Kelebihan, Kekurangan dan Tips Aman Transfer Antar Rekening Bank Dalam Jual Beli Online

Transfer Antar Rekening Bank adalah salah satu bentuk transaksi yang dilakukan dengan cara mengirimkan uang secara langsung melalui media perantara mesin ATM atau teller bank kepada pihak pembeli. Setelah si pembeli mengirmkan sejumlah uang ke dalam rekening bank si penjual, maka barang yang dibeli akan dikirimkan melalui jasa pengiriman barang yang disepakati seperti JNE, Tiki atau via POS. Yang harus kita amati adalah track record atau history si penjual, bagaimana testimonial dari pembeli sebelumnya, bukti barang dagangannya dan prestasinya selama berjualan online. Memang pasti ada keraguan untuk melakukan transfer terlebih dahulu kepada orang yang tidak kita kenal sebelumnya, maka dari itu kita harus teliti dalam memilih penjual online.

Mengirim Uang ATM

Kelebihan Transfer Antar Rekening Bank :
  1. Bisa terjadi proses transaksi tidak hanya dalam satu kota atau wilayah saja, melainkan antar provinsi pulau atau bahkan transaksi antar negara.
  2. Proses mudah. Bagi pembeli uang bisa ditransfer melalui sms banking, internet banking atau datang ke mesin atm, konfirmasi pengiriman uang dan penjual mengirimkan barangnya.
  3. Proses pengiriman pada umumnya hanya membutuhkan hitungan detik alias cepat.
Kekurangan Transfer Antar Rekening Bank :
  1. Bagi Pembeli umumnya dikenakan biaya tambahan sebagai biaya packing barang dan biaya pengiriman dari barang yang dibeli.
  2. Biaya tambahan kadang juga diterapkan dibeberapa bank, untuk transfer beda bank. Berkisar Rp. 10.000 - Rp 20.000.
  3. Celah penipuan disini sangat tinggi dikarenakan bisa jadi uang sudah dikirim namun barang yang dibeli tidak segera datang ke alamat rumah si pembeli.
  4. Pembeli dituntut kejeliannya dan wajib berpikir 1000 kali lipat sebelum transfer uang ke rekening penjual yang belum kita kenal sebelumnya.
Tips Aman Transfer Antar Rekening Bank :

Sedangkan jika Anda terpaksa untuk melakukan pembayaran langsung melalui transfer ke rekening si penjual, maka pastikan si penjual tersebut memiliki reputasi yang baik. Lihatlah testimoni dari para konsumennya dan jangan pernah mentransfer uang sebelum Anda benar-benar yakin akan reputasi dari penjual tersebut terutama untuk transaksi barang di atas nominal Rp 100 ribu. Caranya dengan mencari dulu history dari si penjual bisa lewat kaskus atau search engine google. Bisa dengan search nomor hpnya, nama lengkapnya atau nomor rekening. Jika ada sekali saja komentar miring terhadap si penjual, saya sarankan untuk meninggalkan penjual tersebut 

Toko online yang benar-benar terpercaya biasanya mencantumkan nomor rekening beserta nama pemilik dari rekening tersebut di situsnya. Catatlah nomor rekening tersebut agar bisa dijadikan sebagai bukti jika terjadi penipuan di kemudian hari. Untuk situs yang menerima pembayaran melalui kartu kredit, alangkah baiknya jika Anda melakukan pembayaran tersebut melalui jasa layanan kartu kredit seperti PayPal dan lainnya. Jangan pernah memasukkan data kartu kredit jika terdapat hal yang mencurigakan di halaman pembayaran toko online tersebut.

Setelah melakukan pembayaran dengan berbagai cara di atas, simpanlah bukti pembayaran tersebut dengan baik. Hal ini bertujuan untuk melakukan klaim garansi dan yang lainnya jika suatu saat barang yang dibeli rusak atau tidak sesuai dengan harapan. (Sumber : carisinyal.com).

Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan mengenai metode transaksi jual beli Transfer Antar Rekening Bank (Transfer Langsung). Dan semoga dapat membuka wawasan rekan - rekan semua terutama bagi yang pertama kalinya atau yang masih awam dengan transaksi jual beli online yang satu ini . Sekian dan semoga bermanfaat.

