Pengalaman Diterima Menjadi Publisher Google Adsense

Seperti yang kita tahu Google Adsense merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rejeki dolar yang berasal dari Google dengan sistem PPC alias Pay Per Click yang artinya kita akan dibayar jika iklan yang ditampilkan di blog kita di klik oleh pengunjung blog kita. Google adsense juga bisa dibilang menjadi impian para blogger untuk mendapatkan penghasilan lebih dari blog yang dikelolalanya. Jadi ibarat peribahasa sambil menyelam minum air, sambil ngeblog nyari duid. Nah, pada kesempatan kali ini salah satu blogger yang juga ingin merasakan memperoleh penghasilan dari program yang ditawarkan oleh Google ini adalah seorang bernama Aditya alias saya pribadi. Mencoba berbagi pengalaman personal blog Aditya -Web.comini bisa diterima Publisher Google Adsense.

Google adsense logo icon
Pada awal bermain di dunia blogging tentunya tujuan awal kita seperti blogger - blogger lainnya ialah berbagi dan sharing informasi. Optimasi SEO baik onpage maupun offpage selalu berjalanan seimbang. Namun seiring dengan perkembangan dan semakin tambahnya banyak informasi yang kita dapatkan, keinginan untuk mendapatkan penghasilan lebihpun juga akhirnya menghampiri diri kita termasuk juga saya. Salah satunya dengan menjadi publisher Google Adsense. Setidaknya pastinya kita berharap penghasilan yang kita dapatkan nantinya bisa menutupi untuk biaya akses internet maupun bagi yang sudah berdomain TLD bisa untuk memperpanjang masa aktif domain.
Mungkin rekan ada yang pernah baca - baca dari sumber lain mengenai persyaratan apa saja harus dipenuhi agar bisa diterima menjadi publisher Google Adsense. Tapi disini didalam artikel ini saya tidak akan berbagi info tersebut karena pastinya sudah banyak temen - temen blogger diluar sana yang ngeshare. Saya hanya berbagi info atau lebih tepatnya pengalaman waktu diterima menjadi Publisher Google Adsense. Diantaranya :

1. Saya Mendaftar Google Adsense Tanpa Jasa pihak Ketiga.

Alhamdulillah saya mendaftar menjadi Publisher Google Adsense tanpa menyewa atau membeli jasa dari pihak ketiga atau orang lain. Yang saya lakukan ialah hanya mengikuti prosedure yang ada. Karena saya menggunakan Engine Blogger yang saya lakukan ialah mendaftar melalui menu Earning. Kemudian mengisi data diri sebenar - benarnya dan menunggu tahap review.


2. Baru pertama mendaftar langsung Diterima.

Diluar sana saya pernah baca ditolak hingga berberapa bahkan sampai puluhan kali. Mungkin disini bisa dibilang saya lagi beruntung alias bejo karena ini baru pertama kalinya daftar sebagai publisher Google Adsense langsung diterima.

3. Diterima Menjadi Publisher Google Adsense dalam Waktu 4 Hari.

Saya mencoba mendaftar pada tanggal 1 April 2014 dan setelah melewati 2 kali tahap review, iklan saya akhirnya ditampilkan pada tanggal 4 April 2014. Ga tau ini tergolong kategori cepat apa ndak. Lha wong pertama kalinya nyoba.


4. Total Jumlah 25 Artikel dengan Page View Harian 800 - 1000 PV.

Ketika mencoba mengajukan diri sebagi publisher jumlah posting atau artikel di personal blog ini ialah 25 Artikel dengan jumalah pageview harian sampai saat saya menulis artikel ini berkisar 800 - 1000 PV per hari. Diluar sana sana pernah saya baca ada yang mengatakan bahwa untuk bisa diterima menjadi publisher google adsense harus memiliki jumlah artikel setidaknya minimal 50 - 60 artikel. Entah ini keberuntungan atau kebetulan buat saya, tentunya pihak Google Adsense memberikan standar khusus untuk menjadi publisher ditempatnya.



5. Umur Blog 5 Bulan lebih 1 Hari. 

Saya membuat dan mengcustom domain personal blog saya ini pada tanggal 3 Oktober 2013. Hingga diterima menjadi publisher Google Adsense pada tanggal 4 April 2013, maka blog saya ini berumur 5 Bulan lebih 1 Hari. Mungkin ini bisa dijadikan pertimbangan Google Adsense untuk menerima personal blog saya ini.

