Dampak Negatif Mengganti Domain TLD dan Cara Mengatasinya

Mempunyai blog atau web dengan domain pribadi merupakan impian bagi setiap orang. Terutama bagi yang ingin lebih serius dalam hal mengembangkan atau mempromosikan bisnis atau usahanya. Dengan memiliki domain pribadi ibarat memiliki brand tersediri terhadap web atau blog yang dikelolanya. Karena blog atau web tersebut dikelola oleh seorang seperti kita, maka imbasnya pun akan berpengaruh terhadap si pemilik blog. Pemilihan nama domain yang baik dan tepatpun harus dipersiapkan sebelum kita benar - benar yakin untuk berganti domain menuju TLD (Top Level Domain) seperti .com .net .info .org .web.id dan sebagainya. Baca : Tips Memilih Nama Domain Yang Baik dan Tepat

Ilustrasi Efek Negatif Ganti Domain TLD
Ilustrasi
Kembali ke topik. Setiap yang namanya perubahan pastinya mendatangkan dampak bagi kita baik itu dampak yang positif maupun dampak yang negatif. Begitu pula dengan berganti domain TLD.  Dan yang akan saya ulas kali ini ialah dampak buruk atau kekurangan yang akan kita alami jika kita berganti domain TLD. Berikut Ulasannya :
1. Blog Terlihat seperti bayi yang baru lahir.

Dampak pertama ialah blog tampak seperti bayi yang baru lahir. Mengapa saya bilang seperti itu karena jika blog anda yang bersubdomain blogspot, atau wordpress sebelumnya mempunyai PageRank, Alexa Rank, Backlink maka itu semua akan menjadi nol. Tentunya apabila posisi di SERP sudah bagus maka bisa dipastikan akan turun atau anjlok. Maka tugas kita harus merawat dan mengembangkannya kebali dari awal. Seolah - olah diibaratkan seperti bayi yang baru lahir.

2. Trafik Jumlah Visitor akan Menurun.

Visitor blog dibedakan menjadi dua macam. Yakni yang pertama berjenis pengunjung setia dan yang kedua ialah Pengunjung dari search engine. Pada umumnya bagi blog yang posisinya sudah mantap di SERP akan banyak mendatangkan banyak pengunjung jenis kedua ini.

Kok bisa turun mas? Memang bisa, dikarena posisi kita di SERP yang udah bagus tiba - tiba turun atau bahkan menghilang entah kemana maka pengunjung dari search engine yang mana mereka mengetikkan sesuatu kata kunci dan datang ke blog kita akan kesulitan atau bahkan tidak mengetahui posisi blog kita di SERP. Ditambah dengan anjloknya posisi blog kita di SERP entah terdampar di page berapa. Kecuali bagi para pengunjung setia dari blog anda pasti akan menemukan blog anda kemanapun blog anda pindah atau pergi. Jadi kalau menggunakan hitungan presentase misal sumber traffik pengunjung setia blog anda adalah 20% dan Pengunjung dari search engine adalah 80%. Maka kemungkinan besar awal - awal setelah berganti domain anda hanya mendapatkan yang 20% tersebut.

3. Artikel yang kita Publish akan kesulitan menembus Page One Google.

Itu semua dikarenakan pondasi blog dengan domain baru seperti Backlink atau Seo (Onpage dan Offpage) kita belum cukup mampu bersaing dengan blog - blog yang memiliki Kualitas Seo yang sudah bagus dan sudah mendapatkan posisi disana. Apakah bisa mereka kita geser setelah berganti domain? Bisa, namun itu semua butuh proses dan waktu.

4. Iklan Adsense akan Menghilang.

Menurut penuturan beberapa rekan - rekan yang mengganti domain ketika sudah memilik akun Google Adsense. Maka iklan adsense di blog kita akan menghilang. Menghilang bukan berarti aku kita di banned. Menghilang dalam arti, itu logis dikarenakan ibarat kita menyewakan ruang untuk spanduk iklan Google Adsense di rumah kita dengan tipe sederhana di Kota Jogja, tiba - tiba kita berganti rumah tipe eksklusif di Kota Jakarta. Kalau tidak diberitahukan, Google sebagai advertiser kita pastinya akan bingung dimana rumah publishernya. 

Dengan melihat beberapa efek negatif berganti domain apakah rekan masih ingin berganti domain TLD?

