Alasan Mengapa Tokobagus.com Berubah Menjadi OLX.co.id

Masih membahas seputar pergantian merk dagang yang dilakukan Tokobagus. Setelah pada tanggal 20 Mei 2014 Tokobagus.com secara resmi berganti nama menjadi OLX.co.id. Jika kita sekarang membuka halaman Tokobagus.com maka secara otomatis dialihkan ke OLX.co.id. Secara fungsi dan teknis pemasangan iklan pun tidak ada yang berubah karena yang berubah adalah namanya saja. Melalui sumber yang saya dapatkan dari Kompas.com. Bergantinya nama merk dagang Tokobagus dikarenakan sebagai berikut :

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id
Managing Director OLX.co.id, Michal Klar mengatakan, perubahan nama menjadi OLX setelah sukses dengan Tokobagus.com merupakan langkah besar yang menunjukkan betapa besar keinginan membantu masyarakat Indonesia untuk bisa menjual barang bekas secara mudah.

“Sehingga mereka dapat mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sudah ratusan ribu masyarakat Indonesia yang menjual barang-barang bekas mereka di platform kami setiap bulan,” katanya.

Perubahan ini hanya nama yaitu Tokobagus.com menjadi OLX, termasuk logo dan URL baru. Sementara semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat Indonesia saat ini akan tetap sama dan tidak berubah. Misi perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu “cara tepat, jual cepat”.

Ia menyebutkan, pengguna OLX masih akan tetap menikmati layanan yang sama seperti mereka menggunakan Tokobagus.com dan tidak ada perubahan sama sekali dalam proses dan cara pasang iklan.

“Pasang iklan tetap Mudah, Cepat, dan Gratis. User name dan password yang telah ada juga tetap sama. Semua iklan yang telah aktif akan muncul di OLX dan penjual tidak perlu melakukan perubahan apapun,” sebutnya.
Namun walaupun sudah dijelaskan secara gamblang tentang alasan berubahnya nama Tokobagus menjadi OLX Indonesia, Ternyata banyak pihak yang bertanya - tanya dan menyayangkan terjadinya pergantian nama domain maupun merk dagang tersebut. Terbukti melalui fanspage Tokobagus.com yang sekarang berubah menjadi OLX Indonesia. Berikut suara - suara yang menyeruakan ketidaksetujuan. Diantaranya beberapa ada yang dijawab admin OLX Indonesia secara langsung ada pula yang tidak.

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Lalu Bagiamana pendapat anda Aditya, sebagai salah satu yang menyebarkan berita ini?

Sebenarnya ini sudah banyak saya jabarkan pendapat saya melalui artikel yang saya publish di Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id Namun disini saya akan mencoba menambahkan sedikit saja.

Menurut saya mungkin bagi pihak Tokobagus.com / OLX.co.id perubahan ini dinilai akan mendatangkan income yang lebih dari sebelumnya. Apalagi, dengan bergabung dengan salah stau brand e-commerce ternama di dunia OLX. Maka target pasarpun bisa jadi tidak hanya di Indonesia melainkan seluruh dunia. Namun jika saya lihat dari sisi marketting saya rasa juga kurang begitu tepat mengingat brand Tokobagus sudah melekat di dalam diri masyarakat khususnya di Indonesia. Terutama kalau berbicara tentang jual beli online pasti larinya ke tokobagus. Lihat saja contohnya perusahaan internet terbesar masa kini Google. Walalupun Google telah mengakuisisi seperti perusahaan seperti Youtube,Waze atau Motorola. Namun Google tetap tidak mengubah nama dari perusahaan tersebut, karena Google tahu dan paham brand tersebut sudah ada dan melekat di dalam masyarakat dunia. Misal jika kita ditanya mau nonton video online dimana ya? Pasti kita jawab di Youtube. Iya kan? Kalau mau ganti nama ya otomatis segala bentuk pemasaran baik itu online atau offline begitu pula dengan pemulihan nama / brand harus dari awal lagi alias dibangun dari nol.

Tapi ya apa boleh buat seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel yang saya publish sebelumnya di Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id yakni apapun pendapat kita namanya juga sebagai wong cilik yang hanya memanfaatkan layanan  jual beli online secara gratis, kitapun tidak bisa berbuat apa - apa. Mau protes atau ga setuju bagaimanapun, namanya juga numpang ya terserah si pemilik rumah.

