Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger

Backup merupakan salah satu kegiatan atau upaya mengamankan file - file kita ke dalam suatu wadah atau tempat penyimpanan yang lain yang lebih aman. Terutama untuk file dalam suatu web hosting sekiranya harus dilakukan rutin setiap seminggu sekali atau paling lama sebulan sekali untuk menghindari penghapusan file yang dilakukan oleh pihak web hosting gratisan seperti halnya di Web Hosting Idhostinger. Karena di Idhostinger apabila file web yang kita upload disana tidak pernah kita otak atik kembali atau tidak pernah dikunjungi url subdomainnya dalam kurun waktu tertentu maka pihak Idhostinger akan menghapus file - file kita yang dittipkan disana. Baca juga : Cara Upload File Web dan Database Mysql di Idhostinger

Untuk menghindari hal tersebut sudah selayaknya kita melakukan yang namanya back up data ini.  Dan berikut ulasan selengkapnya :

1. Langkah Pertama. Kunjungi Official Site Idhostinger.com. Tentunya anda harus login terlebih dahulu menggunakan Email dan Password yang sudah di buat di Idhostinger.

Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger

2. Langkah Kedua. Sesudah anda masuk kedalam Control Panel Hosting Idhostinger (Cpanel Hosting). Di dalam navigasi menu Hosting. Anda pilih Subdomain dari aplikasi web anda yang sudah di upload di idhostiger yang akan kita back up datanya. Sebagai contoh saya akan mengambil file dari http://mahasiswaku.16mb.com.

Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger

3. Kemudian anda akan diredirect ke halaman Control Panel subdomain tersebut. Scroll ke bawah hingga anda menemukan menu File. Lalu kli Submenu BackUp.


Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger

4. Di dalam halaman tersebut. Terdapat 2 macam file untuk yang bagian atas u627100316.tar.gz merupakan isi dari file aplikasi web kita sedangkan yang satunya u627100316_mhs.sql.gz adalah database mysql kita. Silahkan anda download dua duanya.

Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger

5. Setelah ke dua file tersebut kita download maka kedua file tersebut bisa kita buka atau ekstrak. Disini saya cukup menggunaan aplikasi Winrar untuk membuka kedua file tersebut.

Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger

Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger

Melalui cara diatas anda tidak perlu repot - repot mem backup satu persatu file di dalam Menu File Manager 2. Karena dalam sekali klik file web kita akan terdownload semuanya. Mungkin cukup sekian apa yang bisa saya haturkan Cara Backup File Web dan Database MySql di Idhostinger. Kurang lebih saya mohon maaf, jika ada yang belum jelas, silahkan tulis pertanyaan atau tanggapan anda melalui kotak komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

4 comments

tentunya harus rutin ya mas backup file jika tak ingin resiko file penting kita hilang, saya mesti baca berulang-ulang sampai mengerti.. terima kasih mas

Ya sama - sama. khusus di idhostinger file yang kita hostingkan disana akan dihapus otomatis oleh sistem jika dalam kurun waktu tertentu tidak dikunjungi alias file aplikasi web nya tidak kita buka url subdomainnya. Solusinya ialahnya backup dengan sekali klik seperti yg sudah saya share diatas.

Bagus sekali posting artikel sobat kali ini, kalau saya baca tutorial diatas, caranya tak jauh berbeda dengan hosting gratis yang ada di webhosting.web.id, sebab sama sama menggunakan CPanel. salam from seowaps.com

Sangat bermanfaat sekali sob, tapi saya mau tanya. Jika akun kita di suspend bagaimana ya cara mengambil datanya

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.