Itulah sedikit uraian saya mengenai pengalaman ketika Diterima sebagai Publisher Google Adsense. Semoga saja dari pengalaman saya ini, rekan - rekan bisa memperoleh kesimpulan yang bisa diambil sisi positifinya. Jujur saya sangat senang sekali apabila rekan - rekan berbagi info atau bertukar pikiran mengenai Google Adsense melalui kotak komentar di bawah ini. Dengan tujuan untuk menambah ilmu pengetahuan saya. Maklum saya pribadi masih awam, pemain baru alias newbie dalam hal PPC yang satu ini.

Akhir kata, Terima kasih ya Allah engkau telah membukakan satu pintu rejeki hambamu ini melalui perantara Google Adsense. Insya Allah kedepan saya akan mencoba mempertahankan dan berusaha untuk meningkatkan penghasilan. Dan tentunya akan mencoba mematuhi segala peraturan dan kebijakan dari Google Adsense itu sendiri. 

100 comments

wahhhh beruntung banget ente sob.. dapat diterima di google adsense..

selamat ya kang atas diterima di google adsense,,_
temen saya juga pernah mendaftar 'tapi' 4x ditolak,,_
sekali lagi 'selamat' ya kang.

Kalau pingin merasakan juga mendapatkan gaji dollar dari simbah google tak ada salahnya untuk dicoba mas, siapa tahu bejo alias beruntung mas.

Titip salam buat temennya mas, Kalau gagal yang penting coba lagi, dan jangan pernah nyerah mas. :)

Hebat banget yah blog agan, jumlah artikelnya baru 25 sudah bisa menjaring ribuan pengunjung dan keterima d GA. Selamat ya gan sudah diterima di Google Adsense.

Oh ya gan, ane mau nanya nih, yang ngereview blog kita di Google Adsense itu robot otomatis dari Google atau orang dari pihak tertentu gan? Ane masih bingung dengan hal ini.

Iya mas, itu aja mungkin bisa dibilang suatu keberuntungan bagi saya mas mengingat jumlah artikel saya yang bisa dibilang sedikit namun Google mau menerima saya sebagai publishernya.

Kalau setau saya dua duanya mas. Karena yang pasti google mempertimbangkan banyak aspek sebelum menyetujui keanggotaan publishernya misal seperti struktur navigasi, index blog di search engine, sedikit banyaknya jumlah visitor, Kualitas SEO dan lain sebagainya. Dan itu semua tidak bisa dilakukan oleh mesin robot google itu sendiri tanpa dibantu oleh karyawan yang kerja di Google Adsense :)

hebat kamu mas..saya tunggu komen baliknya

saya tidak pernah ktrima, 3 kali daftar 2 kali ditolak, 1 masih review -_-

saya masih dalam tahap review, lama banget :3

selamat ya gan, akun ane lain masih status hosted dan mesti nunggu 6 bulan :(

Coba terus kang. Benahi lagi kualitas SEO dan trafik visitornya. Lengkapi persyaratan untuk daftar ke Google Adsense seperti about, privacy, contact dsb. Kalau sudah ya tinggal menunggu sambil berdoa semoga Tim GA mau menerima kita sebagi publishernya.

Normalnya 1 - 7 hari mas untuk tahap review ini. Sembari di review kan bisa diperbaiki lagi baik dari sisi SEO maupun kualitas dan kuantitas konten artikel. Agar bisa menjadi pertimbangan tim Google adsense untuk menyetujuinya. :)

Saya aja malah ga tau punya ya ini akun hosted atau nonhosted. Maklum saya masih pemain baru di Google adsense. Belum bisa terlalu membedakan. Yang saya tahu mengikuti aturan mainnya GA saja, supaya ga dicurigai yang berujung banned.

selamat gan di terima GA, jadi semakin semangat buat ngeblog ya....

alhamdulillah,,selamat ya sudah diapprove oleh Mbah Google untuk GA-nya...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

pertama saya ucapkan selamat, kedua saya ungkapkan rasa iri atas kesuksesannya! :D
nanti kalo udah payout jangan lupa sharing juga ya mas

Ingin ikutan Google Adsense juga, cuman kayaknya blog saya belum memenuhi standar deh :(

Wah beruntung banget mas. Saya sampai sekarang belum di terima kalau daftar via blog mas. Tapi kalau daftar via youtube sudah d terima. Tapi masalahnya iklanya g bisa tampil di blog.
Gimana ya mas caranya.?

