Cara Pengisian Form Edit Data Diri Profil di OLX.co.id (Tokobagus.com)

Setelah saya menerbitkan artikel mengenai tata cara Cara Mendaftar dan Membuat Akun Member di OLX.co.id (Tokobagus.com). Ternyata ada beberapa rekan yang bertanya baik itu melalui facebook maupun kotak komentar yang ada di blog ini mengenai bagaimana cara pengisian form data diri profil di OLX.co.id. Ada yang bilang gagal, karena nama pengguna sudah digunakan. Ada pula beberapa rekan yang mengatakan sedikit kebingungan ketika mengisi formnya.

Well apapun itu, sebetulnya dalam implementasinya tidak sesulit yang kita bayangkan kita hanya sedikit menyesuaikan dengan aturan pengsian kolom saja. Dan barangkali kesulitan yang ditemui mungkin karena baru pertama kali membuat akun di OLX atau baru pertama kalinya berjualbeli disana.

Maka dari itu disini melalui saya coba jelaskan tentang bagaimana cara mengisi form data diri profil tersebut. Perhatikan tutorial berikut ini, saya asumsikan anda telah login dan mempunya akun di OLX.co.id. Kalau belum silahkan anda mendaftar terlebih dahulu.

Pertama silahkan anda masuk menu Profil lalu pilih submenu Edit Profil.


Keterangan gambar :
1. Unggah Foto : Merupakan tempat untuk mengupload foto profil dari anda pribadi sebagai penjual. Bisa foto dari logo atau brand anda, Foto dari salah satu barang yang sering anda berjualbelikan maupun foto lainnya, atau mungkin foto anda pribadipun tidak menjadi masalah asal foto yang di upload mempunya ukuran 80px x 80px, ukuran maksimal foto 500kb dengan ekstensi foto yang diterima meliputi .jpg, .png dan .gif
2. Nama Lengkap : Merupakan nama lengkap dari anda sebagai penjual.
3. Nama Pengguna : Nantinya nama pengguna akan digunakan sebagai inisialisasi dari nama lapak anda sebagai penjual di OLX.co.id. Tentunya nama pengguna ini akan mewakili dari link seperti yang akan tergenerate otomatis seperti berikut : http://www.olx.co.id/users/nugrohoaditya. Nama pengguna sifatnya permanen alias tidak bisa diubah sekali anda menyimpannya.
4. Email : Merupakan alamat email kita. yang kita daftarkan ketika awal registrasi. Sifatnya permanen tidak bisa diubah.
5. Propinsi : Merupakan propinsi tempat kita tinggal atau melakukan transaksi jual beli.
6. Kab/Kota : Merupakan wilayah kabupaten / kota tempat kita tinggal atau melakukan transaksi jual beli.
7. Nomor Telp/HP : Merupakan kontak person yang wajib ada yang harus dicantumkan ke dalam lapak jualan kita di Tokobagus.



Keterangan Gambar :
8. Pin BB : Merupakan Kode Pin BBM yang kita miliki. Jika anda cantumkan saja untuk memperlancar proses transaksi jual beli.
9. Wechat ID : Merupakan Kode Id Wechat yang kita miliki. Jika anda cantumkan saja untuk memperlancar proses transaksi jual beli.
10. Yahoo Messenger ID :  Merupakan Kode id YM yang kita miliki. Jika anda cantumkan saja untuk memperlancar proses transaksi jual beli.
11.  Facebok : Sebagai penghubung antara OLX dengan akun facebook kita. Kita bisa login menggunakan akun facebook kita apabila telah terhubung dengan sistem user di OLX itu sendiri. Selain itu juga berguna sebagai salah satu faktor minat pembeli (kepercayaan) akan barang yang kita jual.
12. Twitter : Fungsinya hampir sama dengan Facebook diatas bedanya ialah kita tidak bisa login menggunakan akun twitter.
13. Bio : Biografi berisi mnegenai keterangan singkat barang dagangan yang kita jual secara keseluruhan atau keterangan singkat mengenai siapa kita (penjual).
14. Merupakan persetujuan untuk menampilkan nomor telepon atau nomor handphone kita selama kita menjual barang di OLX.

Terakhir jangan lupa untuk klik tombol Simpan. Khusus untuk gambar nomor dua dari kolom 8 sampai 13 ini sifatnya kondisional artinya boleh diisi maupun tidak. Karena itu merupakan sebagai informasi tambahan dari seller atau kita sebagai penjual.

Tapi alangkah baiknya untuk diisi data selengkap - lengkapnya. Karena selain mempermudah terjadinya proses transaksi jual beli online juga membuat suatu image kepada para pembeli bahwa kita memang benar - benar berjualan secara bersungguh - sungguh sehingga orang akan lebih tertarik untuk bertransaksi melalui lapak yang kita tawarkan kepada mereka.  

Dan mungkin cukup sekian yang bisa saya haturkan dan semoga dapat menjawab rekan - rekan yang sejak lama sudah menanyakan bagaimana Pengisian Form Data Diri Profil di OLX.co.id (Tokobagus.com). Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.