14 comments

jaman semakin canggih,berbagai kemudahan transaksi pun bisa dilakukan dari mana mana tempat dengan menggunakan sistem transfer.

Untuk itu dibutuhkan saling percaya yang tinggi agar proses transaksi jual beli yang satu ini bisa terlaksana dengan baik.

lhamdulillah selama ini aman-aman saja jual-beli online baik memakai sms, atm, atau i_bank, benar yang utama bukti transfer harus disimpan, dan jual-beli dilakukan hati-hati dan cari negatifnya dulu dengan search tempat jual-beli online.

jujur mas, saya belum pernah transaksi di dari yg jualan online, masih serem uy.. temen saya pernah ketipu beli kamera DSLR di salah satu web jual beli online, pas udh transfer si penjual bilang kelebihan kirim jadi dua, kalau mau jadi malah dimintain duit lagi.. sampai akhirnya ga bisa di hubungi lagi.. -_-"

Bermanfaat banget nih mas buat saya yang sering belanja online. hehehe :)

Di tunggu update selanjutnya :D

Semakin marak ya penipuan online, jadi tips cara aman berbelanja online memang di perlukan. saya pernah ketipu, ga besar sih tapi tetep aja kesel.

Semoga aja dengan adanya artikel ini bisa mengurangi penipuan :)

Kalau menurut saya, prosentase penipuan transaksi online sama saja dengan yang offline. Teknik penipuannya saja yang berbeda. Jika secara online memang lebih banyak pada transaksinya..

makasih bgt infonya baang, d tunggu info yang menarik dan bermanfaat..^^

Berita Terkini http://www.liputan6.com
Berita http://www.liputan6.com
Berita Indonesia http://www.liputan6.com
Jadwal Bola http://www.liputan6.com/tag/jadwal-bola
Harga Emas http://www.liputan6.com/tag/harga-emas
Berita Chelsea http://www.liputan6.com/tag/chelsea
Jadwal Liga Italia http://www.liputan6.com/tag/jadwal-liga-italia
MotoGP http://www.liputan6.com/tag/motogp
Formula 1 http://www.liputan6.com/tag/formula-1
Timnas Indonesia http://www.liputan6.com/tag/timnas-indonesia
Prabowo Subianto Gerinda http://www.liputan6.com/tag/prabowo-subianto
Pilkada Serentak 2015 http://www.liputan6.com/tag/pilkada-serentak-2015
Gosib Terbaru Ayu Ting-Ting http://www.liputan6.com/tag/ayu-ting-ting
Ahok Hari Ini http://www.liputan6.com/tag/ahok
Harga Batu Akik http://www.liputan6.com/tag/batu-akik
Jadwal Liga Champions http://www.liputan6.com/tag/jadwal-liga-champions
Berita Motogp Terkini http://www.liputan6.com/tag/motogp
Mudik http://www.liputan6.com/tag/mudik
Arus Balik http://www.liputan6.com/tag/arus-balik
Mudik Gratis http://www.liputan6.com/tag/mudik-gratis

jokowi Liputan6.com

ahok Liputan6.com

kpu Liputan6.com

tinju Liputan6.com

gempa bumi Liputan6.com

ridwan kamil Liputan6.com

berita bola Liputan6.com

jadwal liga inggris Liputan6.com

narkoba Liputan6.com

klasemen liga spanyol Liputan6.com

jadwal liga spanyol Liputan6.com

timnas indonesia Liputan6.com

Bola Bola.com

Klasemen Bola.com

Klasemen Bola Bola.com

Sepak Bola Bola.com

Pemain Bola Bola.com

info herbal http://obatpenyakitgondok.alternatifpengobatan.com/

Tidak mau lagi belanja di sosial terutama olx .. penipu banget mending di hapus aja akunya

anda ingin belanja di toko online murah yaitu di mahamurah.com atau anda ingin membeli fashion dengan model baru ia di modelbajubaru.com. ini tentunya dengan harga yang mahamurah.heck.in sangat super sekali kan mahamurah.yukbisnis.com. Kami juga selalu update di sosmed loh seperti di facebook mahamurah indonesia home shopping dan model baju baru
ada juga twitter mahamurahstore dan model baju baru instagram juga ada mahamurahstore dan model baju baru masih ada lagi toko online yang berbasis marketplace yaitu Furimurah dan pembeliannya bisamurah

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.