Apa itu OLX? Nama Apakah OLX sebenarnya?

Menurut sumber yang saya peroleh dari CrunchBase, OLX merupakan singkatan dari OnLine eXchange. Grup OLX saat ini sudah hadir di 106 negara. OLX adalah perusahaan internet yang berbasis di New York, AS. OLX merupakan situs klasifikasi iklan online gratis yang telah berkembang di beberapa negara seperti Brazil, Spanyol, Portugal, sampai India. Hingga Maret 2014, OLX telah tersedia di 106 negara dengan 40 bahasa lokal. Situs yang didirikan 2006 oleh Alec Oxenford ini mulai terkenal sejak 2007 saat mereka bekerja sama dengan situs jejaring sosial Friendster dalam meluncurkan situs iklan dan pencarian kerja. Tahun 2009, OLX juga pernah disebut-sebut sebagai kompetitor terdekat Craiglist di AS. 

Lalu bagaimana menurut anda. Apakah anda lebih menyukai nama OLX.co.id sebagai Pengganti Tokobagus.com? Atau tetap lebih enak menggunakan kata Tokobagus? Apakah strategi marketting yang dilakukan Tokobagus sudah tepat? Sampaikan komentar anda melalui kotak komentar dibawah ini.

84 comments

Ada Toko Bagus yang gak kepake, jual aja di OLX Indonesia...

TokoBagus.com sih sdh bagus,,tp OLX.co.id jg bagus,,

Bukannya gimana tokobagus.. seringkali togobagus menolak iklan aku, yang jelas2 tidak melanggar ketentuan mereka.. hmm.. :"(
salam kenal ya mas..

sempat jadi pertanyaan pas kemaren lihat di iklan tv, kok berubah ya ?? ternyata alasannya demikian. seperti yang di sampaikan pada artikel ini.

Baru tahu ternyata OLX adalah singkatan dari OnLine eXchange, hehe
Sejak mengetahu berita ini saya semakin penasaran dengan arti dari nama domain yang baru ini :D

hahaha ternyata banyak pro dan kontra juga ya mas, sayang saya gak punya barang bekas untuk dijual di tokobagus, adanya cuma bekas pacar doang, itupun sayang kalau harus dijual di tokobagus, soalnya dah jadi istri saya hehehehehe

Mungkin bisa dibilang karena saking ketatnya moderasinya iklan di OLX / Tokobagus sampai iklan benar dan jujur pun ditolak mentah - mentah. Keep Trying mas :)

Yap dikarenakan sekarang Tokobagus telah diakuisisi dan bergabung dengan brand OLX. Maka nama brand Tokobaguspun diubah pula. Bagaimanapun itu semua menjadi hak tokobagus sendiri sebagai pemilik. Kita sebagai user hanya bisa ngikut saja :)

OLX atau Online Exchange merupakan sejenis e-commerce terkenal dan tumbuh sukses di luar negeri. Seperti di Brazil, America, India dan negara lainnya. Apakah akan terjadi demikian untuk OLX Indonesia (Tokobagus.com) kita lihat saja kedepannya :)

Wajar ada pro kontra namanya juga suatu perubahan yang cukup berani mengingat brand tokobagus sendiri sudah melekat pada masyarakat khususunya Indonesia. Tapi jangan bekas pacar yang dijual mas, bisa - bisa malah kena tindak pidana UU no 21 tahun 2007 tentang Perdagangan manusia :D

banyak yang gak suka dengan nama & alamat yang baru

Yah selalu ada pro dan kontra ya mas. Hehe sebenernya masih pas yang dulu namanya mas. Soalnya toko hehehe

wah kirain ane ada soal pindah tangan gan :D

lebih bagus tokobagus olx nama yg tidak lokal, susah nyebutinnya org indonesia jarang nyebut X kecuali MonoX, Gak indonesia banget serasa di jajah lagi ama luar. kalo merek awalnya udah luar ga papa ini mereknya udah oke melekat di hati. di ubah jadi OLX Preeet dah.

saya sih menanggapinya biasa saja mas, orang saja boleh ganti nama sepuasnya, masa peusahaan tidak boleh. suka-suka yang punya saja kalau saya, yang penting tidak merugikan bagi kita :)

Sangat disayangkan sekali pergantian nama dan domain ini.
Padahal kalau dari segi barnding, nama tokobagus,com sangat familiar. Sampai-sampai sudah banyak humor dan pemelesetan oleh masyarakat yang cenderung mengarah pada humoris, pertanda bahwa branding ini sudah dikenal lapisan masyarakat, yaitu tempat penyedia jual beli secara online. Apalagi sudah masuk publish dalam TV. sangat disayangkan sekali.

