Cara Optimasi Seo Website dan Blog Dengan Google+ Plus

Seperti yang kita ketahui salah satu faktor pendukung untuk optimalisasi kualitas SEO kita pada masa kini ialah Social Media atau Jejaring Sosial. Sebagai salah satu produk jejaring sosial buatan Google, Google plus telah mempunyai banyak sekali manfaat terutama bagi pemilik website atau blog tertentu. Terutama dalam hal mengangkat baik posisi atau web maupun artikel didalamnya di SERP (Search Engine Page Result). Sudah banyak rekan - rekan di luar sana yang sudah membuktikan kekuatan dari Google plus ini dilihat dari semakin banyaknya blog atau web yang memasang widget atau button share Google plus ini.  

Cara Optimasi Seo Website dan Blog Dengan Google+ Plus

Googlepun telah merekomendasikan terutama bagi pemilik blog di blogger untuk merelasikan dengan akun jejaring sosial Google plus ini. Jika kita sudah bersahabat dengan produknya Google yang satu ini, bukan tak mungkin web atau blog kita akan dibantu atau dipermudah dalam mencapai halaman utama di Google search engine dengan kata kunci tertentu. Jadi sebelum anda menerapkan cara berikut pastikan jika anda telah memiliki akun Google plus. Anda penasaran dengan cara optimasinya, berikut ulasannya :

1. Klaim Kepemilikan Blog Dengan Google Plus dengan Memasang Author Rich Snippet.

Penggunaan Author snippet ini akan berpengaruh dalam SERP. Dengan memasang Author Snippet artinya mengklaim kepemilikan blog dengan akun Google+. Dengan mengklaim kepemilikan blog, maka akan bertambah kepercayaan google terhadap blog tersebut dan akan menampilkan avatar kita pada pencarian Google. Sumber : Blog Kang Ismet. Jika anda ingin menampilkan Author Rich snippet seperti screenshot dibawah ini, ikuti langkah berikut :

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

(+) Pasang Meta Tag Author. 

Silahkan rekan pasang kode berikut di bawah kode <head> :
<link href='https://plus.google.com/109230887744492210020/' rel='author'/> 
Ganti kode url berwarna merah dengan url google plus milik anda.

(+) Koneksikan Web / Blog Dengan Akun Google Plus Anda.

Masuk ke Akun Profile Googleplus anda => Klik Menu About 

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

Scroll Kebawah pada Menu Links klik Edit.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

Klik Add Custom Link, Isi Label dan Url sesuai blog anda. Kemudian klik Save.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

2. Tampilkan dan Perbanyak Follower pada Widget Google Plus Badge.

Menampilkan widget google plus badge akan memberikan dampak semakin banyaknya orang yang mengikuti segala aktivitas kita melalui akun Google plus. Semakin banyak orang yang mengikuti atau masuk ke dalam circle kita semakin besar peluang artikel yang kita share akan di share ulang dan di vote oleh follower kita. Caranya : Login Ke Blogger => Pilih Layout => Klik Add a Gadged => Pilih Google+ Badge => Atur tampilan sesuai yang anda inginkan => Klik Save.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

3. Aktifkan Share Artikel Otomatis ke Akun Google Plus.

Gunakan fasilitas auto share yang telah diberikan blogger kepada kita. Share otomatis ini saya rasa sangat perlu dilakukan. Terutama bagi kita yang malas menshare secara manual. Selain itu fungsi dari share otomatis ini berfungsi apabila saat kita mempublish atau menerbitkan suatu artikel maka akan otomatis tampil di akun Google Plus Kita. Caranya : Login ke Blogger => Pilih Goggle+ => Centang pada tulisan Automatically share after posting dan Prompt to share after posting.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

4. Gunakan Url Link Artikel yang Asli ketika Share.

Jika anda ingin membagikan artikel yang anda publish secara menual di akun Google Plus kita dengan menautkan link artikelnya, maka gunakan url link yang asli seperti : http://www.aditya-web.com/2014/05/cara-optimasi-seo-website-dan-blog-menggunakan-googleplus.html Bukan menggunakan adf.ly/mzdSx atau goo.gl/C7yH3b dan berbagai fasilitas penyingkat url (url shortener) lainnya. Ini dimaksudkan agar backlink dari artikel yang kita share bisa langsung masuk ke dalam blog kita.