kalau yang mekanikkomputer.com memang sudah GA hosted gan, saya bikin lagi pakai akun google lain namun dengan domain .blogspot jadi dapetnya akun non hosted. jadi daftarnya pakai youtube dan ketika iklan dipasang di .blogspot masih belum mau muncul mesti nunggu 6 bulan supaya blog di review dulu dan biar bisa berubah jadi hosted

Oo gitu ya gan, mungkitn itu juga ya salah satu alasan mengapa untuk lolos review Google Adsense itu susahnya bukan main. Oke, terimakasih informasinya gan. Ane juga dalam beberapa bulan atau setahun lagi mau daftar di GA juga gan.

Selamat yah mas,ditunggu traktiran nya.hehehe

Apalagi kalau bisa payout bulanan, semangatnya berlipat lipat lagi mas :D

Ini mah baru awal mbak, kalau dikata sukses sepertinya juga masih jauh. Masih butuh proses istilahnya. Inysa Allah kalau dah dapat ilmunya akan saya coba sharing mbak, karena personal blog saya ini takkan hidup tanpa bantuan komentator dan pengunjung seperti mbak elsa dkk. :)

Iya mas Alhamdulillah. Terima kasih atas semangatnya, happy blogging too :)

Coba dulu aja mbak, gratis kok. Kan yang menentukan lolos ndaknya dari Tim GA. Misal salah perbaiki lagi. Misal Gagal - Perbaiki - dan coba lagi. Ga ada salahnya juga barangkali bisa beruntung mendapatkan gaji dollar dari si Mbah Google. :)

Belum payout kok sudah ditagih ya. :D Saya ini masih pemain baru mas dan ini masih tahap awal. untuk mencapai $100 pun seperti harus melewati serangkaian proses terlebih dahulu.

Kalau dari youtube jujur saja saya belum pernah nyoba mas. Kalau boleh tau, sudah coba mendaftar lewat menu Earning di menu Blogger belum mas? Kalau iklannya memang belum bisa tampil di blog barangkali kemungkinan perkiraan masih dalam tahap review mas, sama kaya waktu saya daftar GA dan masuk review tahap 2 yakni muncul iklan kosong.

Saya kurang tau juga mas, Google pastinya punya cara dan standarnya sendiri untuk blog kita dijadikan publisher di rumahnya. Diluar sana banyak yang udah daftar beberapa kali ngajuin namun ditolak sedangkan saya berbekal 25 artikel dengan Pageview harian mencapai 1000 PV bisa lolos. Barangkali faktor keberuntungan juga berpengaruh ya mas :D

Ga usah nunggu lama - lama mas, coba aja mulai dari sekarang. Misal buruk - buruknya ditolak kan bisa dijadikan pelajaran juga kalau harus memang ada yang dibenahi dari blog kita entah itu SEO nya atau artikelnya dan pastinya itu ga bakal bikin kita rugi, ya ga? :D

wah selamat yah mas buat google adsensenya, saya coba beberapa kali masih belum berhasil nih :)

Pertanyaan nya saya sudah cukup lama jadi publisher eh belum dapet-dapet hasil mas ...

luar biasa mas baru pertama daftar adsense langsung bisa di approve. Pengalaman yang sangat menarik ini dan bisa dijadikan contoh dan pelajaran untuk kita semua yang hendak daftar ke program adsense. Lebih baik fokus sama konten dulu kali ya dengan meningkatkan kualitas dan traffic blog, baru kemudian kalau sudah dirasa cukup layak untuk di daftarkan, baru deh mengajukan registrasi ke adsense. Thanks mas atas share nya ya ;)

Kalau begitu pastinya ada yang perlu diperbaiki lagi dari blog rekan, baik dari sisi seo, user interface maupun konten artikel. Yang penting jangan pernah nyerah untuk tetap mencoba. :)

Kalau gitu mungkin ada yang perlu di evaluasi mas. Mungkin penempatan iklan kita yang salah atau faktor lainnya dari segi seo dan konten artikel yang mengakibatkan visitor susah unutk menyumbang recehan ke saldo GA kita. Bagi - bagi tipsnya mas, kalau besok sudah Payout :D

Waduw kalau buat mbak eka (ririn) udah ga asing lagi dengan Google Adsense apalagi kemarin baru saja melakukan payout. :D Ya memang betul mbak apa yang mbak utarakan, dahulu saya seperti itu mbak dari awal mulu prinsipnya fokus optimasi baik dari sisi konten maupun sisi seo, benar - benar aku terapkan betul. Tapi seiring berjalannya waktu plus iseng - iseng nyoba daftar ga tau nya GA malah langsung menyetujuinya. Ya udah prinsip itupun berubah menjadi Sambil menyelam minum air, Sambil ngeblog nyari duid :)

Ane tadi udah daftar gan. Tinggal nunggu diterima atau ngaknya aja.

