5 Tips Persiapan Sebelum Memasang Iklan di Situs Jual Beli Online

Jual Beli Online memang sudah menjadi trend di mata masyarakat di masa kini. Kita memanfaatkan situs - situs tersebut guna menjual baik barang dagangan, barang lawas atau barang bekas kita yang sekiranya masih layak untuk diperjualbelikan. Selain faktor kemudahan, dalam faktor ke efektifan dan efisiensi terjual barang yang kita jual dis situs jual beli online memang sudah tidak diragukan lagi. Dalam menjual dan memasarkan barang atau produk kita di situs jual beli online ada beberapa hal yang kita siapkan sebelum barang tersebut berpindah tangan ke para pembeli. Berikut saya coba ulas berdasarkan pengalaman saya pribadi.

5 Tips Persiapan Sebelum Memasang Iklan di Situs Jual Beli Online

1. Menyiapkan Produk atau Barang Yang Akan Dijual Beserta Kelengkapannya.

Hal utama sebelum anda menjual barang anda ialah ada tidaknya barang yang anda jual. Jika anda mengiklankan produk namun barang fisiknya tidak ada itu sama halnya dengan menipu. Semisal anda seorang reseller produk, pastikan jika barang tersebut ready stok. Jadi sebelum anda memasarkan iklan di situs jual beli online pastikan jika barang tersebut pasti ada di anda. Pastikan pula kelengkapan barang tersebut ada. 

Seperti contoh jika anda sedang menjual sepeda motor pastikan surat - surat kendaraannya lengkap apa tidak. Kemudian semisal anda menjual handphone atau ponsel pastikan pula dusbook, buku - buku petunjuk, kartu garansi, charger, headset dan kelengkapan lainnya sudah lengkap apa tidak. Karena seperti yang kita tahu lengkap tidaknya suatu barang yang kita jual akan mempengaruhi harga jual suatu barang. Ini juga menjadi pertimbangan para calon pembeli lainnya bahwa barang tersebut barang yang tergolong aman alias bukan barang bermasalah apa tidak.

2. Menyiapkan Judul dan Deskripsi Iklan.

Hal wajib berikutnya yang dilakukan dalam memasang iklan secara online adalah mempersiapkan judul dan deskripsi iklan. Judul iklan yang menarik tentunya akan membuat iklan anda berbeda dengan yang dijual penjual lainnya, para calon pembelipun menjadi penasaran dan akhirnya akan membeli barang yang jual. Untuk deskripsi iklan sendiri, buatlah deskripsi iklan yang jelas, menarik namun tidak bertele - tele. Selengkapnya mengenai pembuatan deskripsi iklan ini bisa anda baca di 5 Tips Membuat Deskripsi Iklan Online Yang Baik dan Efektif

3. Menyiapkan Harga (Riset Harga Jual).

Hal berikutnya yang harus anda siapkan adalah harga jual barang anda. Jika anda tidak mengetahui berapa harga jual barang anda di pasaran, anda bisa mengintip di lapak penjual lainnya yang menjual barang setipe atau sejenis dnegan barang yang anda jual. Dari situ anda bisa memperkirakan sebaiknya harga berapa yang layak untuk barang tersebut. Cantumkan pula harga tersebut adalah harga pas (harga net) atau bisa dinego.

4. Menyiapkan Foto Produk atau Barang Yang Akan Dijual.

Menjual barang secara online tentunya kita harus memperlihatkan barang yang kita jual ke calon pembeli. Caranya ialah dengan memfoto barang tersebut dari berbagai sudut pandang. Usahakan anda foto lebih dari satu foto. Agat pembeli mendapatkan gambaran barang yang anda jual dari berbagai sudut pandang. Semisal anda sedang menjual mobil perlihat foto untuk bagian depan mobil, bagian mesin depan, bagian belakang mobil, bagian jog tempat duduk dan juga bagian kemudi (navigasi).

5. Menyiapkan Alat Komunikasi. 

Terakhir yang tak kalah penting ialah alat komunikasi. Alat komunikasi disini hukumnya adalah wajib. Karena hal ini merupakan salah satu jembatan atau penghubung anda dengan paar calon pembeli. Kadang saya melihat di beberapa lapak penjual karena saking fokusnya terhadap barang yang dijualnya serta membuat deskripsi yang sebegitu hebohnya hal ini malah sering keluapaan. Cukup persiapan kontak nomor handphone anda. Jika perlu sediakan pula Pin BBM, WhatsApp atau Line sebagai informasi tambahan.

Mungkin itulah sedikit pengalaman yang bisa saya bagi pada tulisan kali ini perihal Persiapan Sebelum Memasang Iklan Secara Online. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan kepada anda sebelum  melakukan transaksi jual beli bersama calon pembeli barang anda, di situs jual beli online. Jika anda memiliki tips lainnya silahkan anda tulis di bagian kolom komentar di bawah. Selamat Mencoba dan Selamat bertransaksi online.

2 comments

bisa disimpan ni tipsnya, sebab masih belum ada ni mas barang yang mau saya jual heehe

Kalau begitu disiapkan dahulu alat dan bahannya mas sebelum berjualan :)

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.