Dampak Positif Mengubah Blog Menggunakan Domain Pribadi TLD (Top Level Domain)

Berganti domain menjadi TLD (Top Level Domain) kadang dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk memikirkannya. Kadang kita butuh waktu berhari - hari agar tercipta suatu identitas unik tersebut yang muncuk dari pikiran kita. Sehingga nantinya akan menjadi suatu identitas baik dari sudut pandang server maupun pemilik atau owner suatu website. Beberapa waktu yang lalu saya pernah menerbitkan artikel mengenai Dampak Negatif dari Berganti Domain TLD dan Cara Mengatasinya. Dan sekarang saya akan mencoba mengulas melalui kebalikannya yakni efek posisitif setelah kita berganti domain.


Nama domain itu unik maka kita tidak bisa mengganti nama domain yang sudah menjadi TLD dan menggunakan nama domain yang sudah ada. Kecuali jika anda membeli nama domain yang sudah ada tersebut dari seseorang yang berniat menjual websitenya. Maka adalah suatu kebanggan tersendiri apabila kita memiliki nama domain TLD. Baca : Tips Memilih Nama Domain Yang Baik dan Tepat. Apalagi jika anda seorang pebisnis online atau seorang yang memang ingin serius dalam hal dunia website atau blogging. Karena dengan memiliki domain TLD saya yakin akan memberikan suatu dampak positif bagi pemiliknya ditambah dengan ulasan - ulasan berikut ini :

1. Terciptanya Personal Branding Yang Baik

Personal branding menurut saya ialah suatu ciri khas atau citra positif yang diberikan oleh orang lain kepada kita sebagai imbas atau efek dari perilaku atau kegiatan yang kita lakukan. Dalam hal pergantian domain menjadi TLD ini saya menangkap jika seseorang telah melakukannya maka tentunya selain nama domain kita menjadi lebih mudah diingat (misal jika platform yang kita pakai sebelumnya blogspot atau wordpress). Tentunya kita akan dinilai serius dan dipandang lebih profesional dalam mengelola website kita.

2. Blog atau Website akan tampil lebih profesional. 

Apabila dalam dunia maya kita sebagai pemilik blog atau website berperan sebagai pebisnis online. Tentunya keberadaan domain pribadi TLD akan sangat dinanti - nanti. Pernah saya mendengar dan membaca komentar dari luar "Katanya bisa dapat penghasilan jutaan rupiah dari internet perbulannya, beli domain 100 ribu pertahun aja ga sanggup". Anda ingin mendapatkan seperti itu? Dengan memiliki nama domain sendiri maka perusahaan atau bisnis online kita terlihat lebih profesional, jika anda menjual barang maka merek barang anda akan lebih dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang sangat baik di mata pengunjung, pembaca, maupun calon pembeli kita.

3.  Peluang Memperoleh Penghasilan.

Peluang website anda untuk memperoleh penghasilan menjadi lebih besar. Itu bisa terjadi karena para advertiser (pemasang iklan) saya yakin lebih memilih memasarkan iklannya melalui website ber TLD daripada yang gratisan. Domain TLD akan menjadi faktor pertimbangan advertiser selain jumlah pengunjung suatu website.

4. SEO Bagus dan Lebih Terjamin dari Banned Google

SEO untuk domain menjadi lebih terjamin. Apabila sebelumnya kita mengoptimasikan seo pada domain gratisan dan tiba - tiba terjadi penghapusan atau banned blogger atau google maka tidak ada cara lain terlebih bila claim. Apabila banding kita di tolak mak bisa dipastikan semua upaya dan aktifitas SEO untuk domain gratisan kita terbuang percuma. 

Namun berbeda apabila domain ialah milik anda pribadi, dan juga terjadi penghapusan akun. Maka kita dapat mengalihkan ke akun lain dan memasangkan domain tersebut di blog yang baru. Otomatis blog baru tersebut mempunyai kualitas SEO yang sama. Semua konten juga tidak akan hilang dengan catatan anda memiliki file backupnya. Baca : Cara Backup Artikel Postingan Di Blog Blogger dan Cara Upload Kembali

Dan seperti itulah beberapa hal yang akan kita dapatkan apabila kita mempunyai domain pribadi. Ingat untuk menjadikan suatu yang profesional alias wow tentunya dibutuhkan juga suatu modal. Seperti layaknya seperti kita menginginkan sesuatu pasti harus mengobarkan sesuatu dari diri kita. Begitu pula dengan berganti menjadi domain sendiri TLD. Apakah anda ingin berganti domain menjadi TLD apa tidak? Itu semua saya kembalikan ke diri rekan - rekan pembaca sekalian. Sekian dan semoga bermanfaat.

19 comments

wah banyak juga ya mas keuntungan mengubah blog gratisan menjadi TLD. yang jelas blog akan terlihat profesioanal. jadi pengen ganti domain mas.

Maksudnya kaya blog yang seperti apa ya mas?

Tunggu apa lagi mas, kalau modal sudah ada segera laksanakan :D

emang enak kalau sudah punya domain sendiri jadi terlihat lebih profesioanal :)

Domain sendiri memang ok tapi hati-hati jangan sampai lupa perpanjang kalau ud mau expired,

ok bos atas sarannya melalui artikelnya, saya lagi pertimbangkan.

kan bisa pake auto renewal gan :)
kalau ga emang bisa lupa kaya sy dulu pernah lupa 2 domain melayang & kebetulan lagi ga bisa ol ya udah cuma bisa pasrah deh

Itu pasti mas, pengalaman saya biasanya dari pihak webhosting yang saya gunakan (Idwebhost) memberikan notifikasi pesan kalau domain kita sudah mulai habis masa berlakunya dan meminta untuk segera diperpanjang baik melalui sms atau email.

Buruan dicustom mas, sebelum domainnya diambil orang lain :D

Thanks kang infonya sangat bermanfaat sekali

wah kang infonya ajib bener nih , btw beli hosting yang bagus dmna yah ? nitip link kang www.mastravelbiro.com

Bagus mas artikelnya...
Klo sy beli domain tp hosting tetep pki blogger apa tetep blm aman ya ?
Bagaimana baiknya ya ?
Makasi sebelumnya

yang namanya numpang tetap kita harus patuh sama aturan yang punya tempat yakni blogger (google). Kita memang diberi fasilitas unlimitid hosting dimana kita mau ngeshare artikel, gambar, template modif dan lain sebagainya tanpa ada batasan kuota. Asalkan kita ngeblog dijalan yang benar dalam artikel apa yang kita share bukan dalam bentuk kategori atau konten kekerasan, pornografi, perjudian dan hal - hal negatif lainnya, kemudian tidak melakukan spamming, pencurian data dll insya allah aman.

Namun jika memang kita menginginkan kebebasan saya sarankan jangan menggunakan blogger. Misal wordpress. namun kelemahan wordpress ya kita harus mengeluarkan biaya untuk hostingnya.

GAN SAYA MAU PAKAI IKLAN PROMO SAYA SUDAH TRANSFER UTUK DEPOSIT KO SALDO AKUN SAYA BLOM ADA
A/N ERNI SUMARNI
TOLONG KOMPIRMASINYA YA GAN TERIMAKASIH

Lha kenapa agan konfirmasinya ke saya. Agan konfirmasi iklan promo apa? saya tidak tahu menahu perihal tersebut. Saya juga tidak pernah membuat artikel atau tulisan berkaitan dengan iklan promo.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.