Tapi ada 1 masalah gan, emailnya yang ane gunakan buat daftar GA tadi ane lupa passwordnya. Terus, apakah bisa email yang saya gunakan buat daftar tadi di alihkan ke email yang lainnya?

Soalnya ane tadi udah nyoba dengan menambah email baru di pengaturan Google+ ane, tapi sampai sekarang masih belum ada pemberitahuan dari GA yang masuk ke email baru ane.

Jujur saja saya belum pernah mengalami apa yang rekan alami. Jadi untuk masalah email untuk GA ya kalau bisa sih saya sarankan sama dengan email di G+ beserta passwordnya. Mohon maaf saya untuk perihal itu belum bisa banyak membantu mas. Barangkali untuk mendapatkan passwordnya kembali bisa kontak melalui email supportnya google adsense mas :)

iya lumayan mas hasil nya kalau bisa payout dari adsense ini. tapi bagi saya sih lumayan sulit payout nya, mungkin 1 tahun sekali hehehe :D

selamat mas. barru pertama daftar langsung di approv. bwt nice share, pengalamannya bisa jadi pemicu semangat

Sama juga saya juga tidak terlalu berbelit belit mendaftarkan GA untuk blog saya, kebetulan apa gimana saya juga lom ngarti , malah akun non hosted saya di setujui hanya setelah tiga jam saya daftar. Met kenal sukses selalu.

Waduw dengan trafik mbak eka yang segitu banyaknyapun butuh satu tahun untuk payout bagaimana dengan saya bermodalkan 25 artikel waktu daftar GA ya? :(

Yang penting udah usaha, berdoa dan mencoba, masalah hasil dari rejeki yang didapat pastinya sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Ya ga mbak? :)

Iya mas grup fb yang membahas mengenai GA juga ada yang bilang hingga sebelum mendapatkan full approved seperti saya harus menunggu 6 bulan agar iklan tayang. Bagi saya pribadi waktu tersebut sangatlah lama. Dan mengapa ga mencoba lewat menu Earning yang ada di blogger aja mas? entah beda apa ga kalau daftarnya lewat youtube, tapi berdasarkan karena pengalaman saya diatas, mendaftar melalui menu bawaan blogger akhirnya bisa memperoleh full approved hanya dalam waktu sekitar 4 hari saja.

Yup sama - sama mas. Barangkali bisa langsung dicoba mas.

Hebat mas 3 jam sudah bisa langsung pasang iklannya, saya aja harus menunggu 4 hari iklan tersebut baru bisa tayang. Tapi disyukuri saja mas, diluar sana saja masih banyak yg belum disetujui GA untuk menjadi publishernya. Tinggal sekarang bagaimana cara kita buat mengoptimasinya. Salam kenal juga mas.

saya kena banned :(
Hati-hati dech jangan sampai kena (y)

Kok bisa di banned mas? Ok makasih sudah diingatkan. Kalau saya taunya juga maen aman saja sesuai peraturan yang google terapkan untuk publishernya :)

Salam kenal juga, nah itu di PR nya yang saya anggap sulit, jangan jangan GA saya cuman ngetest doang, semoga nggak lah. Optimasinya itu yang saya anggap hal tersulit, dengan pengetahuan seadanya, harus banyak membaca saran saran dari blogger lain.

Sharing dong kenapa hal itu terjadi, biar bisa jadi antisipasi teman teman.

Saya juga tergolong pemain baru di GA mas, Yang penting kita ikutin aturan main yang ada seperti tidak boleh klik iklan sendiri, masang space iklan di tempat - tempat yang dilarang GA, kalau pendapatan kecil ya kita perbanyak dengan mendatangkan pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula rasio kemungkinan untuk mengklik iklan kita. Baik dari sisi Seo onpage dan offpage dari blog kita harus ditingkatkan dan kalau bisa balance (seimbang) jangan berlebihan, dsb. Intinya jangan pernah menyerah. Terus mencoba, belajar, berusaha dan tentunya dibantu dengan doa :)

kalau untuk template pakai yang mana mas ? apakah default blogger ?

