Cara Perpanjang Kontrak Domain di Idwebhost (Renewal Domain)

Mempunyai domain pribadi memang menjadi suatu keistimewaan tersendiri bagi si pemiliknya. Kalau kata orang di luar sana katanya mampu memberikan semacam personal branding yakni citra atau ciri khas positif  terhadap si pemilik domain pribadi tersebut. Namun ada suatu hal yang tidak boleh dilupakan ketika kita sudah mempunyai TLD (Top Level Domain) yakni memperpanjang masa aktif domain itu sendiri atau istilahnya Renewal domain.

Perpanjangan domain sebaiknya dilakukan minimal satu bulan sebelum masa aktif domain habis. Tapi jika anda pas kebetulan ada rejeki lebih pembayaran dilakukan kurang dari itu misal 2 atau 3 bulan sebelumnya ya tidak masalah. Dikarenakan jika domain kita lupa perpanjang maka salah satu bukti nyatanya ialah domain yang dahulu pernah saya kelola yakni kiosbisnis.com yang tadinya biaya perpanjang domain .com sebesar Rp. 95.000,- di Web Hosting Idwebhost karena sengaja memang tidak saya urus lagi dan sekarang domain tersebut dilelang atau misal mau dibeli lagi maka harus mengeluarkan uang sejumlah USD 925,- atau jika dirupiahkan menjadi lebih dari Rp. 10 juta rupiah cek buktinya disini

Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada domain kita maka saya coba berbagi pengalaman saya ketika saya mencoba memperpanjang domain .com di Idwebhost. Selain itu artikel ini juga saya buat karena ada beberapa rekan blogger seperti mas Muhammad Angki Prasetyo Nugroho yang pernah menanyakan bagaiamana cara perpanjang domain. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini :

A. Registrasi Perpanjangan Masa Aktif Domain 

1. Langkah pertama ialah dengan mengunjungi cpanel domain di Idwebhost dengan alamat http://idwebhost.com/Hosting_Login. Masukkan alamat email anda dan password nya. Klik Login


2. Setelah masuk di dalam Cpanel Domain klik menu Perpanjangan. Kemudian Checklist pada nama domain yang akan kita perpanjang masa aktif domainnya. Kemdian klik tombol berikutnya.


3. Tentukan berapa lama masa aktif domainnya. kebetulan saya memilih untuk memperpanjang selama satu tahun untuk domain Aditya-web.com ini. Jika suda klik berikutnya.


4. Di halaman ini anda akan diperlihatkan berapa besaran biaya untuk memperpanjang domain. Jumlah tersebut yang akan kita gunakan ketika transfer uang melalui rekening nantinya. Jika sudah Klik Checkout.


5. Setelah kita checkout maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Silahkan cek email anda masing - masing. 


B. Cek Email Detail Transaksi dan Informasi Pembayaran Domain

6. Langkah berikutnya ialah anda cek email yang diirimkan oleh pihak web hosting idwebhost. Di dalam email tersebut tertera keterangan singkat cara pengatifan account, rincian biaya yang harus dibayarkan beserta nomor rekening tujuan transfer. Yang perlu dicatat ialah nama beserta nomor rekening tujuan transfer. 


7. Silahkan anda pergi ke ATM terdekat atau jika anda menggunakan internet banking, silahkan bayar biaya perpanjang domain sesuai dengan yang tertera di dalam email.

C. Konfirmasi Pembayaran 

8.  Masuk kembali ke dalam Cpanel Domain Idwebhost. Di bagian menu dasbor di bagian domain yang kita perpanjang kita klik konfirmasi.


9. Kemudian isikan keterangan sesuai yang diminta di dalam kolom.Seperti tanggal pembayaran, besar pembayaran, Nama bank kita, nomor rekening, bank tujuan transfer dan juga catatan jika ada. Kemudian kita klik Submit.


10. Sesudah klik submit maka akan muncul halaman seperti berikut.


Setelah kita submit maka sekitar beberapa menit berikutnya kita akan mendapatkan beberapa email dari idwebhost yang intinya menginformasikan mengenai pembayaran perpanjangan domain kita. Dan email pamungkas yang kita tunggu - tunggu seperti ini.


D. Cek Masa Aktif Domain

Untuk lebih meyakinkan jika domain kita sudah selesai diperpanjang saya coba cek melalui who.is dan hasilnya. Alhamdulillah masa aktif domainnya sudah bertambah alias terupdate satu tahun dari 3 Oktober 2014 menjadi 3 Oktober 2015. Misal data domain punya anda belum terupdate ga lama lagi who.is akan mengupdate informasi domain blog anda.


Dan seperti itulah sedikit tutorial mengenai Cara Perpanjang Kontrak Domain di Idwebhost atau lebih sering dikenal dengan istilah Renewal Domain. Semoga sedikit pengalaman saya ini mampu membantu rekan - rekan yang kebingungan buat nyari tutorial perpanjang domain di Idwebhost. Lalu bagaimana dengan cara perpanjangan di web hosting selain di Idwebhost? Saya rasa secara teknis hampir sama, perbedaan mungkin hanya terletak dalam UI (User Interface) dari masing - masing cpanel domain web hosting tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. . .

