sebaiknya di jual ya mas di toko bagus :)
lumayan bisa jadi duit hehe :D

Wah ada juga yah tipsnya thanks ya bang semoga bisa membantu yg membutuhkan yang barangnya gak laku2 di tokobagus hehehe

Iya mbak daripade ga kepake dan numpuk di gudang rumah, bisa - bisa maah jadi sarang tikus. Tapi asalkan barang tersebut masih layak pakai namun kita kita sudah tidka membutuhkannya, tak ada salahnya untuk di moneytize (dijadiin duit) :D

Iya mas salah stau transaksi yang sering saya lakukan ialah COD. Lebih aman, barang jelas, bisa cek langsung kondisi barang yang kita beli. Resiko unutk peniuan bisa diminimalisir :)

Selamat mbak kalau begitu, memang dalam jual beli kepercayaan adalah nomor satu. Maka dari itu dengan menjadi verified member setidaknya kita sudah membantu masyarakat unutk mengurangi tindak pidana penipuan karena alamat rumah si penjual sudah pasti asli dan terverifikasi oleh pihak tokobagus.com. Jual beli pun jadi lebih aman.

Sama - sama mas. Anggap saja tokobagus.com sebagai perantara untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli. Tinggal bagaimana cara kita untuk memanfaatkannya sehingga mampu memberi manfaat baik dari segi (finansial, kepercayaan, nambah saudara dll). Terima kasih juga sudah share pengalamannya mas :)

Tergantung dari kitanya juga yang selektif buat milih iklan yang benar mas. Tak dipungkiri yang terpercaya juga banyak, tapi yang menipu kadang juga tak kalah banyak. Maka dari itu selalu gunakan tipe transaksi COD (cash On delivery) dan bila terpaksanya menggunakan Kirim - kirim / transfer rekening usahakan gunakan jasa rekber unutk terhindar dari tindak penipuan. :)

Oke mas semoga bermanfaat, selamat dipraktekkan :)

Kalau saran saya ya dua - duanya aja mas. Semakin banyak kita promosi, semakian besar pula peluang barang dagangan kita untuk laku :)

Mantap gan artikelnya ini yang saya cari cari ,...inspiratif

terima jasa bikinin verified member di tokobagus gak bos?
email saya bos.. deza_mulyana@yahoo.com

Ijin share ke anak didik gan. Moga terus bisa berkarya dengan artikel-artikel lainnya. Dan semoga makin banyak generasi muda kita yang terjun di dunia perniagaan. Amin.

Silahkan mas dengan senang hati :-bd

Oke, saya mau coba jualan kalau ada barangnya.

setuju banget sama tips jadi verified member, karena dengan begitu orang yang melihat akan yakin bahwa walau kita jualannya online bisa dipercaya dengan bukti olx sendiri telah memverifikasi akun kita, keren2 tipsnya gan. tks ya ;)

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.