Cara Optimasi Seo Website dan Blog Dengan Google+ Plus

Seperti yang kita ketahui salah satu faktor pendukung untuk optimalisasi kualitas SEO kita pada masa kini ialah Social Media atau Jejaring Sosial. Sebagai salah satu produk jejaring sosial buatan Google, Google plus telah mempunyai banyak sekali manfaat terutama bagi pemilik website atau blog tertentu. Terutama dalam hal mengangkat baik posisi atau web maupun artikel didalamnya di SERP (Search Engine Page Result). Sudah banyak rekan - rekan di luar sana yang sudah membuktikan kekuatan dari Google plus ini dilihat dari semakin banyaknya blog atau web yang memasang widget atau button share Google plus ini.  

Cara Optimasi Seo Website dan Blog Dengan Google+ Plus

Googlepun telah merekomendasikan terutama bagi pemilik blog di blogger untuk merelasikan dengan akun jejaring sosial Google plus ini. Jika kita sudah bersahabat dengan produknya Google yang satu ini, bukan tak mungkin web atau blog kita akan dibantu atau dipermudah dalam mencapai halaman utama di Google search engine dengan kata kunci tertentu. Jadi sebelum anda menerapkan cara berikut pastikan jika anda telah memiliki akun Google plus. Anda penasaran dengan cara optimasinya, berikut ulasannya :

1. Klaim Kepemilikan Blog Dengan Google Plus dengan Memasang Author Rich Snippet.

Penggunaan Author snippet ini akan berpengaruh dalam SERP. Dengan memasang Author Snippet artinya mengklaim kepemilikan blog dengan akun Google+. Dengan mengklaim kepemilikan blog, maka akan bertambah kepercayaan google terhadap blog tersebut dan akan menampilkan avatar kita pada pencarian Google. Sumber : Blog Kang Ismet. Jika anda ingin menampilkan Author Rich snippet seperti screenshot dibawah ini, ikuti langkah berikut :

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

(+) Pasang Meta Tag Author. 

Silahkan rekan pasang kode berikut di bawah kode <head> :
<link href='https://plus.google.com/109230887744492210020/' rel='author'/> 
Ganti kode url berwarna merah dengan url google plus milik anda.

(+) Koneksikan Web / Blog Dengan Akun Google Plus Anda.

Masuk ke Akun Profile Googleplus anda => Klik Menu About 

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

Scroll Kebawah pada Menu Links klik Edit.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

Klik Add Custom Link, Isi Label dan Url sesuai blog anda. Kemudian klik Save.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

2. Tampilkan dan Perbanyak Follower pada Widget Google Plus Badge.

Menampilkan widget google plus badge akan memberikan dampak semakin banyaknya orang yang mengikuti segala aktivitas kita melalui akun Google plus. Semakin banyak orang yang mengikuti atau masuk ke dalam circle kita semakin besar peluang artikel yang kita share akan di share ulang dan di vote oleh follower kita. Caranya : Login Ke Blogger => Pilih Layout => Klik Add a Gadged => Pilih Google+ Badge => Atur tampilan sesuai yang anda inginkan => Klik Save.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

3. Aktifkan Share Artikel Otomatis ke Akun Google Plus.

Gunakan fasilitas auto share yang telah diberikan blogger kepada kita. Share otomatis ini saya rasa sangat perlu dilakukan. Terutama bagi kita yang malas menshare secara manual. Selain itu fungsi dari share otomatis ini berfungsi apabila saat kita mempublish atau menerbitkan suatu artikel maka akan otomatis tampil di akun Google Plus Kita. Caranya : Login ke Blogger => Pilih Goggle+ => Centang pada tulisan Automatically share after posting dan Prompt to share after posting.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

4. Gunakan Url Link Artikel yang Asli ketika Share.

Jika anda ingin membagikan artikel yang anda publish secara menual di akun Google Plus kita dengan menautkan link artikelnya, maka gunakan url link yang asli seperti : http://www.aditya-web.com/2014/05/cara-optimasi-seo-website-dan-blog-menggunakan-googleplus.html Bukan menggunakan adf.ly/mzdSx atau goo.gl/C7yH3b dan berbagai fasilitas penyingkat url (url shortener) lainnya. Ini dimaksudkan agar backlink dari artikel yang kita share bisa langsung masuk ke dalam blog kita.

5.  Perbanyak Vote atau Klik G+ Button.

Semakin banyak artikel yang anda share di vote atau diklik G+ button nya, semakin besar pula peluang artikel anda menembus di halaman pertama SERP. Bujuk para pengunjung blog kita untuk melakukannya. Untuk itu anda perlu memasang button atau tombol G+ di setiap akhir artikel di blog anda. Pada umumnya template - template jaman sekarang sudah melengkapi dengan satu paket share social media buttom seperti : Facebook, Twitter, Digg dan Google Plus Button. Jika belum anda bisa menggunakan atau memasangnya gratis melalui situs penyedia share button seperti Sharethis atau Addthis.

Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus

Demikianlah Cara Optimasi Seo Onpage Blog Menggunakan Google+ Plus yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Agar cara ini bisa berhasil dengan sempurna sesuai denganapa yang kita inginkan tentunya dibutuhkan dan memperhatikan faktor seo lainnya agar bisa menembus halaman pertama search engine google. Jadi, pastikan teknik seo lainnya juga berjalan beriringan dan seimbang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Diberdayakan oleh Blogger.