Keputusan yang berani tapi dengan resiko yang cukup besar. Kita lihat saja kedepan apakah perubahan Tokobagus.com menjadi OLX Indonesia bisa menyamai kesuksesan OLX yang ada diluar negeri. Kalau bisa sesukses brand Tokobagus kita beri standing applouse kepada mereka kalau tidak biarkan masyarakat yang menilai.

Sesuai dengan apa yang saya tulis diatas, mau protes bagaimanapun namanya juga cuma numpang ya terserah pemiliknya. Daripada ga diberi tumpangan buat jual beli mending kita ngikut aja.

Memang keputusan yang cukup agak disayangkan, mungkin Tokobagus mempunyai strategi khusus dibalik pergantian nama brandnya menjadi OLX Indonesia. Tinggal kita lihat saja kedepannya, jadi lebih sukses apa tidak dari sebelumnya kita tunggu saja.

Untuk market Indonesia istilah Tokobagus memang sudah lebih mantab daripada OLX. kita tunggu saja apa yang terjadi kedepannya.

Masalahnya nama tokobagus itu udah pas banget sih menurutku karena lebih gampang diingat.. Apalagi brand itu udah lama beredar.. Tapi tetep sih, itu semua terserah mereka.. Lha wong saya gak ikutan punya, jadi buat apa protes..?? :P

Kalau bagus pasti OXL Bergantinya nama pasti punya alasan tersendiri,strategi tentunya tkbagus kan pasar didalamnya banyak penjual sedangkan penjual ada yang jujur dan kadang juga menipu,banyak pembeli yang terkecoh di tkbagus lohh uang sudah di transver tapi barang tidak kunjung datang hadeeeewhhh kecewa dong...banyak orang yang bilang jangan di tkbagus kemarin saya ketipu....batin saya wkwkwk lha disitu pasar penjualnya banyak kok buuu ...berbeda dengan Bhineka itu asli toko yang punya yaa satu orang saja penjualnya....

OLX sebenarnya dari dulu itu sudah ada.Saya sudah sering pasang iklan di OLX tapi iklan saya belakangan ini ngga bisa dibuka lagi dan ternyata sekarang malah OLX = Tokobagus.Padahal dulu OLX ada sendiri dan Tokobagus pun ada sendiri.Iklan saya di OLX yang dulu udah ngga bisa dibuka lagi malah pindah ke jualo.com padahal saya ngga pernah pasang iklan di jualo.com

TokoBagus.Com sama saja Jual diri itu namanya kalau saya jadi pemiliknya mending saya beli OLX. TokoBagus Indonesia banget OLX = Ora Laku X

Padahal reputasi OLX dibanding TokoBagus Jelas sangat jauh
TokoBagus Pagerank 5 - Alexa #813
OLX Pagerank 3 - Alexa #4,392

sudahlah, kita kan cuma sekedar pake.. terima aja,. lagian olx lebih singkat, minimal nggak ngetik panjang saat cari tokonya.. heheh

Yang dirikan toko bagus jg bukan orang indonesia.sebentar lg berniaga.com jg ganti nama jadi pkl.com (pedagang kaki lima) hehe

Setelah beberapa hari disajikan rasa penasaran karena nama OLX,, akhirnya tahu juga,, makasih mas infonya,, sangat bermanaat nih...