Semoga sukses terus mas earning google adsensenya :)

Saya sarankan gunakan template yang sudah support dengan ads space (ada ruang iklannya) saya rasa untuk template udah banyak yang ngeshare gratis, tinggal kita ijin aja buat memakainya seperti punyanya : mas sugeng, maskolis, kang ismet, kompi ajaib dsb

Oke mas, terima kaish atas doannya :)

Blog saya masih ber-domain blogspot.com. Menurut anda bisa diterima tidak ya?
Review blog saya http://accounting-media.blogspot.com

Saya pribadi tidak bisa menjawab apa bisa diterima apa ga namun rekan akan tau hasilnya diterima atau ndak ketika setelah mencoba mengajukan diri sebagai publisher. Jika buruk - buruknya ditolak maka itu tanda harus ada yang perlu diperbaiki dari blog kita seperti Dari segi SEO nya, Jumlah dan Kualitas artikel yang di publish, Struktur navigasi menunya, kelengkapan publisher seperti (TOS, Privacy Policy, Disclaimer, Contact Person, About dsb), Usia Domain dll. Jika dirasa itu semua sudah dibenahi silahkan blog rekan di submit ulang ke Google Adsense. Mungkin seperti itu gambarannya.

Ya Ok, Insya Allah akan saya usahakan untuk tidak melanggar TOS nya Google Adsense :)

Wah selamat gan moga cepet PO, karena yg lebih susah justru naekin earningnya apalagi pake blog Indo, beda nilainya sama blog bule :(

Ya begitulah Memang nilai klik untuk blog Indonesia dibanding Blog Berbahasa Inggris berbeda. Kalau memang kemampuan berbahasa inggris kita masih kurang, maka di satu sisi untuk meningkatkan earning yan harus mengoptimalisasi sumber daya yang kita miliki. Seperti meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel, penempatan dan pemilihan iklan harus tepat sasaran, dan tak lupa untuk selalu meningkatkan trafik pengunjung blog kita baik dari sisi SEO maupun SMO (Social Media Optimation) :)

selamat ya udah diterima jadi publisher GA, mudah2an bisa menjemput rejeki di GA. Amin

Iya mas, Tinggal sekarang bagaimana cara saya buat mengoptimasi dan mempertahankan akun GA ini. Sepertinya itu jauh lebih butuh tenaga ekstra, dibanding ketika mendaftarkan diri :)

iklan di blog saya sudah 5 hari ini malah nggak tampil-tampil mas setelah ganti domain, saya merasa bakal ditolak nih :(

Ko bisa tau mas ada 2x review apa ada pemberitahuan yah via email
soalnya adik ipar sy daftar & nunggu 1 minggu terus diapprove (full bukan hosted) dan ga ada keterangan ada review 2x
sy tanya2 buat info kalau nanti daftar :)

Kalau di email memang saya pribadi mendapatkan 1 buah email, namun 2 kali review bisa kita lihat di bagian dashboard adsense. Jadi sesudah daftar jika blog kita lolos review pertama maka diwajibkan untuk memasang iklan adsense walaupun isinya kosong. Disertai dengan adanya notifikasi dibagian akun adense kita. Karena disitu kita akan dinilai untuk review tahap kedua. Jika lolos maka iklan akan tampil tentunya email pemberitahuan kita dapatkan. :)

Udah coba submit lagi belum mas di bagian Site Management?

wah mantap gan, saya malh 3-6 jam untuk akun host lgsg approve... mau pesen saya siap mlayani hehehe

wah keren nih untuk artikelnya... g slh nih dtg dimari

berapa penghasilannya sekarang dari GA bang?

Kak, mau tanya, gimana caranya bisa mendapatkan visitors blog yang banyak? Posting aku visitornya cuma 3 orangan paling. Tapi , Kakak meski baru 25 post, sudah bisa sampai ribuan visitors. Terima kasih.

Rahasia dong :D Kalau udah Payout baru share gan.

