Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

Directory Mozilla.org atau lebih sering kita kenal dengan DMOZ merupakan salah satu web direktori yang memberikan fasilitas free submit untuk blog atau website. Karena namanya web directory sudah pasti mempunyai manfaat untuk optimalisasi SEO untuk blog atau website kita terutama untuk teknik SEO Offpage nya. DMOZ sendiri memiliki banyak kerjasama dengan berbagai search engine seperti AOL Search, Google, Netscape Search maupun Yahoo Search. Tentu sudah bisa kita pastikan hal tersebut akan berdampak postif bagi perkembangan suatu blog atau website, karena : 
  1. Trafik Meningkat : Dengan ratusan ribu pengunjung per harinya besar kemungkinan blog atau web kita yang sudah terdaftar disana akan mendapatkan tambahan visitor. Walaupun tidak terlalu banyak atau signifikan namun paling tidak kita akan kecipratan pengunjung dari sana itu sudah lebih dari cukup.
  2. SERP (Search Engine Result Page) Meningkat : Dengan diterimanya web atau blog kita disana maka peluang untuk mendapatkan posisi terbaik di halaman pertama Search Engine semakin besar pula. Mengapa? karena DMOZ seperti yang saya katakan diatas mereka bekerja sama dengan beberapa layanan search engine nomor satu. Atau istilahnya sebagai jembatan atau penghubung blog yang kita kelola supaya terindeks search engine.
  3. PageRank Meningkat : Sama halnya dengan peningkatan SERP, potensi meningkatya pagerank kita juga semakin besar. DMOZ sendiri memiliki pagerank yang cukup bagus. Blog yang terlisting disana akan tentunya mendapatkan backlink yang berkualitas. Dimana backlink juga digunakan dalam kriteria penilaian pagerank suatu web atau blog.
Setelah membaca beberapa manfaat yang kita peroleh dari web directory yang satu ini tentu anda pasti mempunyai keinginan mendaftarkan blog yang kita kelola disana. Maka dari itu tanpa panjang lebar lagi berikut ulasannya :

1. Pertama Kunjungi Official Website Dmoz.org

Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

2. Lalu Pilih Kategori yang sesuai dengan niche di blog atau website anda. Sebagai contoh disini saya memilih kategori Reference.

Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

3. Kemudian pilih subkategori yang sesuai. Sebagai contoh saya memilih kategori Education.

Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

4. Terus pilih sub kategori hingga yang paling ujung kategori spesifik dari blog anda hingga muncul menu Suggest URL.

Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

5. Sampai tahap ini anda klik menu Suggest URL tersebut kemudian pada halaman yang terbuka isi form data diri dari blog atau website yang tersedia.

Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

6. Jika muncul halaman notifikasi seperti di bawah ini berarti permohon listing blog anda di DMOZ sudah terkirim.

Cara Submit Dan Kirim Blog di DMOZ Web Directory

Apakah blog kita akan langsung terindeks di DMOZ? Jawabannya tidak. Mereka DMOZ and team akan menyeleksi dan me review terlebih dahulu blog anda agar bisa dimasukkan ke dalam listing mereka. Jangka waktunya bervariasi bisa 1 Minggu, 2 Minggu, 1 Bulan atau bahkan bisa lebih. Sebagai saran sembari menunggu kita bisa mencoba menjalankan optimasi SEO dengan teknik lainnya supaya hasil yang di dapat juga maksimal. Seperti update konten, blogwalking, Optimasi sosial media, dan lain sebagainya.

Mungkin cukup sekian dulu apa yang bisa saya ulas mengenai Cara Submit Atau Kirim Blog di DMOZ Web Directory. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda semua.

4 comments

Wih, gede juga manfaat DMOZ ini.... Walaupun pemakai Mozilla, tapi aku belum pernah buka DMOZ.... :D

Coba aja mas adit, lumayan untuk optimasi seo offpage blog/web kita.

saya sudah berapa kali daftar di DMOZ, tapi bagaimana caranya kita tau apaakah diterima atau tidak...??

Waw makin banyak rejeki gan. makasih udah share web directori nya sangat bermanfaat lumayan buat nambah koleksi. hehe
Download Lagu Terbaru

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.