awalnya penasaran kenapa kok di ubah jadi OLX, setelah saya membaca artikel agan, saya jadi tau :D

nama tokobagus mungkin udh terlalu familiar jdi sayang klo harus di gnti dan yg masih menjadi pertanyaan adl kenapa di ganti jdi olx? apa istimewanya nama OLX itu?
btw,kunjungi balik ya sob :)

olx kan dari luar negeri, nanti kalo ada banyak orang bule ngiklan barang orang indonesia ga laku dong

yang jelas dengan berubahnya menjadi olx.com mudah mudahan lebih berkuwalitas lagi dalam segi advertisnya dan menjadi lebih baik dalam pelayanannya...yang diiklankan mahal-mahal barangnya heheheheheh thx telah sharing mas

sebelum dengar dan tahu toko bagus.. dulu sekali saya pernah brow halaman olx.co.id kok.... cm isinya kurang bagus.. gak tahu sekarang

Mungkin untuk memperpendek domain-nya aja om :v , kaya situs diluar negeri ebay.com / amazon.com domain yg mudah di ingat oleh semua orang.

kalo domain tokobagus.com hanya org - org di indonesia aja yg mudah menghafal-nya :#

selamat siang, saya ada tugas terkait dengan gantinya nama tokobagus menjadi OLX....apakah Anda bisa membantu saya? mungkin saya bisa melakukan wawancara melalui email? mohon bantuannya. terima kasih

Monggo mbak, silahkan akan saya bantu sepengetahuan saya. Dengan catatan disini saya tidak mepunyai keterkaitan dengan pihak Tokobagus dan tulisan ini hanyalah opini saya sebagai salah satu pengguna / penjual di tokobagus (OLX.co.id). Silahkan hubungi saya melalui menu about. Fast Resonse silahkan add Akun Facebook saya. Lebih detailnya bisa melalui Private Message (PM) di Facebook :)

Sungguh di sesalkan,

sayang juga ya nama url nya di ganti, padahal sudah terkenal nama tokobagus di indonesia.

saya juga sebenarnya nggak begitu suka sama url blog cara-ririn.com, tapi mau ganti, sayang juga, selain harus sewa 2 domains sekaligus, juga sudah banyak yang tahu url tsb. :)

Untuk sebuah brand ganti nama sama juga ganti agama. Ganti lambang aja udah keliatan beda apalagi ganti nama. Kesanya tokobagus sudah bangkrut.. Mudah2an langkah ini ga diturutin ama yang lain

Mungkin wajah anda yg dinilai melanggar aturan.. Wkwkwkw piss mbroww

Bagaimana dengan pesaingnya, berniaga.com? Apa keuntungan dan krrugian pergantian nama tersebut berkaitan dengan perang brand terhadap berniaga.com sendiri? Mohon ulasannya bro

kalau ditawar dengan harga tinggi kenapa tak di jual,menurut insting...

OLX ki opo ??? ra mutu lek, Timbang Toko Bagus Ganti Jeneng Dadi OLX Mending Dadi# Toklo Bagus # Konthol Bagus # Ngloco Bagus # Oxlo Bagus # Ngoklo Bagus # Malah Josss

wehehe...bagus gan postnya,,,
salam kenal ya akrom adabi pemilik lapak Jasa Edit foto lho,,,

ohw jadi gitu ya,,, tapi ya toko bagus tetep eksis truz tuh... tapi OLX tu apa toh gan??

blog walking ya gan

gak bisa di balikin ta? nama nya..enak TOKO BAGUS

ooo begitu infonya.. kirain tokobagus di jual ke pihak lain.. thx infonya gan

ya tokogabus sptinya lbh enak dimakan aja gtu gan... drpd OLX kesannya parno aja sih... apalagi CLX parno bangeeeeedh tuuuuuuuuhhhh... :)

Terkait keputusan Tokobagus ganti nama, berikut analisis saya:
1. Untuk apa tokobagus berubah menjadi OLX?
Untuk competitive advantage dalam akses market international. E-commerce di Indonesia mulai banyak bermunculan, seperti berniaga, bukalapak, dll. Utk bs bertahan, perusahaan e-commerce harus punya keunggulan yg ga dimiliki e-commerce lain. Apa keunggulan tokobagus dibanding yg lain? Menurut saya belum ada. Apa yg bs diberikan Napster kpd tokobagus utk dijadikan keunggulan? Pasar international.
Napster telah beroperasi di 106 negara, sebuah keunggulan yg tidak dimiliki berniaga, bukalapak, dll. Selain itu, masyarakat Indo masih sedikit yg menggunakan e-commerce international seperti e-bay. Oleh krn itu, Napster ingin menjadikan tokobagus sebagai e-commerce di Indonesia yg terhubung dengan pasar international utk membuat tokobagus unggul dr yg lain. Caranya adalah mengganti brand tokobagus dengan olx, brand international napster.

