Kelebihan, Kekurangan dan Tips Aman Transfer Antar Rekening Bank Dalam Jual Beli Online

Transfer Antar Rekening Bank adalah salah satu bentuk transaksi yang dilakukan dengan cara mengirimkan uang secara langsung melalui media perantara mesin ATM atau teller bank kepada pihak pembeli. Setelah si pembeli mengirmkan sejumlah uang ke dalam rekening bank si penjual, maka barang yang dibeli akan dikirimkan melalui jasa pengiriman barang yang disepakati seperti JNE, Tiki atau via POS. Yang harus kita amati adalah track record atau history si penjual, bagaimana testimonial dari pembeli sebelumnya, bukti barang dagangannya dan prestasinya selama berjualan online. Memang pasti ada keraguan untuk melakukan transfer terlebih dahulu kepada orang yang tidak kita kenal sebelumnya, maka dari itu kita harus teliti dalam memilih penjual online.

Mengirim Uang ATM

Kelebihan Transfer Antar Rekening Bank :
  1. Bisa terjadi proses transaksi tidak hanya dalam satu kota atau wilayah saja, melainkan antar provinsi pulau atau bahkan transaksi antar negara.
  2. Proses mudah. Bagi pembeli uang bisa ditransfer melalui sms banking, internet banking atau datang ke mesin atm, konfirmasi pengiriman uang dan penjual mengirimkan barangnya.
  3. Proses pengiriman pada umumnya hanya membutuhkan hitungan detik alias cepat.
Kekurangan Transfer Antar Rekening Bank :
  1. Bagi Pembeli umumnya dikenakan biaya tambahan sebagai biaya packing barang dan biaya pengiriman dari barang yang dibeli.
  2. Biaya tambahan kadang juga diterapkan dibeberapa bank, untuk transfer beda bank. Berkisar Rp. 10.000 - Rp 20.000.
  3. Celah penipuan disini sangat tinggi dikarenakan bisa jadi uang sudah dikirim namun barang yang dibeli tidak segera datang ke alamat rumah si pembeli.
  4. Pembeli dituntut kejeliannya dan wajib berpikir 1000 kali lipat sebelum transfer uang ke rekening penjual yang belum kita kenal sebelumnya.
Tips Aman Transfer Antar Rekening Bank :

Sedangkan jika Anda terpaksa untuk melakukan pembayaran langsung melalui transfer ke rekening si penjual, maka pastikan si penjual tersebut memiliki reputasi yang baik. Lihatlah testimoni dari para konsumennya dan jangan pernah mentransfer uang sebelum Anda benar-benar yakin akan reputasi dari penjual tersebut terutama untuk transaksi barang di atas nominal Rp 100 ribu. Caranya dengan mencari dulu history dari si penjual bisa lewat kaskus atau search engine google. Bisa dengan search nomor hpnya, nama lengkapnya atau nomor rekening. Jika ada sekali saja komentar miring terhadap si penjual, saya sarankan untuk meninggalkan penjual tersebut 

Toko online yang benar-benar terpercaya biasanya mencantumkan nomor rekening beserta nama pemilik dari rekening tersebut di situsnya. Catatlah nomor rekening tersebut agar bisa dijadikan sebagai bukti jika terjadi penipuan di kemudian hari. Untuk situs yang menerima pembayaran melalui kartu kredit, alangkah baiknya jika Anda melakukan pembayaran tersebut melalui jasa layanan kartu kredit seperti PayPal dan lainnya. Jangan pernah memasukkan data kartu kredit jika terdapat hal yang mencurigakan di halaman pembayaran toko online tersebut.

Setelah melakukan pembayaran dengan berbagai cara di atas, simpanlah bukti pembayaran tersebut dengan baik. Hal ini bertujuan untuk melakukan klaim garansi dan yang lainnya jika suatu saat barang yang dibeli rusak atau tidak sesuai dengan harapan. (Sumber : carisinyal.com).

Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan mengenai metode transaksi jual beli Transfer Antar Rekening Bank (Transfer Langsung). Dan semoga dapat membuka wawasan rekan - rekan semua terutama bagi yang pertama kalinya atau yang masih awam dengan transaksi jual beli online yang satu ini . Sekian dan semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.