Alasan Mengapa Tokobagus.com Berubah Menjadi OLX.co.id

Masih membahas seputar pergantian merk dagang yang dilakukan Tokobagus. Setelah pada tanggal 20 Mei 2014 Tokobagus.com secara resmi berganti nama menjadi OLX.co.id. Jika kita sekarang membuka halaman Tokobagus.com maka secara otomatis dialihkan ke OLX.co.id. Secara fungsi dan teknis pemasangan iklan pun tidak ada yang berubah karena yang berubah adalah namanya saja. Melalui sumber yang saya dapatkan dari Kompas.com. Bergantinya nama merk dagang Tokobagus dikarenakan sebagai berikut :

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id
Managing Director OLX.co.id, Michal Klar mengatakan, perubahan nama menjadi OLX setelah sukses dengan Tokobagus.com merupakan langkah besar yang menunjukkan betapa besar keinginan membantu masyarakat Indonesia untuk bisa menjual barang bekas secara mudah.

“Sehingga mereka dapat mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sudah ratusan ribu masyarakat Indonesia yang menjual barang-barang bekas mereka di platform kami setiap bulan,” katanya.

Perubahan ini hanya nama yaitu Tokobagus.com menjadi OLX, termasuk logo dan URL baru. Sementara semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat Indonesia saat ini akan tetap sama dan tidak berubah. Misi perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu “cara tepat, jual cepat”.

Ia menyebutkan, pengguna OLX masih akan tetap menikmati layanan yang sama seperti mereka menggunakan Tokobagus.com dan tidak ada perubahan sama sekali dalam proses dan cara pasang iklan.

“Pasang iklan tetap Mudah, Cepat, dan Gratis. User name dan password yang telah ada juga tetap sama. Semua iklan yang telah aktif akan muncul di OLX dan penjual tidak perlu melakukan perubahan apapun,” sebutnya.
Namun walaupun sudah dijelaskan secara gamblang tentang alasan berubahnya nama Tokobagus menjadi OLX Indonesia, Ternyata banyak pihak yang bertanya - tanya dan menyayangkan terjadinya pergantian nama domain maupun merk dagang tersebut. Terbukti melalui fanspage Tokobagus.com yang sekarang berubah menjadi OLX Indonesia. Berikut suara - suara yang menyeruakan ketidaksetujuan. Diantaranya beberapa ada yang dijawab admin OLX Indonesia secara langsung ada pula yang tidak.

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Tokobagus.com Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Lalu Bagiamana pendapat anda Aditya, sebagai salah satu yang menyebarkan berita ini?

Sebenarnya ini sudah banyak saya jabarkan pendapat saya melalui artikel yang saya publish di Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id Namun disini saya akan mencoba menambahkan sedikit saja.

Menurut saya mungkin bagi pihak Tokobagus.com / OLX.co.id perubahan ini dinilai akan mendatangkan income yang lebih dari sebelumnya. Apalagi, dengan bergabung dengan salah stau brand e-commerce ternama di dunia OLX. Maka target pasarpun bisa jadi tidak hanya di Indonesia melainkan seluruh dunia. Namun jika saya lihat dari sisi marketting saya rasa juga kurang begitu tepat mengingat brand Tokobagus sudah melekat di dalam diri masyarakat khususnya di Indonesia. Terutama kalau berbicara tentang jual beli online pasti larinya ke tokobagus. Lihat saja contohnya perusahaan internet terbesar masa kini Google. Walalupun Google telah mengakuisisi seperti perusahaan seperti Youtube,Waze atau Motorola. Namun Google tetap tidak mengubah nama dari perusahaan tersebut, karena Google tahu dan paham brand tersebut sudah ada dan melekat di dalam masyarakat dunia. Misal jika kita ditanya mau nonton video online dimana ya? Pasti kita jawab di Youtube. Iya kan? Kalau mau ganti nama ya otomatis segala bentuk pemasaran baik itu online atau offline begitu pula dengan pemulihan nama / brand harus dari awal lagi alias dibangun dari nol.

Tapi ya apa boleh buat seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel yang saya publish sebelumnya di Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id yakni apapun pendapat kita namanya juga sebagai wong cilik yang hanya memanfaatkan layanan  jual beli online secara gratis, kitapun tidak bisa berbuat apa - apa. Mau protes atau ga setuju bagaimanapun, namanya juga numpang ya terserah si pemilik rumah.

Apa itu OLX? Nama Apakah OLX sebenarnya?

Menurut sumber yang saya peroleh dari CrunchBase, OLX merupakan singkatan dari OnLine eXchange. Grup OLX saat ini sudah hadir di 106 negara. OLX adalah perusahaan internet yang berbasis di New York, AS. OLX merupakan situs klasifikasi iklan online gratis yang telah berkembang di beberapa negara seperti Brazil, Spanyol, Portugal, sampai India. Hingga Maret 2014, OLX telah tersedia di 106 negara dengan 40 bahasa lokal. Situs yang didirikan 2006 oleh Alec Oxenford ini mulai terkenal sejak 2007 saat mereka bekerja sama dengan situs jejaring sosial Friendster dalam meluncurkan situs iklan dan pencarian kerja. Tahun 2009, OLX juga pernah disebut-sebut sebagai kompetitor terdekat Craiglist di AS. 

Lalu bagaimana menurut anda. Apakah anda lebih menyukai nama OLX.co.id sebagai Pengganti Tokobagus.com? Atau tetap lebih enak menggunakan kata Tokobagus? Apakah strategi marketting yang dilakukan Tokobagus sudah tepat? Sampaikan komentar anda melalui kotak komentar dibawah ini.
Diberdayakan oleh Blogger.