5.  Perbanyak Vote atau Klik G+ Button.

Semakin banyak artikel yang anda share di vote atau diklik G+ button nya, semakin besar pula peluang artikel anda menembus di halaman pertama SERP. Bujuk para pengunjung blog kita untuk melakukannya. Untuk itu anda perlu memasang button atau tombol G+ di setiap akhir artikel di blog anda. Pada umumnya template - template jaman sekarang sudah melengkapi dengan satu paket share social media buttom seperti : Facebook, Twitter, Digg dan Google Plus Button. Jika belum anda bisa menggunakan atau memasangnya gratis melalui situs penyedia share button seperti Sharethis atau Addthis.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

Demikianlah Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Agar cara ini bisa berhasil dengan sempurna sesuai denganapa yang kita inginkan tentunya dibutuhkan dan memperhatikan faktor seo lainnya agar bisa menembus halaman pertama search engine google. Jadi, pastikan teknik seo lainnya juga berjalan beriringan dan seimbang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

71 comments

karena jaringan g+ ini sangat luas jadi pas sekali digunakan sebagai Cara Optimasi Seo Onpage ya mas

emang google + itu jejaring sosial yang cukup penting pagi pemilik blog/website, karena salah faktor yang sangat penting bagi, yang ingin jadi no 1 di google

Iya mas teknik optimasi Google+ ini memang bisa dikategorikan sebagai Seo Onpage. Apalagi G+ ini produknya google, maka bersahabatlah selalu dengan beliau, agar kita merasakan imbasnya :D

Betul sekali jika sudah bersahabat dengan jejaring sosial yang satu ini otomatis akan mempermudah dan membantu teknik seo lainnya agar bisa berjalan maksimal. :)

Google + sepertinya memang penting sekali buat SEO secara google + itu miliknya google.

Kalau untuk mendapat +button sepertinya masih sulit mas, hehe
Serta follower saya masih sedikit :(

Ya seperti itulah, yang sudah saya jelaskan diatas. So, jangan ragu buat bersahabat dengan produknya google.

Kalau begitu jangan berhenti untuk terus berpromosi mas. Follow akun Google plus sebanyak - banyaknya. Semakin banyak klik G+ terhadap konten kita, semakin besar pula peluang konten kita terangkat di SERP. :)

Google plus sangat membantu sekali untuk share artikel disana, karena semakin lama membuat artikel semakin mudah di indeks oleh paman google :)

selamat malam Mas Aditya, Alhamdulillah saya sudah menerapkan ke 5 Point di atas dan memang terbukti Postingan bisa duduk manis di halaman pertama google....

Kalau begitu memang keampuhan dari optimasi seo onpage Google+ sudah tidak diragukan lagi. Tinggal bagaimana cara kita buat memanfaatkan dan menggunakannya secara seoptimal mungkin.

Mungkin maksudnya semakin lama umur suatu artikel ditambah dengan optimasi Google+ itu yang membuat artikel kita bisa menembus dan bertahan lama serp ya mas. Yang penting optimasinya jangan berlebihan mas :)

Follwer google plus saya masih sedikit.. Harus lebih promo lagi.. thanks infonya

Bener juga mas, tapi masih harus berjuang lebih keras lagi untuk mendapat follower yang lebih banyak :)

Kalau berlebhan soalnya Google tidak suka, bener kan mas ? hehe

Luar biasa mas penjabarannya
detail dan komplit sekali :)

Saya langsung serap info dan ilmu ini
terima ksh ya :)

dampak dari g+ ini memang sangat tersa sekali ya mas pada popularitas blog kita

Iya mas, yang namanya perjuangan butuh pengorbanan termasuk menjadi seorang blogger. :D

Ya tepat sekali segala sesuatu yang berlebihan memang bertampak yang tidak baik kita. Tapi kalau uang yang berlebihan dampaknya apa ya? :D

Maka dari itu bersahabatlah dengan sosial media kepunyaan Google yang satu ini :-bd

Karena semua butuh pengorbanan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, hehe :)

