Cara Membuat Database MySql di PhpMyAdmin XAMPP

Pada kesempatan sebelumnya saya telah bercerita banyak tentang bagaimana cara mengupload file website di hosting gratis Idhostinger. Dari sekian proses yang ada, di dalam artikel tersebut, ada salah satu hal dasar sebelum website kita di upload di hosting yang mungkin bisa saya jadikan bahan untuk menulis artikel ini yakni mengenai cara pembuatan database MySql. Seperti yang kita tahu agar suatu aplikasi web yang kita buat bisa berjalan dinamis tentu saja harus terkoneksi dengan suatu olah database di dalamnya. Baik database server di hosting maupun lokal di PhpMyAdmin XAMPP cara pembuatannya sama saja.  

Namun berhubung di judul saya beri nama di PhpMyAdmin menggunakan software XAMPP jadi dalam tutorial ini saya lebih fokus untuk pembuatan database secara lokal saja. Disini saya asumsikan anda telah menginstall aplikasi XAMPP di PC atau Laptop anda. Jika belum silahkan bisa anda download untuk versi terbaru nya melalui link berikut ini. Kebetulan ketika saya membuat tulisan ini saya menggunakan XAMPP versi 1.8.3. Tentu saja dengan menggunakan PhpMyAdmin kita tidak perlu membuat dan mengelola database menggunakan kode - kode query mysql, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini :

Pastikan sebelum anda menegelola dan membuat database anda sudah mengaktifkan 2 fungsi utama dari aplikasi XAMPP yakni Module Apache Server dan Mysql dengan cara mengklik tombol start.


A. Membuat Database Baru.

1. Buka Web Browser yang anda gunakan disini saya menggunakan Firefox. ketikkan di addressbar dengan alamat http://localhost/phpmyadmin. Setelah terbuka klik menu Databases dan kita isi nama database yang ingin kita buat. Disini saya coba beri nama database kampus Lalu Klik Create.


B. Membuat Nama Tabel beserta Field - Fieldnya.

2. Setelah database di buat klik pada nama databasenya kemudian kita buat tabelnya. Masukkan nama tabel yang akan kita buat dan tentukan jumlah field yang akan kita buat. Kemudian kita klik Go.


3. Isikan nama field beserta keterangannya baik itu tipe maupun jumlah karakter. Disini anda juga bisa menentukan dibagian field mana yang akan dijadikan Primary Id dan juga Auto Increment. Pada umumnya pilihan Id Primary dan Auto Increment ini diletakkan pada field id tabelnya semisal id_mahasiswa seperti contoh dibawah ini. Disini saya juga memberikan beberapa tipe data yang berbeda sesuai dengan fungsi field nya. Untk tipe data Integer atau Date kita tidak perlu memberikan values nya dikarenakan sistem akan otomatis mengenerate sendiri sesudah kita klik save. Jika sudah kita klik save.



C. Menambahkan Record Data atau Isi dari tabel, Mengupdate (Edit) dan Menghapus (delete).

4. Setelah tabel terbentuk sekarang kita coba isikan mengisikan atau Insert data ke dalam tabel yang kita buat tadi. Caranya ialah dengan mengklik pada nama tabelnya kemudian kita klik menu Insert.


5. Jika data yang kita masukkan tadi sudah muncul maka, record data tersebut bisa kita update (edit) maupun delete. Untuk Edit klik pada record data yang akan kita ubah. Kebetulan ada dua record data yang saya masukkan, pilih salah satu.


Disini saya coba ubah keseluruhan isi dari kolom field yang ada.


Maka hasilnya seperti di bawah ini.


6. Sedangkan apabila kita ingin menghapus record datanya cukup dengan mengklik delete. Misal saya pilih pada record dengan id_mahasiswa 2 yakni si Ahmad Prasetyo.


Dan hasilnya.


Mungkin Cukup itu dulu pembahasan singkat mengenai dasar pembuatan database di PhpMyAdmin baik dari segi pembuatan database, tabel - tabel maupun field - fieldnya. Misal ada gambar panduan yang kurang jelas tinggal klik saja pada gambar yang dituju. Apabila terdapat hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan seputar pembuatan database, silahkan saja ditanyakan melalui kotak komentar di bawah ini biar kita sama - sama bisa belajar dan saling berdiskusi. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba. . .

5 comments

Mas, itu softwarenya pake XAMPP ya, kalo saya pake WAMPP lebih ringan. Tapi cara bikinnya sama gak ya !! :)

Mas Aditya-Web.com request Buatin tutorial buat Dreamweaver donk,

Secara teknis menurut saya sama saja mas cara bikinnya, bedanya mungkin hanya di bagian UI (User Interface) saja. :)

Tutorial yang seperti gimana dulu ya mas? Kebetulan saya pribadi jarang menggunakan editor Dreamweaver. Lebih prefer menggunakan Notepat++ atau Netbeans.

saya setuju dngan mas Abdul Hakim... buatin tutorial Dreamweaver untuk pembuatan desain web yang dinamis.. :D

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.