Panduan Cara Menjual Handphone Ponsel di OLX.co.id

Handphone atau Ponsel merupakan alat komunikasi yang paling digemari pada saat ini. Baik anak - anak, remaja, maupun dewasa pasti membutuhkan alat komunikasi yang satu ini. Tak jarang setiap orang yang memiliki lebih dari satu buah handphone itu dianggap merupakan hal yang lumrah. Berbagai tipe, jenis maupun varian handphone tersebar baik di gerai atau toko penjualan handphone maupun di toko online. Banyak alasan yang mendasari seseorang untuk menjual handphone bekasnya seperti ingin layar atau resolusi yang lebih besar, ingin merasakan membeli handphone berjenis keypad qwerty atau touch screen, pengolahan data dan management file yang mudah, karena fitur dan kecanggihan aplikasi (perangkat lunak / software) di dalamnya, spesifikasi yang mumpuni dan lain sebagainya.

Dengan berbagai pertimbangan diatas kadang kita harus mengorbankan ponsel lawas kita untuk dijual sebelum menjadi uang untuk membeli handphone yang baru. Maka dari itu situs jual beli OLX.co.id merupakan salah satu solusi atau sarana penghubung terjualnya handphone lawas kita ke calon pembeli. Melalui tulisan ini saya mencoba membantu rekan - rekan semua yang ingin menjual handphone lawas kita di OLX.co.id. Berikut ulasannya : 

1. Silahkan anda kunjungi situs olx.co.id. Jika anda belum mempunyai akun OLX anda bisa mendaftar terlebih dahulu untuk panduannya bisa anda melalui baca tulisan berikut Cara Mendaftar dan Membuat Akun Member di OLX.co.id (Tokobagus.com). Jika sudah memiliki akun silahkan klik tombol Login.

Panduan Cara Menjual Handphone (Ponsel) di OLX.co.id

2. Masukkan alamat email pendaftaran kita beserta passwordnya. Atau alternatif lainnya bisa login menggunakan facebook.

Panduan Cara Menjual Handphone (Ponsel) di OLX.co.id

3. Jika sudah masuk ke dalam halaman beranda member OLX klik tombol Pasang Iklan Gratis.

Panduan Cara Menjual Handphone (Ponsel) di OLX.co.id

4. Di dalam form pengisian keterangan yang ada saya contoh kan anda sedang menjual sebuah handphone Blackberry Davis 9220. Jadi di dalam kategori iklan anda pilih Kategori Elektronik & Gadged => Handphone => Blackberry.

Panduan Cara Menjual Handphone di OLX.co.id

5. Setelah kategori kita tentukan kini saatnya menuliskan judul iklan beserta deskripsi keterangan iklannya. Coba perhatikan gambar dan contoh berikut ini untuk lebih jelasnya :

Panduan Cara Menjual Handphone di OLX.co.id

Petunjuk Pengisian Form :
  • Tipe Iklan : Karena anda sedang mengiklan handphone anda maka pilih option Dijual.
  • Judul : Anda isi dengan tipe dan merek handphone yang anda jual.
  • Deskripsi : Anda isi dengan keterangan lengkap, kondisi serta keaadaan handphone anda.
Contoh Pengisian Deskripsi Iklan Handphone :

Dijual sebuah handphone blackberry Davis 9220 Dengan kelengkapan dan kondisi sebagai berikut :

Kelengkapan :

Unit Blackberry dan Baterai, Charger, Headset, Kabel Data, Dusbook beserta buku - buku panduan, kartu garansi. dan nota pembelian.

Kondisi :

1) Semua kelengkapan diatas masih original semua.
2) Masih Segel CTN, Garansi masih berjalan 1 tahun lagi.
3) Belum pernah rusak atau masuk tempat service.
4) Baterai masih awet (normal) tidak ngedrop.
5) Sudah terpasang anti gores hitam, bonus sebuah softcase dan MMC 4GB.

Harga : Rp. 600.000,- (Nego)

Kontak Person : Anang (085 x 743 x 882 x 999)
Lokasi : Depan Kampus UII. Jl. Kaliurang KM 14, Sleman, Yogyakarta.
Diutamakan COD. Terima Kasih.
Nb : Untuk kategori handphone di OLX.co.id sendiri, pada kolom deskripsi iklan kita tidak diperbolehkan untuk mengisi nomor handphone kita sehingga saya menggunakan jeda x pada contoh gambar dan contoh diatas.

6. Lalu lengkapi keterangan berikutnya.

Panduan Cara Menjual Handphone di OLX.co.id
  • Harga : Merupakan harga jual dari handphone bekas anda.
  • Kondisi : Merupakan kondisi keadaan handphone bekas anda.
  • Propinsi : Propinsi tempat dimana anda menjual mobil.
  • Kota : Kota tempat anda menjual mobil.
  • Upload Foto : Jangan lupa untuk mengupload foto asli dari handphone anda dari berbagai sudut (bukan foto yang anda ambil dari google atau foto penjual orang lain). Selain dalam hal kepercayaan kepada calon pembeli nantinya, hal ini juga akan berdampak pada diterbitkannya iklan anda di situs OLX ini.
7. Scroll ke bawah pada form persetujuan. Centang tulisan Saya telah membaca dan menerima semua persyaratan dan ketentuan OLX.co.id. Terakhir klik Simpan

Panduan Cara Menjual Handphone di OLX.co.id

8. Apabila mucul halaman yang bertulisakan "Terima Kasih, Iklan Anda berhasil disimpan" maka tunggulah sampai iklan di moderasi oleh pihak Tokobagus sebelum ditampilkan.

Panduan Cara Menjual Handphone di OLX.co.id
Silahkan anda bersabar untuk menunggu iklan anda diterbitkan oleh moderator OLX.co.id. Jangka waktunya bisa beberapa menit atau beberapa jam. Untukmengetahui iklan anda diterbitkan apa silahkan cek di akun OLX anda pada menu Iklan Saya. Atau bisa mengetikkan judul iklan anda di kolom search OLX sesuai dengan kota tempat anda jual handphone tersebut. Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya haturkan mengenai panduan cara menjual handphone di OLX.co.id. Kalau ada yang belum jelas silahkan isi kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

5 comments

mas, itu berarti proses transfer uang nya (kalo laku) tidak lewat olx ya? langsung transfer ke penjual ky dulu ya?

Transaksi di OLX sifatnya personal to personal (antar orang ke orang). Usahakan sebelum transaksi cari lokasi penjual yang se kota atau se wilayah. Kemudian kontak telepon atau sms nomor hp penjual, saya sarankan untuk menggunakan sistem COD (Cash on Delivery) untuk transaksi jual beli. Untuk keamanan dan kenyaman agar anda bisa cek fisik barang atau handphone secara langsung. Jangan transfer uang ke sembarang orang terlebih kita tidak mengetahui siapa dia dan rekam jejak dia. :)

Saya pernah sekali jualan hp di OLX. luar biasa, ga lama setelah saya pasang, langsung banyak respon dan akhirnya deal dengan salah seorang buyer. Saya pikir, sekarang dengan kemajuan teknologi,OLX dan toko online lain yang menyediakan jasa yang sama sangat berperan besar. Apalagi kalau brand nya sudah besar, jadi tidak perlu repot lagi. Makasi mas tipsnya

Mas, saya ingin menjual smart phone samsung saya baru di pake sehari. Saya merasa kurang cocok dengan saya, dan saya ingin menjual di olx. Bagaimana cara proses transaksinya apabila sudah menemukan pembelinya. Terima kasih

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.