2. Apakah perubahan brand membuat pengguna tokobagus menurun?
Tidak. Ya, tokobagus telah dikenal baik di masyarakat dibanding olx. Tapi perlu diingat bahwa pengguna e-commerce di Indonesia sedang berkembang pesat. Jika e-commerce ingin mengubah brand-nya, waktu sekarang lah yg tepat sebelum market Indonesia menjadi sangat besar. Jika market di Indonesia sudah keburu besar, akan berbahaya bagi e-commerce utk mengubah nama.

Parah .. Sekarang da masang iklan di tolak mulu.. Trus masang iklan di toko malah dibatesin... Da ga asik... Da sombong ni... Kelessss

ya pastinya mau pengembangan seperti google, disetiap negara mempunyai domain masing2

Yang pasti punya strategi pengembangan untuk website

informasinya menarik dan menurut kami ini bisa jadi rujuakn banyak pembaca, kami tunggu artikel terbarunya soal ini

Karena iklannya gratis, banyak juga iklan penipuan di dalamnya

Tokobagus.com lebih bagus, sebab menunjukan bahasa Indonesia di dalamnya, daripada OLX yang org2 gak ngerti

saya sebagai seller di TB, mula merasakan ketidaknyamanan setelah TB berubah jadi OLX. Pertama, verified member yang sudah susah payah saya dapatkan, sudah tak berlaku lagi di OLX. Artinya kita tidak tahu mana yang trusted seller dan mana yang bukan. Calon pembeli saya juga menanyakan tentang keabsahan saya. Kedua, mulai rentan buyer-buyer yang tipu-tipu. Pun rate OLX kini dipandang menurun.

ya saya menyesalkan. saya sempat email ke admin OLX ttg verification member. namun jawabannya memang verification sudah ditiadakan demi kemudahan untuk berjualan di OLX. Mungkin sekarang mereka lbh ngejar hits, tapi keamanannya kurang diperhatikan.

gara-gara OLX.co.id barang ane terjual hingga di Nigeria gan. laku 8.000.000 gak kalah sama E-bay.

Smoga aja ada admin yg berminat membuat website jualbeli dng nama itu* . tpi dgn logat jaman dulu... Ex : toekobauges.com, tokhobaghus.com... Dan lainlain... Sip..
:) :) (y)

Bagaimana berniaga.com bisa dihidupkan lagi? Mari sama-sama kita buat petisi agar berniaga.com diaktifkan lagi!!! Ada ide?

Tokobagus dan berniaga udah di beli olx?
Situs penjualan online terbesar di indonesia udah jd satu. Biar ga ada saingan mungkin.

sistem moderasinya gak jelas :v
iklan saya sudah lengkap ditolak padahal banyak iklan tanpa gambar dan isi iklan cuma
" dijual TV 21 " telepon 08512345678 " gitu di approve

Jangan lupa Toko Bagus masih mempunyai saudara kembar yaitu tokoterbagus.com

wah baru tahu ternyata itu alasannya

seharusnya menggunakaan nama tokobagus karena nama itu sudah melekat di masyarakat indonesia

nyimak aja gan, belum tahu soal berubahnya nama, padahal sudah cukup populer toko bagus ini,

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Ini bukan soal ganti nama bung, tapi penjualan saham tokobagus kepada asing. Dan beginilah mental pengusaha bangsa ini yg lebih rela kreasi dan asetnya dijual ke asing drpd memiliKi dan mengembangkannya menjadi potensi besar. Lebih senang menjadi user drpd inovator.
Ternyata mental jd bangsa terjajah tidak mudah hilang. Sampai kapanpun bangsa ini akan menjadi bangsa kacung, bukan bangsa majikan. Dan kacung tempatnya di luar gedung, bukan di meja rapat.

iya,, itu lama2 perdagangan indonsia dikuasai semua oleh orang luar :(

mantap infonya..
jgn lupa kunjungi website saya
takaitu.com

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.