Belajar SEO dan SMO mbak. Saya pribadi tak mempunyai jurus atau strategi khusus, yang penting optimasi blog dilakukan secara berimbang, bertahap, pelan namun pasti.

mas adit nanya dong ...
mas adit dan yang lainya mau nanya dong yang tau tolong di balas ya makasih sebelumnya ,
1. kalau daftar google adsense itu emailnya harus jadi email admin/penulis pada blog yang di daftarkan atau email yang ga ada hubunganya sama blog bisa untuk mendaftar.
2. pengalamanya jika sudah di terima lalu iklan munculnya berapa hari . terimakasih mohon di jawab yang tau ya ,,, www.mahadewapulsa.com 087873225142

saya juga sedang dalam masa review dan artikel terus saya genjot tiap hari. Apapun hasilnya saya tidak akan mengulang kesalahan masa lalu (curhatmantanbanned) hihihi

Mohon maaf saya baru bisa membalas mas. Kebetulan saya pribadi pada saat menulis komentar ini lagi disibukkan dengan tugas akhir (skripsi) jadi saya mohon maaf jika banyak komentar yang jarang saya balas.

Kalau sesuai dengan pengalaman saya email yang di daftarkan ke dalam adsense ialah email yang kita gunakan untuk login ke dalam akun blogger kita mas. Kalau misal beda email saya belum pernah mencobanya.

Kemudian kalau masalah iklan yang muncul asal kita sudah mendapatkan persetujuaan tahap kedua (lolos review tahap 2) iklan sudah bisa kita pasang dan muncul di blog kita.

Semoga lekas diterima jadi publisher adsense biar $$ bisa tetep mengalir :)

mas adit mau nanya, kalau setelan otoritas situs resmi di google adsense itu harus di centang atau bisa tanpa di centang , makasih mas... tolong mas... www.mahadewapulsa.com

Gan saya sudah daftar seperti cara di atas, setelah keluar pemberitahuan seperti poin pertama, apalagi yg harus dilakukan gan? Newbie banget gan

mantap kali mas pengunjung dari google semua.. beda sama saya yg visitornya 99% dari twitter.

keren pertama kali mencoba, langsung berhasil

ane udh dapet id nya tapi iklannya ga mau nongol2 kenapa yah gen kira2,, thank nih sebelumnya, ehh iya mampir2 ke blog ane yah http://sedikitsoftware.blogspot.com/

Nice banget mas infonya :) . jadi termotivasi nih buat kerja keras bangun blog ini ehehhee ,,
knjungi balik ya mas hehehe

informasinya sangat menarik.. terimkasih :)
http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-insomnia/

Informasinya sangat bermanfaat
chordgitariqbal.blogspot.com

kalo masa review pertama sudah lewat, dan sekarang sedang menunggu review yg kedua, apakah ada harapan untuk diterima mas bro?

Jangan lupa berkunjung kesini y mas bro... :D
http://rakjat-djelata.blogspot.com/

Insya Allah mas, asal selama proses review blog kita jangan dibikin neko - neko (aneh - aneh). Optimasi SEO sewajarnya seperti biasa, bantu juga dengan update konten secara berkala selama proses review kedua. Setidaknya menunjukkan bahwa blog kita masih hidup, eksis dan tentunya kedepannya akan menguntungkan buat advertisernya google, google nya sendiri dan kita kalau nanti sudah jadi publisher.

Allhamdulillah mas, berkat baca - baca http://www.anakmusik.com/ saya bisa diterima oleh adsense, namun yang dibingungkan, mendapatkan dollarnya lumayan harus extra keras kali ya mas :-(

boleh nanya mas?
mas adit pas daftar adsense pakai template yang ini ya?

Iya mas dari awal saya build atau bangun ini blog sampai sekarang tidak pernah berganti template lagi, hanya sekedar memodifikasinya saja.

Terimakasih atas infonya mas, semoga Artikel ini bisa membuat sy lebih semangat lagi untuk membangun blog sy..
bantu sy mmbngun blog sy yg msh baru.. ditunggu kunbalnya mas.

Terimakasih atas infonya mas, semoga Artikel ini bisa membuat sy lebih semangat lagi untuk membangun blog sy..
bantu sy mmbngun blog sy yg msh baru.. ditunggu kunbalnya mas.

Tanya Mas, itu 25 artikel 5 bulan sudah mencapai pv 700. Terus waktu lagi tidak membuat artikel yang dilakukan Mas apa? Apakah promosi artikel di sosial media atau bagaimana,

saya suka dengan blog anda, dan saya ingin menulis ulang artikel anda di blog saya, saya minta izin untuk itu.

saya tulis ulang artikel anda di blog saya ini Obat Kuat Herbal

mas Adit mau nanya cara meyelesaikan review/tahap 2 bagaimana
please di balas

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.