Eitss. . .Tunggu dulu rekan, jangan buru - buru bilang iya. Ingat kawan, ibarat sebuah penyakit pasti ada obatnya, begitu pula dengan efek negatif berganti domain TLD pasti ada cara penanganannya. Jika cara penanganannya tepat dan efektif. Sangat mungkin blog anda kembali ke jalur dimana trafik pengunjung, SERP dan SEO berada digenggaman anda Dan bahkan bisa lebih dari blog sebelumnya. Itupun bisa dengan waktu yang relatif tidak lama. Yakni dengan cara - cara berikut ini :
1. Mendaftarkan Ulang Blog kita ke akun Webmaster.
2. Mengirimkan / Submit Url Blog Kita Ke Search Engine.
3. Manfaatkan Fasilitas Ping Blog.
4. Melakukan Verifikasi Alexa Rank.
5. Melakukan Aktivitas Blogging & Optimasi Seo Seperti Biasa.
6. Promosikan Blog Kita Melalui Social Media.
7. Mengirim ulang Blog di Akun Adsense (Bagi Pemilik Akun Google Adsense).   
Kok tidak ada penjelasannya mas?

Memang sengaja untuk penjelasannya tidak saya share disini. Melainkan penjelasan ke tujuh cara diatas sudah saya jabarkan dan bisa anda baca melalui artikel berikut Hal Yang Perlu Kita Lakukan Setelah Berganti Domain TLD. Satu lagi jika ada dampak negatif pasti ada juga dampak positif mengenai pergantian domain. Dan itu akan saya share pada artikel - artikel saya berikutnya di personal blog ini. Sekian dan Semoga bermanfaat.

43 comments

jadi kalo ganti tld, trfik turun mmang wajar yia bos...

iya saya juga merasakan nya, sulit banget traffic nya naik naik, tapi mau gimana lagi ya mas, soalnya kalau nggak diganti menjadi tld, jadi kurang keren blog nya :D

selau optimis ya mas tentunya, saya dulu juga mengalami hal yang serupa setelah berganti domain TLD, namun dengan semangat dan usaha yang maxsimal, akhirnya bisa kembali seperti semula lagi

Wajar mas. Tapi kalau trafik mau jadi semula atau lebih dari yang sebelumnya tetep diimbangi dengan optimasi seonya :)

Mempunyai blog TLD merupakan suatu kebahagian tersendiri bagi pemiliknya. Efek negatif setelah berganti domain diatas juga bisa hanya sementara mbak, asal dibarengi dengan optimasi yang tepat dan efektif seperti yang sudah saya jabarkan mengenai cara mengatasinya diatas :)

Ya mas yang penting optimasi seo nya jangan terus dilupain, mentang2 sudah TLD. hehe. . walaupun sudah TLD atau belum kalau ga dioptimasi ya hasilnya nol besar :)

Kalo saya dulu pasang TLD bersamaan dengan pembuatan blog mas,jadi blog selesai saya buat saya langsung beli TLD.

Info nya sangat bermanfaat sekali mas bagi saya yang pemula ini.

Ijin bookmark yah mas,kebetulan saya ada rencana pasang TLD.thanks mas.

Iya mas. Saya dulu juga waktu membangun Aditya-web.com ini sama persis yang diutarakan rekan Nehandnews.

Bantu share artikel juga ya gan :)

wah begitu ya mas, saya masih mikir2 dalam mengganti domain mas

Mumpung belum jauh lebih baik dipertimbangkan baik baik mas untuk menjadikan TLD sebagai alamat domain blog kita :) Kalau tak ingin seo nya kerja dua kali. Tapi itu semua ya monggo saya kembalikan semua ke diri rekan pribadi. Happy blogging :-bd

Menanggapi untuk yang nomor 4, saya dapat berita ini dari komentar pada web mas sugeng. Katanya sih memang tidak mendukung TLD mas, itu kalau akun GA nya hosted, kalau full bisa mendukung TLD. Begitu :)

Terus backlinknya gimana ? hilang semua gak ? kalau seandainya hilang, sayang banget ya, mendingan buat log baru.

Oke terima kasih atas tambahan informasinya mas. Kebetulan Google adsense saya pribadi memang mendapatkan Full Approved ketika sudah menjadi TLD mas. Saya sendiri memang belum pernah mengalaminya, namun saya mencoba menshare apa yang rekan-rekan blogger alami terutama pemilik akun adsense ber custom domain TLD. Overall, makasih atas tambahannya infonya. :-bd

Yap seperti yang sudah saya utarakan diatas. Ibarat kita ingin membuat suatu rumah yang baru dan megah dalam arti menggunakan (TLD) maka kita harus membangun dan mencari pondasinya atau backlink dari awal. :)

Maaf mas, kalau boleh saya tanya. Biar blog kita ramai pengunjung kayak blog milik mas gimana ya?

