Cara Membuat dan Menulis Abstrak Skripsi Teknik Informatika

Setelah hampir kurang lebih 4 bulan bergelut dengan skripsi akhirnya saya bisa kembali mengisi lembaran demi lembaran yang kosong di personal blog yang selama hampir satu bulan lebih terbengkalai. Namun di sisi lain pengorbanan meninggalkan dunia perbloggeran ini alhamdulillah terbayar lunas dengan selesainya skripsi saya, yang mana ketika saya menulis tulisan ini sudah mencapai tahap akhir yakni revisi atau perbaikan setelah sidang Tugas Akhir 2 atau lebih dikenal dengan Pendadaran. 

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai salah satu tahapan skripsi yang harus dilalui oleh para mahasiswa yakni dengan pembuatan abstrak. Abstrak yang saya buat lebih saya tujukan kepada mahasiswa dengan program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika maupun prodi yang erat kaitannya dengan IT. Karena saya pribadi berstatus sebagai mahasiswa dari Teknik Informatika, UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Pengertian Abstrak

Menurut Ahira (2009), Abstrak sendiri merupakan suatu gagasan berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting. Abstrak merupakan rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau dengan kata lain penyajian atau gambaran ringkas yang benar, tepat dan jelas mengenai isi suatu dokumen. Fungsi abstrak adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca perihal hasil penelitian yang telah dibuat. Uraian yang hanya satu halaman tersebut memudahkan abstrak untuk dimasukkan dalam jaringan internet. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda mengetahui hasil penelitian tanpa harus membaca keseluruhan penelitian yang berlembar-lembar. Sehingga dengan adanya abstrak dapat membantu mencari referensi penelitian yang dicari.

Contoh Abstrak

Setelah mengetahui mengenai apa itu abstrak dan fungsinya langsung saja saya tampilkan abstrak yang saya buat. Judul nya sendiri ialah "Aplikasi Manajemen Alat Tulis Kantor Berbasis Web (Studi Kasus PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta)".

ABSTRAK

Alat Tulis Kantor (ATK) merupakan merupakan sumber daya atau barang – barang yang harus ada dan dibutuhkan baik oleh suatu Instansi pemerintahan maupun kantor swasta untuk berlangsungnya kegiatan operasional di dalamnya. Keberadaan Alat tulis kantor saat ini memang vital adanya mengingat fungsinya mampu menunjang kegiatan dan pelaksanaan kegiatan kerja di dalamnya sehingga alat – alat tersebut tidak boleh tidak ada dalam suatu kantor. Khususnya untuk PT. PLN (Pesero) Area Yogyakarta sistem pendataan dan pencatatan laporan Alat Tulis Kantor yang digunakan selama ini masih menggunakan aplikasi pengolahan data secara manual yakni menggunakan tulisan tangan di dalam pembukuan. Hal dinilai kurang begitu efektif dan efisien dalam menunjang produktivitas kerja para pegawai di dalamnya. Ditambah dengan adanya mekanisme persutujuan (approval) ke atasan masih menggunakan nota dinas tertulis yang dikirimkan ke atasan sehingga akan sangat memerlukan waktu yang tidak sedikit mengingat jumlah pegawai yang menggunakan Alat Tulis Kantor ini cukup banyak.

Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis web, yang di dalamnya dapat melakukan pengelolaan dan pendataan alat tulis kantor. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Waterfall. Bahasa pemrogramannya adalah PHP dan HTML. Untuk tampilan menggunakan CSS3 dan Jquery. Databasenya menggunakan MySQL. Tools dan Editor yang digunakan ialah XAMPP for Windows 1.8.3, Photoshop, Netbeans IDE 7.4 dan Notepad++.

Didukung dengan tersedianya jaringan internet lokal (intranet) di dalam perusahaan. Aplikasi ini nantinya akan digunakan sebagai media pengontrol atau pengendalian stok barang, pengambilan barang yang dilakukan oleh pegawai (user), dan persetujuan atasan (approval) atas barang yang diambil. User sendiri dibagi menjadi 4 level yakni Administrator (Gudang), User (Pegawai), Atasan 1 (Asisten Manager masing – masing bagian) serta Atasan 2 (Asisten Manager Pelayanan dan Administrasi). Dengan adanya Aplikasi Manajemen Alat Tulis Kantor (ATK) Berbasis Web ini diharapkan akan mempermudah administrator dalam mengelola barang – barang alat tulis kantor sehingga hasil pelaporan data dapat diketahui dengan mudah, cepat dan akurat.

Kata Kunci : Alat Tulis Kantor, Aplikasi Web, Inventory. 

Teknis Penulisan dan Penjelasan Abstrak Skripsi

Secara teknis untuk pembuatan abstrak diatas kemungkinan hampir sama yakni menggunakan spasi 1, dengan tipe huruf times new roman, terdiri dari 250, rata kanan kiri disertai kata kunci yang ditulis secara alfabet serta ditulis sebelum halaman pendahuluan.

Sedangkan di beberapa universitas tertentu mungkin menerapkan standarnya sendiri - sendiri mengenai isi atau esensi dari masing - masing alinea abstrak dan apa yang saya jelaskan berikut sesuai dengan pengalaman saya dan misalkan berbeda setidaknya bisa dijadikan referensi untuk pembaca semua.

Alinea Pertama : Berisi mengenai latar belakang kita dalam pembuatan skripsi dengan judul yang kita ambil. Jelaskan objek studi yang akan kita ulas. Jelaskan pula seberapa perlukah skripsi kita untuk pengguna user yang akan menggunakan skripsi kita (baik masyarakat umum maupun instansi atau perusahaan tertentu jika menggunakan studi kasus).

Alinea Kedua : Berisi mengenai teknologi yang akan kita gunakan dalam pembuatan skripsi. Apabila kita juga membuat seacam aplikasi atau perangkat lunak jelaskan bahasa pemrograman apa yang kita gunakan. Termasuk pula metodologi dalam pembuatan skripsi kita. 

Aline Ketiga : Berisi mengenai kesimpulan singkat mengenai manfaat dan harapan tentang suatu hal yang bisa terjadi jika nantinya skripsi kita telah selesai dan diterapkan dalam kehidupan nyata.

Dan seperti itulah sedikit pengalaman saya yang bisa saya bagi mengenai tata Cara Membuat dan Menulis Abstrak Skripsi Teknik Informatika. Semoga tulisan saya ini bisa dijadikan referensi bagi anda semua. Untuk teknis pembuatan skripsi lainnya akan saya share pada kesempatan yang akan datang. Semangat Kawand . . . .

INFO PENTING
Agar aplikasi web yang kita buat bisa berjalan dinamis tentu saja harus terkoneksi dengan suatu olah database di dalamnya. Maka dibutuhkan database server secara lokal yang sering kita sebut dengan aplikasi XAMPP. XAMPP terdiri dari cross-platorm(X), berupa Apache, MySQL, PHP dan Perl. Ini adalah aplikasi ofline yang memungkinkan Anda yang ingin mengoperasikan suatu web server di lokal komputer ketika akan melakukan pengetesan aplikasi yang kita buat.

Bagi Anda yang belum mengetahui dan ingin mempelajari bagaimana cara menggunakan aplikasi XAMPP dari cara instalasi hingga pemakaiannya seperti apa, silahkan anda ikuti tutorial yang cukup mudah dipahami berikut ini Cara Menggunakan Menjalankan Aplikasi XAMPP.
Diberdayakan oleh Blogger.