Ciri - Ciri Penipuan Jual Beli Online di Kaskus FJB

Mengulas perihal Forum Online Terbesar di Indonesia ini seperti ga ada habisnya. Dan tulisan ini merupakan tulisan keempat yang saya angkat di dalam personal blog saya ini. Yup, seperti yang kita ketahui forum online Kaskus ialah merupakan forum online terbesar di Indonesia sampai saat ini. Tercatat lebih dari 4 juta member sudah menjadi anggota di forum ini. Selain terdapat banyak subforum di dalamnya sebagai ajang diskusi dan bertukar pikiran.

Kaskus juga memiliki wadah yang digunakan untuk menjembatani para penjual dan pembeli untuk bisa bertransaksi jual beli. Dan lebih sering kita kenal dengan Forum Jual Beli Kaskus atau Kaskus FJB. Baca : Cara Pasang Iklan dan Jual Barang di Kaskus FJB

Dengan begitu banyaknya jumlah member yang bergabung di kaskus tak dipungkiri sangat banyak pula watak, sifat maupun perilaku member disana. Hal tersebut terkadang dimanfaatkan oleh segelintir orang unntuk memperoleh rejeki secara tidak halal alias menipu secara online (berbuat jahat). Sebagai seorang pembeli kita harus selalu berikap waspada sebelum membeli sesuatu barang atau jasa terutama di Kaskus FJb. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya igin berbagi informasi mengenai Ciri - Ciri Penipuan Jual Beli Online Di Kaskus FJB. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Judul Thread. Dari judul threadpun kita sudah bisa menduga - duga kalau itu ialah penipuan. Entah ini penipunya yang bego atau memang sudah dijadikan acuan para jaringan penipuan ini biasanya mereka memberikan definisi : Nama Barang, Harga, Diskon, Jenis (BM/Original) disertai Nomor HP/Pin BB pada judul thread yang mereka buat.

2. Id Kaskus Baru. Biasanya id kaskus yang mereka pakai tergolong id yang baru dibuat dan tanggalnya tidak beda jauh dengan tanggal ketika anda mengakses lapak jual beli tersebut . Itu dilakukan karena mereka punya prinsip kalau sudah dapat korban langsung kabur. Jarang ada kalau id kaskus yang mereka gunakan ialah id kaskus prime atau original dalam arti yang sudah digunakan berbulan - bulan atau bertahun - tahun. Lha wong niatnya aja udah nipu.

3. Alamat toko tidak jelas. Mana mungkin para penipu memberikan alamat asli mereka. Kalau ada mah polisi pastinya sudah bertindak cepat untuk menangkap para penipu itu. Namun misalkan ada yang memberikan alamatnya saya yakin itu semua fiktif alias palsu. Biasanya mereka mengaku berdomisili di Batam, Pekanbaru Riau maupun tempat - tempat daerah perbatasan yang buat kita bakaln sulit dijangkau.

4. Tidak Bisa COD (Cash On Delivery) tidak ada toko fisik. Pada umumnya mereka berdalih tidak bisa COD  atau bayar ditempat karena tidak memiliki toko fisik. Ini sangat tidak masuk akal. Dimana - mana logikanya orang dagang jualan online itu untuk menaikan omset dagangan offlinenya kalau penipu ini sebaliknya. Misalkan bisa COD pasti merek minta DP terlebih dahulu 50%, harus jadi member dahulu atau transaksi lebih dari 15 juta baru bisa COD. Disini saya hanya bisa mengingatkan, Be A Smart Buyer.

5. Tidak bisa Rekber (Rekening Bersama). Ya pastilah, niat dari awal mau nipu. Rekberpun pastinya mereka tolak walaupun ini merupakan salah satu cara aman untuk bertransaksi online. Karena mereka tidak memiliki barang yang diperjualbelikan.

6. Barang Elektronik dan Gadged Harga Tidak Wajar. Pada umumnya barang yang mereka jual ialah berupa barang - barang seperti HP terbaru, Gadged, Komputer, Laptop. Mereka pastinya akan menjual barang setengah harga dari harga pasaran alias tidak masuk akal sehingga banyak dari kita yang tergoda sehingga tanpa berpikir panjang kita menstrasfer sejumlah uang ke mereka.

7. Barang BM kualitas Original. Seringkali saya menemukan mereka mengaku barang yang mereka jual ialah BM (Black Market) dan bergaransi original. Disini Yang namanya BM itu barang ilegal tanpa masuk cukai alias tidak diakui oleh badan yang berwenang itu barang atau gadged. Jadi tidak mungkin ada barang Barang BM kok bisa ada garansinya. Kalau Kata Cak Lontong, "Mikir, sambil nunjuk kepala"

Sebagai gambaran berikut ini, beberapa contoh thread penipu jual beli online yang sempat saya capture atau screenshot :

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Lapak Jual Beli para Penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Salah satu iklan para penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Janji - janji manis para penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Produk gadged Palsu yang dijual para penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Foto dan Testimoni palsu

Itulah sedikit gambaran dan beberapa para penipu jual beli online yang sering berkeliaran di forum Kaskus. Dan barangkali cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan mengenai Ciri - Ciri Penipuan Jual Beli Online Di Kaskus FJB. Harapan saya, semoga dengan tulisan saya ini, anda dapat memilih - milih secara bijak sebelum membeli, penjual mana yang benar - benar menjual terpercaya bukan penjual penipu. Dan tentunya juga setelah membaca tulisan ini, saya tidak ingin anda menjadi korban berikutnya dari oknum - oknum pelaku penipuan jual beli online ini. Semoga bermanfaat. 
Diberdayakan oleh Blogger.