Blog saya ini kalau dibilang ramai juga belum mas, PV per hariinya saja baru bisa menyentuh 1000an. Mungkin gambaran umumnya sesuai dengan petunjuk blogger - blogger lainnya diantaranya : dengan memperbanyak konten, memperbaiki kualitas seo (onpage dan offpage), submit ke web directory, memperbanyak backlink yang berkualitas, Akrabkan blog kita dengan sosial media dsb.

mas kemarin saya baru ganti domain TLD, kok alexa saya no data, solusinya gimana? saya sudah verifikasi ulang tapi kok masih no data ?

Semua butuh waktu mas. Ga ada yang instan, mungkin blog sampean butuh waktu juga tidak hanya dalam semalam. Lakukan optimasi seo secara bertahap dan berimbang, perbanyak pengunjung blog kita dan jangan lupa lakukan blogwalking. Maka seiring berjalannya waktu maka masalah "Alexa No Data" akan terpecahkan. Selamat mencoba.

Msk mas aditya. Beruntung nemu blog ini. Blog saya pengunjung >800, dah aprove GA. rencana pengin ganti domain TDL. Jadi berfikir ulang ni. Kami tunggu kinjungan baliknya.

terimaksih atas masukanya mas ...
blog ane sempat turun pas ganti domain

kayaknya kalo mau domain sendiri harus dari awal ya. thank gan infonya :)

wah untungnya dari awal sudah TLD :v :D

Terima kasih mas infonya
Sayabaru ganti domain inisama seperti yg di infokan

ow begitu ya gan,,, baru buat domain ni gan alexa juga naik.
http://www.palingmenarik.com

saya lagi mengalami krisis visitor sejak ganti domain 3 hari lalu om... anjlok kek kereta

Bukannya kalau ganti domain, link blogspot yg terekam di hasil pencarian google & situs-situs lain akan dialihkan secara otomatis ke alamat web yg baru?

Aduh jadi mikir-mikir nih mau ganti ke domain tld.. Tapi kalau udah redirest ke domain baru bukannya backlinknya juga bakal ikut ke redirect juga ya mas?

mau nanya mas kalau ganti domain tld lebih satu kali , misalnya domain pertama indonesia.com lalu ganti domain lagi solo.com , artinya itu ganti domain tld nya 2 kali berarti sama domain blogspotnya jadi 3 kali,
PERTANYAAN SAYA :
1.klo ganti domain TLD nya baru 1 kali itu alamat blogspot otomatis ke domain indonesia.com , lalu jika sudah di ganti domain tld nya menjadi solo.com , itu jika postingan yang sudah terindek di google dengan alamat indonesia.com akan otomatis setelah di buka jadi solo.com atau tidak mas.
2.postingan yang sudah terindek dengan alamat indonesia.com di indek google akan hilang ga , ( jika ganti domain menjadi solo.com)

buat pembaca juga jika mengetahui bisa memberikan jawabany , terimakasih

Informasinya sangat berguna,... kami sebuah portal media, mau ganti nama, efeknya pasti sangat besar ya?

Blog sy sudah 1 thn, pengunjung udah di atas 10k, tp sayangnya masih blogcepot hehe...
mau uograde ke tld kok kayaknya masih ragu2 y takut visitornya ga balik lagi :(

memang kebanyakan trafik blog berasal dari search engine, kalau artikel kita drop ya visitor juga ikut drop.

makasih gan, artikelnya sangat membantu sekali.

Iya, bisa naik karena berapa penyewa hosting memberikan iklan adword. mudahan dengan iklan adword bisa membantu. Jika blog saya bisa menghasilkan saya ganti domain dan sewa hosting

Ini yang membuat sy bingung ganti atau tidak ya :)

Saya juga berencana mengganti domain ke TLD, tapi taku backlink akan hilng dan juga trafik

klo menurut saya custom domain itu lebih tepat klo di lakukan setelah membuat blogspot,krn klo ganti domainnya di awal,trafik jg blm keburu tinggi.

Iya kadang membutuhkan pengorbanan tersebut!thanks infonya

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.