Tips Menjual Barang di Tokobagus.com / OLX.co.id Agar Cepat Laku

Seperti yang kita tahu Tokobagus.com / OLX.co.id merupakan situs jual beli online terbesar di Indonesia. Terutama bagi seorang penjual atau biasa kita sebut seller, lebih cepat laku suatu barang tentunya lebih cepat pula untuk memperoleh profit atau keuntungan. Kemudahan yang ditawarkan di dalam situs jual beli online tersebut membuat kita tidak usah repot - repot memasang iklan di lain tempat. Bayangkan saja kalau kita menjual barang melalui iklan kecik atau iklan baris di surat kabar. Sudah hurufnya kecil - kecil, jumlahnya banyak (biasanya satu halaman sendiri), tidak gratis, orangpun saya yakin banyak yang malas untuk membacanya. Baca : Cara Pasang Iklan dan Jual Barang Di Tokobagus.com

Pengalaman saya selama melakukan kegiatan jual beli (lebih banyak jualnya) di Tokobagus.com, pembeli akan tertarik untuk melihat dan akhirnya membeli barang yang kita jual apabila, seperti 8 tips yang akan saya bagi berikut ini :

1. Berdoa.

Segala sesuatu yang kita lakukan pastinya diawali dengan doa. Berdoala menurut agama dan keyakinan masing - maisng. Dengan doa apa yang kita kerjakan Insya Allah akan mendapan ridho dan berkah dari Allah SWT. Dengan doa pula Insya Allah segala urusan kita akan dipermudah, termasuk dalam hal penjualan dari iklan yang kita

2. Menjadi Verified Member.

Kalau yang ini menyangkut masalah kepercayaan. Tapi saya bukan membahas kepercayaan dalam arti agama atau suku lho. Melainkan kepercayaan dalam hal transaksi jual beli barang. Dengan menjadi verified member pembeli pastinya akan lebih percaya dengan si penjual barang. Karena alamat dari si penjual sudah terdaftar dan terverifikasi oleh sistem Tokobagus. Jual belipun menjadi lebih aman. Baca : Cara Menjadi Verified Member di Tokobagus.com

Verified Member di Tokobagus.com
Verified Member di Tokobagus.com

3. Foto Barang Yang Dijual Jelas Hasil Jepretan Pribadi. 

Kadang saya menemukan foto barang yang dijual asal comot di Google Image. Ingat kawan, pembeli bukanlah orang yang bodoh, mereka pastinya akan selektif dalam memilih barang yang akan dibeli. Ujung - ujungnya kembali ke masalah kepercayaan tadi. Usahakan foto yang dipajang ialah foto real atau nyata. Misal barang yang dijual ialah handphone, perlihatan kondisi luar dalam, samping dan keseluruhan dari perlengkapan handphone yang dijual. Contohnya :



4. Judul, Deskripsi Iklan dan Alat Komunikasi yang Jelas serta Lengkap.

Pada umumnya si pembeli cukup membutuhkan informasi seperti Kondisi barang, Kelengkapan barang, dan Alat Komunikasi yang Jelas. Semakin lengkap deskripsi yang kita berikan maka secara tidak langsung akan menghemat biaya sms atau komunikasi kita karena si pembeli tidak akan mananyakan kembali apa yang sudah kia tulis di kolom deskripsi. Cantumkan alat komunikasi yang mudah dihubungi seperti nomor handphone, (Pin BBM, Id Line, WeChat kalau ada). Tanpa ada alat bantu komunikasi bagaimana proses transaksi jual beli akan terjadi? Contoh :

Contoh : Iklan singkat padat dan jelas

5. Harga Tidak Terlalu Mahal dari Pasaran. 

Kalau ini mungkin sudah umum kita tahu terutama kita yang tinggal di Indonesia. Rata - rata pembeli di Indonesia menginginkan harga beli yang seminimal mungkin dengan mendapatkan barang semaksimal mungkin. Harga jual barang yang sesuai standar pasaran maka tentunya kita akan banyak bersaing dengan produk atau barang yang sejenis yang dijual di Tokobagus.

6. Berilah Garansi.

Dengan memberikan garansi maka di pembeli akan merasa tenang dan nyaman ketika menggunakan barang yang dibeli selama masa garansi. Garansi personal pada umumnya diberikan 1 - 2 minggu. Karena menurut pengalaman saya si pembeli akan - benar - benar mencoba memakai barang yang dibeli ketika pembeli tersebut memakainya bukan pada saat bertransaksi COD (Cash On Delivery)

7. Promosikan Ke Social Media

Tak dipungkiri lagi keberedaan social media bisa digunakan untuk memperluas jangkaun promosi baik itu melaui Facebook, Twitter, Path, Istagram, Google Plus dsb. Promosikan link jualan tokobagus anda di beberapa forum online yang ada di dalam socal media. Semakin banyak teman atau orang yang melihat iklan kita semakin besar juga peluang barang yang kita jual untuk cepat lakunya.


Itulah sedikit Tips Menjual Barang di Tokobagus / OLX.co.id Supaya Cepat Laku berdasarkan pengalaman saya pribadi. Pastinya di luar sana banyak situs jual beli online seperti di Tokobagus seperti FJB Kaskus, Berniaga. Tapi menurut saya sampai saat ini tetap Tokobagus lah yang nomor satu. Dan semoga apa yang saya share dapat memberi manfaat bagi kita semua.  

Atau mungkin Anda Sendiri Punya Tips Lainnya? Silahkan corat - coret di kotak komentar di bawah ini. Semoga Bermanfaat.

UPDATE (29 April 2014)

Di Tokobagus.com sekarang sudah tidak berlaku alias mentiadakan sistem verified member. Jadi tips nomor dua diatas sudah tidak berlaku alias tidak bisa digunakan lagi. Info ini saya dapatkan ketika saya bertanya melalui fanspage tokobagus.com di facebook di https://www.facebook.com/Tokobagus Informasi ini sudah saya update melalui artikel berikut Verified Member di Tokobagus Sudah Ditiadakan

Tokobagus verified member
Diberdayakan oleh Blogger.