Hal Yang Perlu Kita Lakukan Setelah Berganti Domain TLD

Setelah kita sukses mengganti domain kita dengan domain TLD (Top Level Domain). Baca : Tutorial Cara Mengganti Domain .blogspot.com Menjadi .com (Blogger Custom Domain). Tentunya masih ada beberapa tahapan lagi yang harus kita lakukan terhadap blog kita. Dan pada dasarnya pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman kepada rekan - rekan semua mengenai beberapa cara untuk mengatasi efek negatif setelah berganti domain. Karena seperti yang kita tahu, pada dasarnya semua yang berbau perubahan akan membawakan dampak bagi kita. Tak terkecuali dengan perganti domain itu sendiri.

Custom Domain TLD

Cara atau sikap yang kita berikan kepada blog kita inilah yang nantinya akan menentukan berkembang tidaknya blog kita kedepannya. Karena jika tidak lakukan suatu tindakan. Sama saja blog berdomain TLD kita ini jalan ditempat atau malah bisa mundur, terdepak dari persaingan di SERP. Dan saya yakin pasti anda tidak ingin itu terjadi bukan? Maka dari itu perhatikan ulasan berikut ini : 

1. Daftarkan Ulang Blog kita ke akun Webmaster.

Baik itu Google, Yahoo maupun Bing. Ini berguna untuk memberitahukan blog kita ke search engine kalau kita sudah berganti domain. Jangan lupa untuk verifikasi kepimilikan blog kita disana. Pasanglah kembali meta tag yang Search Engine berikan kepada kita. Submit Ulang Sitemap Agar semua posting dan halaman blog kita di telusuri ulang atau di index ulang oleh Serach Engine. 

2. Kirimkan / Submit Url Blog Kita Ke Search Engine

Dengan mengirimkan url blog kita disana maka proses indeks yang dilakukan search engine kepada blog kita menjadi lebih cepat. Hal ini sangat wajib dan penting untuk dilakukan, karena dengan melakukan submit url ke berbagai mesin pencari maka blog atau website akan di crawl oleh spider google atau bing engine. Untuk Google bisa menggunakan alamat http://www.google.com/addurl sedang untuk bing melalui alamat http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx

3. Manfaatkan Fasilitas Ping Blog.

Ping Blog berguna untuk memanggil robot spider google untuk menelusuri setiap artikel di blog kita. Layanan ini sangat banyak tersebar di luar sana dan kita tinggal memilih mana akan kita gunakan. Contohnya : GooglePing.com, Pingates.com, Pingomatic.com, Totalping.com, MyPageRank.net dsb. Lakukan ping secara berkala jangan berlebihan. Satu atau dua kali dalam seminggu sudah lebih dari cukup bagi saya.  

4. Lakukan Verifikasi Alexa Rank.

Untuk memverivikasi kepemilikan blog tersebut kepada Alexa. Ini bertujuan apabila kita telah memasang widget ini ternyata muncul tulisan No Data maka akan menjadi semula. Bayangkan apa blog anda sudah menjadi .com namun widget alexa yang anda pasang masih menggunakan alamat blogspot atau wordpress dahulu. Sampai kapanpun akan tetep bertuliskan No Data.  

5. Lakukan Aktivitas Blogging & Optimasi Seo Seperti Biasanya.

Kegiatan tersebut diantaranya saling follow Akun Google Plus, berkomentar di blog tetangga untuk memperbaiki jumlah backlink, mencari Backlink yang berkulitas, Submit ke blog directory maupun social Bookmark untuk memberitahukan blog kita, serta memperbaiki kualitas serta kuantitas SEO dan artikel yang kita miliki. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki dan membangun kembali pondasi blog kita yang hilang sesudah berganti domain.

6. Promosikan Blog Kita Melalui Social Media.

Manfaat sosial media di era sekarang ini sudah tidak diragukan lagi. Terutama bagi optimasi suatu blog atau web. Share url link blog dengan domain baru kita disana. Beritahukan ke teman - teman atau kerabat kita akan hal ini. Insya Allah mereka pastinya akan memberikan feedback yang baik pula, asal jangan melakukan Spam. 

7. Bagi Pemilik Akun Google Adsense.

Lakukan submit ulang blog baru anda dibagian setting dashboard Google Adsense jika iklan adsense menghilang. Kemdiantunggu hingga Google adsense dan team me review ulang blog anda. Kemudian tinggal menunggu iklan adsense bisa muncul kembali ke blog TLD kita.

Insya Allah apabila kita lakukan cara diatas secara bertahap, maka kondisi trafik pengunjung blog TLD kita akan kembali seperti sedia kala dalam jangka waktu tidak akan lama. Saya juga pernah baca - baca dari salah satu subforum di Forum Kaskus yang membahas mengenai efek sesudah custom domain ini. Jadi mereka menyarankan jika memang kita ingin fokus dengan blog yang akan kita kelola dan melakukan custom domain, alangkah baiknya jika custom domain dilakukan setelah anda selesai membuat blog. Sehingga kegiatan optimasi SEO kedepannya tidak akan 2 kali kerja.

Ya memang saya akui itu semua akan memakan waktu yang tidak sedikit. Namun seperti yang kita ketahui untuk menjadi professional butuh suatu perjuangan dan proses bukan? Jadi nikmatilah proses tersebut selagi kita masih hidup di dunia ini. Sekian apa yang bisa saya tulis mengenai Hal Yang Kita Lakukan Setelah Berganti Domain TLD. Semoga bisa memberikan pencerahan bagi kita semua. :)
Diberdayakan oleh Blogger.