Verified Member di Tokobagus / OLX.co.id Sudah Ditiadakan

Sebenarnya saya sedikit kecewa ketika menulis tulisan ini. Sebagai salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia. Tokobagus.com / OLX.co.id bisa dibilang menjadi pelopor suksesnya kegiatan jual beli online di Indonesia. Didukung dengan jumlah user yang mencapai jutaan pengguna dan puluhan ribu orang yang mengakses situs ini setiap harinya, tak heran situs Tokobagus.com menjadi salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia.

Verified member tokobagus

Di era sebelum tahun 2014 (2013, 2012, .. dst). Tokobagus.com menerapkan salah satu fitur andalan yakni mengenai verified member. Jika ada seorang penjual yang telah berstatus Verified Member, maka data diri penjual sudah masuk ke dalam database Tokobagus.com dan alamat si penjual sudah pasti asli bukan alamat palsu atau fiktif serta diakui oleh pihak Tokobagus.com. Tingkat kepercayaan pembeli meningkat, transaksi jual belipun akan lebih aman dan nyaman.

Namun sekarang seperti yang kita ketahui. Di Tokobagus.com sekarang sudah tidak ada alias tidak berlaku atau mentiadakan sistem verified member. Jadi tutorial mengenai cara menjadi verified member di Tokobagus.com yang pernah saya publish di personal blog saya ini sudah tidak berlaku alias tidak bisa digunakan lagi. Info ini saya dapatkan ketika saya bertanya melalui fanspage tokobagus.com di facebook di Fanspage Facebook Tokobagus.com atau jika anda ingin melihat langsung saja menuju di komentar yang saya tulis di Link Berikut. Berikut screenshot tulisan yang saya tanyakan kepada pihak Tokobagus.com melalui Fanspage Facebooknya :


Kok Sudah tidak berlaku lagi mas?

Saya pribadipun tidak mengerti mengapa verified member ditiadakan. Yang jelas itu mungkin sudah menjadi kebijakan Tokobagus.com itu sendiri. Mungkin tokobagus menuntut kepada para anggotanya untuk lebih berhati - hati dan meningkatkankan kewaspadaan dalam berjual beli online.

Jadi apa yang harus kita lakukan jika tokobagus.com sudah tidak memberlakukan kembali verified member bagi para penjual? 

Bagi saya kunci jual beli online itu simple. No COD, No Rekber = Transaksi Batal.

Bagaimana apabila saya ingin mempunyai barang tersebut namun si penjual hanya menerapkan sistem transfer rekening saja?

Telusuri dulu jejak atau track record penjual tersebut. Bisa dari nomor hp atau nomor rekeningnya. Jika ada sekali saja komentar negatif terhadapnya, Tinggalkan. Namun kalau anda ingin coba - coba ya resiko ditanggung anda sendiri. Dengan jumlah jutaan iklan yang tersebar di Tokobagus.com dari seluruh penjuru Indonesia masih banyak lapak penjual lain yang lebih terpercaya. 

Lalu, Bagaimana menurut anda? Dengan tidak berlakunya fasilitas verified member di Tokobagus.com / OLX.co.id apakah anda tetap ingin berjual beli disana?

32 comments

berarti sudah tidak bisa menjadi member toko bagus lagi ya, wah sayang sekali ya mas. terima kasih infonya..

sangat di sayangkan sekali yaa mas, pada hal persaingan sekarang sudah sangat ketat. mungkin mereka mempunyai alasan tersendiri mas, kenapa fitur itu di hapus :)

Kalau menjadi member di Tokobagus untuk keperluan jual beli masih bisa mas, namun untuk fitur verified member yang sekarang, sudah tidak ada lagi. Saya sendiri juga belum tahu pastinya penyebabnya apa.

Saya pribadipun sangat kecewa, karena dengan menjadi verified member akan terlihat mana penjual yang terpercaya maupun mana yang tidak. Namun ternyata malah dihilangkan dari pihak Tokobagus.com sendiri. Benar kata sobat, mungkin mereka mempunyai alasan tersendiri mengenai hal itu.

Terus yg sudah jadi verified member apakah status verified membernya jadi hilang?

wah sayang sekali ya sekarang sudah tidak ada lagi akun verifikasi, jadi nya nggak bisa jadi member verified ya mas ;)

wah hebat ya mas komentar nya ditanggapi sama toko bagus langsung, jadi pengen deh punya akun disana hehehe :D soalnya belum pernah ikutan jualan online saya ;)

Iya benar status verifiednya menjadi hilang. Jika rekan telusuri lapak jualan para penjual maka sudah tidak akan menemukan kembali status verified member. Termasuk saya pribadi yang sudah menjadi verified member sejak tahun 2012.

Ya seperti itulah, saya juga kurang begitu tahu alasan pastinya Tokobagus.com menghilangkan fitur verified member. Padahal menurut saya pribadi walaupun status verified member tidak menjamin 100% akan terhindar dari kegiatan penipuan namun keberadaannya bisa menandai mana penjual yang serius alias terpercaya dan mana penjual yang istilahnya baru daftar atau baru jualan kemarin.

Kebetulan saya iseng - iseng menyampaikan keluhan di fanspagenya Tokobagus.com ternyata mendapatkan tanggapan dari pihak Tokobagus.com nya. Ya kalau semisal mau jualan online atau barang - barang yang udah ga kepakai, Tokobagus memang rekomendasi nomor satu dari saya mbak selain Berniaga atau Kaskus FJB :)

Saya baru tau ini tadi mas kalau fitur tersebut sudah ditiadakan. Padahal saya aktif jual beli online di tokobagus.com dan akun id saya pun udah sejak tahun 2011. Ya mudah2an pihak tokobagus.com memberikan alasan yg masuk akal untuk hal ini. Agar member yg sudah verified tidak kecewa.