Kalau kita mampu untuk mengaturnya pasti kita akan sangat senang mas, hehe

Kalau begitu selamat berjuang untuk hasil yang lebih baik mas Prisma :-bd

Kalau begitu semua hal harus dipikirkan baik buruknya sebelum dilakukan. Cara yang kita lakukan dalam mengontrol baik itu uang maupun optimasi seo akan menentukan hasil akhirnya (goal).

baru tau dengan cara begitu bisa juga yach untuk optimasi

Baik mas Aditya, sama-sama selamat berjuang juga :-bd :D

wah mantap mas,saya sudah lakukan beberapa poin di atas ya walaupun ada beberapa yang tidak bisa saya terapkan di wordpress gratisan hehe.

foto saya gak mau muncul-muncul di hasil pencarian mas, apa kurang ganteng ya :D

Terima kasih pak untuk informasinya. Dalam penjelasan di atas dihubungkan G+ dengan blogger. Jika digabungkan dengan wordpress gratisan, bisakah diaplikasikan? Jika untuk wordpress.org sudah saya lakukan dan berhasil.

Mohon petunjuknya ya. Terima kasih.

terima kasih gan ilmunya, ane mohon ijin praktekan ya,..maklum ane masih pemula,..mampir ya di blog ane..http://www.team2air.blogspot.com

makasih bang artikelnya sangat membantu

G+ memang jaringan sosial keren..mudah buat share artikel juga..thanks sob..artikelnya mantap

secara logikanya memang kalau share artikel berupa shorthener link malah kurang efektif buat backlink blog sob

Menarik nih tipsnya.. boleh dicoba biar makin mantap toko online sya.. :)

Mantap deh mas artikelnya, akan tetapi untuk web profile company bagimana cara optimasinya?

Mas, kalau saya menggunakan seperti ini apa boleh?
https://plus.google.com/+AurigaMaulanaKhasan

blog saya sampai sekarang belum terhubung dg g+ tapi sejak custom domain pageview meningkat sampe 400% mas. pengaruh apa ya ?

Love to read it,Waiting For More new Update and I Already Read your Recent Post its Great Thanks.

trimakasil ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar optimasi wesite atau blog saya di http://sumurboryogyakarta-soryono.blogspot.com

trimakasil ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar optimasi wesite atau blog saya di http://sumurboryogyakarta-soryono.blogspot.com

I high appreciate this post. It’s hard to find the good from the bad sometimes, but I think you’ve nailed it! would you mind updating your blog with more information?
salam Jasa SEO Indonesia: http://www.distributorseo.co.id

Thank you for the information of his article is very nice and I like to read this article I know a lot of things thanks ...

Obat Kuat


alat bantu sex


jual obat perangsang wanita

Thank you for the information of his article is very nice and I like to read this article I know a lot of things thanks ...

makasih artikelnya mas,, di tunggu update selanjutnya

pos besar! Saya benar-benar bersiap-siap untuk di informasi ini yang saya temukan sangat menarik untuk dibaca.


Good respond in return of this question with
genuine arguments and explaining everything regarding that taruhan bola online | bandar capsa online

This is a good site! come on and join with us!

poker online

http://bolalive77.com
http://dewabet.asia
http://vipbet88.com

come to my website
http://bdcapsa.com
http://vegas88.asia
http://alexavegas.com
http://mildcasino.com

I'm impressed, I must say. Very rarely do I come across a blog that's both informative and entertaining, and let me tell you, you've hit the nail on the head. Your blog is important; the issue is something that not enough people are talking intelligently about.
pokerace99 pokerclub88 afapoker raja qq

You should write about the model/version on the blog. You can expose it's perfect. Your blog examination should widen your readership.I am really grateful for your blog post. I find a lot of approaches after visiting your post. Great work..looking for affordable and trusted hosting?come and visit
bet365 lapak303 asikqq

its impressive article regarding cultureand entirely explained, keep it up all the time.

What a pleasure to find someone who identifies the issues so clearly

I have exactly what info I want. Check, please. Wait, it's free? Awesome!

♠ To get a success, your courage must be greater than your fear. judi poker

memang benar google plus memiliki efek yang cukup besar untuk web yang kita kelolah terima kasih infonya

You know your activities emerge of the group. There is something exceptional about them. It appears to me every one of them are truly splendid Jasa SEO Bergaransi

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.