32 comments

thx'z bgt infonya om. aq suka bgt dee

terimakasih ilmunya tentang perpanjangan kontrak domain, kelak jika saya udah nyewa saya ngga bakalan gagap lagi kan..idwebhost jadi alternative saya nih.

mantap mas, kebetulan saya mengunakan bali orange

Monggo silahkan mas. Semoga bermanfaat kalau ada yg ingin ditanyakan silahkan saja di share barangkali bisa buat bahan diskusi kita.

Bali orange juga bagus mas pelayananannya. Juga merupakan salah satu webhost favorit di Indonesia. setau saya :)

sangat lengkap sekali mas tutorialnya, kebetulan blog saya sudah saya perpanjang semuanya sampai tahun 2018 hehe :)

ikutan lomba yuk di blog dicuekin.com

makasih ilmunya ,,bermanfaat sekali

jadi kalau domain lupa diperpanjang nanti akan dilelang ya mas, untung mereka dong ya......

harus dicatet tanggal jatuh temponya nih biar nggak sampai lupa

wah mksih bnyak mas Aditya..semoga berkah manfaat ini ilmunya keren" meski say belum bisa itu cairin uang lewat adsense dsb.. hehe blm ngerti caranya moga bisa sekaya mas adtnya ini dah yang makin kaya karena berbagi ilmu...bener mas itu tran brand banget bisa buat.com mksih bnyk mas Aditnya.. smga makin berkah dng ilmu"nya kalo target post danrapiin sana-sini siap ubek" dah ini web keren sapa tau bisa nyampe 925 dollar itu duittnya blm bisa bayangin bisa dapet sgtu duitnya keren" bisa lekas naek haji tuh mas... wah wahyuni yg diatas meng blogger sejati dah sampe 2018 udah diperpanjang aja mantap mbak...mksih bnyk mas aditya sng bantu anak yg seneng jalan-jalan ini udahan..mga sgra bisa dipraktekkan nie tutorial...

tapi biasanya kalau hampir habis masa tenggang di sms atau diberitahukan lewat email kan kang ucup...

Terima kasih mas atas petunjuknya bisa menjadi rujukan nih idwebhost...

Nyimak aja dulu ntar aja di praktekinnya hehe

Alhamdulillah saya udah memperpanjangnya dari 2013 hingga 2016, jadinya santai aja enggak dikejar-kejar oleh habis kontrak domain. ^.^

Makasih banyak ya?

Iy mas itu resiko kalau kalau kita telat bayar domain. Buktinya ya bisa dilihat blog saya dahulu kiosbisnis.com. Tapi betul kata mas yuli sebelum habis masa aktif domain kita, kita akan diberi notifikasi baik melalui sms maupun email.

Silahkan mas angki, kalau dibilang kaya masih jauh mas tapi sebagai seorang manusia pasti akan mengusahakannya. Makasih atas doannya, jangan lupa dibookmark ya :D

Biaya memperpanjang itu selalu bertambah mahal dari pertama kali mendaftar, atau segitu gitu saja kang?

Harganya tetap sama ketika awal menyewa. Menyesuaikan mengikuti dengan web hosting yang digunakan.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mau tanya mas.

Masa aktif domain masih sisa 3 bulan,dan saya mau perpanjang 1thn.
Apakah yang 3 bulan tersebut tetap terhitung,?atau hanya 1thn saja.

Retwett Dikky permana di tambah pertanyaan saya, apakah jadinya kalau masa aktif domain tidak diperpanjang, apakah domain akan berganti ke asal lagi secara otomatis seperti menggunakan blogspot.com.

wah mas adit sekarang id web host tampilannya baru nih hehe kudu bisa lebih peka mslh dunia internet saya haseehh hehe

Oke mas angki, next kalau ada waktu saya buatkan kembali artikel updatenya, mohon bersabar :)

Iya tetap terhitung. Domain akan diperpanjang 1 tahun setelah masa aktif domain habis. Contoh :

Domain Expired : 1 Januari 2016
Tanggal Renewal Domain (Tanggal melakukan perpanjangan) : 1 Oktober 2015.
Masa aktif domain anda berikutnya menjadi sampai : 1 Januari 2017.

Jika tidak diperpanjang dalam kurun waktu tertentu maka domain TLD misal .com akan hangus. Kemudian anda bisa menggunakan domain blogspotnya asal settingan redirect domain diperbaharui kembali.

Makasih gan tipsnya bermanfaat bgt

Kalo ane prefer godaddy aja gan, ga pake ribet

Wah ternyata begitu caranya, untuk nemu postingan agan

Mas mau tanya, sya blum mmprpnjang domain, mmg sudah di sms sma webhost id, dn blkangan sya mo prpnjang lgi, kta mreka kna biaya 1 juta, pdahal hrusnya 100ribu aj, bnar gk ya kna biaya restore sbsar itu?

kalau memperpanjangnya sehari sebelum batas akhir boleh atau tidak mas?

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.