Ya harapan saya juga begitu. Semoga tokobagus memberikan solusi lainnya untuk meminimalisir segala bentuk penipuan jual beli online.

Sayang sekali memang mas. . . padahal saya salah satu pembeli yang menyukai Verifed Member di Tokobagus, sekarang saya jadi merasa sedikit kesulitan untuk mencari barang di tokobagus karena system Verifed member sudah ditiadakan lagi. Kuncinya membeli barang di tokobagus memang cari yang sesuai harga standart normalnya paling kurang juga dikit. Kalau terlalu murahan saya jadi curiga padahal harga pasarannya tidak semurah itu. Namun sekarang tanpa adanya Verifed member, bagaimana penjual bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli mas ? dan sudah pasti akan jauh lebih banyak penipuan jika tidak ada system Verifed member!!! Saya pun sekarang juga menjadi sedikit ragu untuk membeli barang di tokobagus. Kalau Harus COD iya kalau dekat ? nah kalau jauh ?

Nah itu mas, maka dari itu. Apalagi fitur verified member sudah dihilangkan saya semakin mantab dengin prinsip jual beli nline. Yakni jika seller tidak bisa COD dan tidak bisa Rekber saya anggap ransaksi batal. Toh saya saya yakin juga masih banyak seller yang lebih terpercaya di luar sana. Barangkali tokobagus bakalan mengeluarkan solusi terbaru untuk menanggulangi penipuan jual beli online, kita tunggu saja :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

wah sayang sekali ya :( makanya aku cari link untuk bisa verified member kok gak ada...

Gan verified member msh berlaku py sy msh ada n bs digunakan,cm kl yg baru mmg gk ada lg

Kalo si pembuat OLX baca keinginan pembaca disini kira kira fitur Verified diberlakuin lagi ga yaa

Ooh begitu toh..sayang sekali yaa..
makanya akhir2 ne saya liat akun saya kok sudah ndak ada centang ijonya...
Padahal saya sudah verified sejak 2012..

Alternatifnya via rekber aja kalo begini.. mending kehilangan uang 10-15rb buat fee rekber daripada kehilangan berjuta2 misalnya..

Thanks infonya mas adit ;)

Sangat disayangkan, yg dikawatirkan jumlah penipuan bisa muncul kembali.
Supaya berhati2 dalam belanja

baru tahu min, saya dulu sudah verivied di tokobagus, pantes tanda centangnya hilang.
sekarang lebih milih kaskus dari pada olx.
tip belanja, searc no hp/tlpn di mbah google, cek seberapa lama penjual aktif di jual beli ol, cek testi dari pembeli yg lain.
tq

Baru tau ni ane, Makasih Mas Info nya, Nice Posting Nice Artickel.

iya aneh juga ya olx sebagai tempat buat promosi online menghilangkan konten verified membernya, padahal kan sebagai pertimbangan jika kita ingin membeli sesuatu harus tahu apakah sellernya trusted apa gak addehh

Iya jadi tambah sepi lapak ni. Biasanya bnyak order dri luar kota. Semenjak di hilangkan tanda VERIVIED pembeli semakin redup. Karena dengan ID VERIVIED penjual kan lebih jelas alamatnya yg telah di akui olx, kok di hilangkan ya. Sungguh kecewa.sekali

Baru ngeh saya hehe.
Ternyata udah ga ada.

Wah, sayang sekali.
Dulu saya verified member. Bukannya menghilangkan verifikasi membuka peluang penipu?

numpang promo gan :
INFO PELUANG USAHA...
Anda ingin mempunyai usaha loket/agen tour travel ?
*juga dapat melayani pembayaran
*PLN
*PULSA
*TELKOM
*TV BERLANGGANAN
*UMROH & HAJI
*CARGO LION EXPRES
Daftar agen mmbc tour & travel .. dg nama Travel sendiri...
minat chat saja atau kunjungi di www.klikmbc.co.id
garansi training sampai bisa .
Bersama Chalvani Travel Semoga sukses.....
085245750524 / Pin BB : 54605FCB... minat call aja ...
MMBC Tour & Travel - Travel Agen Terbesar dan Terpercaya di Indonesia
Bisnis Agen Tiket Pesawat dgn Modal minim - Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Hotel, Umroh/Haji,...
KLIKMBC.CO.ID
MMBC Tour & Travel - Travel Agen Terbesar dan Terpercaya di Indonesia
Bisnis Agen Tiket Pesawat dengan Modal terjangkau - Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Hotel, Umroh/Haji,...


MMBC Tour & Travel - Travel Agen Terbesar dan Terpercaya di Indonesia
www.klikmbc.co.id

MMBC Tour & Travel - Travel Agen Terbesar dan Terpercaya di Indonesia
Bisnis Agen Tiket Pesawat GRATIS Tanpa Modal -...

thanks? pengen nyoba di oxl juga... moga aja toko saya makin ramai.

di order tas souvenir cantik buat bingkisan atau undangan KHITAN, PERNIKAHAN, ULTAH, atau acara lainnya ... info www.tassouvenircantik.com HP. 085727895927

selamat siang sobat saya inggin menawarkan jasa iklan online gratis , cara cepat jual cepat buruan daftar gratis di
www.kiosonline.org

selamat siang sobat saya inggin menawarkan jasa iklan online gratis , cara cepat jual cepat buruan daftar gratis di
www.kiosonline.org

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.