Cara Menyampaikan Keluhan Komplain di Lazada.co.id & Cek Status Pengiriman

Seperti yang kita tahu Lazada.co.id atau Lazada Indonesia adalah satu gudangnya atau mall online yang hadir dengan produk - produk terbaru tentunya sangat bervariasi. Dari pakaian, elektronik, alat olahraga, smartphone dan masih banyak lainnya diperjual belikan disana. Selain memberikan biaya gratis ongkos kirim di Lazada.co.id juga sering memberikan diskon untuk beberapa atau bahkan banyak produk disana.

Cara Menyampaikan Keluhan Komplain di Lazada.co.id

Walaupun metode transaksi disana sudah cukup canggih dan sudah cukup baik. Namun keluhan demi keluhan sepertinya tetap selalu ada. Sepertinya halnya yang saya alami berikut ini :

Ceritanya beberapa waktu yang lalu saya terpilih sebagai sebagai pemenang lomba menulis artikel di Lazada.co.id. Alhamdulillah mendapatkan sebuah smartphone Lenovo A6000. Walaupun sudah pasti mendapatkan hadiah tersebut, namun ternyata usaha untuk mendapatkan juga boleh dibilang cukup menyita waktu dan pikiran. Segala upaya dilakukan kontak live chat, telepon call center, email ke email support, maupun komplain via fanspage facebook lazada hingga puluhan kali. Jujur awalnya sempat lumayan kesal juga karena yang di dapat hanyalah janji - janji dan pihak lazada yang mengadakan event terkait sangat susah dimintai kejelasan dan kepastian. Tercatat hampir dua bulan dari tanggal penerimaan hadiah bulan dari tanggal penerimaan baru dapat kepastian jika hadiah baru dikirimkan. Itupun dibantu dengan komplain berulang ulang kali. Dan sekarang ketika saya menulis tulisan ini hadiah sudah berada di genggaman tangan saya.

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, ada banyak pilihan alternatif komunikasi yang bisa dilakukan untuk menyampaikan komplain dan keluhan di Lazada Indonesia diantaranya :

1. Menghubungi Akun Facebook Fanspage Lazada.co.id 

Alamat Fanspage Lazada Indonesia adalah di link berikut. Sampaikan keluhan atau nomor order pembelian anda disana. Saya lihat yang bertugas sebagai Admin disana tidak hanya satu jadi Insya Allah apa yang anda sampaikan disana akan direspon. Untuk jangka waktunya bervariasi. Pernah dalam hitungan jam setelah saya menulis keluhan langsung direspon ada juga yang lebih dari itu namun biasanya kurang dari 24 Jam.

Cara Menyampaikan Keluhan Komplain di Lazada.co.id

Cara Menyampaikan Keluhan Komplain di Lazada.co.id

Selian menulis langsung di bagian kolom komentar, anda juga menulis komplain anda melalui Private Message Lazada Indonesia.

2. Menguhubungi Melalui Live Chat Lazada Indonesia

Live Chat Lazada akan anda temukan melalui Halaman Contact Lazada Indonesia di link berikut. Posisinya ada di pojok kanan bawah layar monitor anda. Klik Tombol Chatnya kemudian masukkan alamat email anda dan sampaikan keluhan atau nomor pesenanan barang anda disana.

Cara Menyampaikan Keluhan Komplain di Lazada.co.id

3. Menghubungi Melalui Telepon (Call Center) & Alamat Kantor Lazada Indonesia

Alamat Kantor Lazada Indonesia ada di PLAZA AGRO Lantai 8 dan 9. Jl. H.R.Rasuna Said Kav. X-2 No.1 Jakarta Selatan 12950, DKI Jakarta. Dengan nomor telepon kantornya 021 - 60206200. Jika anda memiliki pulsa lebih langsung saja hubungi call center untuk mendapatkan jawaban kepastian dan kejalasan status pengiriman pemesanan barang anda.

Cara Menyampaikan Keluhan Komplain di Lazada.co.id
Sebagai catatan Call Center dan Live Chat Lazada hanya beroperasi setiap hari dari pukul 09:00 WIB sd 20:00 WIB. Namun terkadang saya lihat untuk live chat nya sendiri masih aktif sampai dengan pukul 9 malam. Untuk hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur hanya sampai pukul 5 sore saja.

4. Menghubungi melalui alamat email support Lazada Indonesia.

Untuk kondisi tertentu semisal untuk mengupload bukti pembayaran atau tagihan anda tidak bisa menggunakan fasilitas live chat dan telepon. Untuk itu anda bisa mengirimkan file - file tersebut melalui email resmi Lazada Indonesia dengan alamat di support@lazada.co.id

5. Menulis Nomor Pemesanan Barang Melalui Website Lazada Indoensia

Jika anda sudah membeli barang di Lazada dan sudah melakukan transfer uang sebagai biaya atau harga barang, pastinya anda akan diberikan nomor order. Menu Status Order ada di bagian kanan atas website Lazada. Login terlebih ke dalam akun lazada anda kemudian masukkan nomor order nya. 



Mungkin itu sedikit pengalaman yang bisa saya share perihal cara penyampaian atau komplain di Lazada.co.id. Saya pribadi tidak menjamin dengan anda menghubungi semua kontak diatas akan mendapat jawaban yang sesuai. Karena yang saya share ini berdasarkan pengalaman saya. Mungkin jika rekan - rekan yang kebetulan sedang membaca tulisan ini mempunyai metode atau cara lainnya yang lebih praktis silahkan anda bagikan melalui kotak komentar yang tersedia.

Kalau ditanya lebih efektif yang mana, menurut saya adalah via telepon call center karena mereka tim support nya biasanya bisa memberikan solusi untuk keluhan kita secara langsung. Kalau via live chat mohon maaf kadang mereka agak susah nangkep apa yang kita keluhkan atau buruk - buruknya karena mungkin saking banyak yang komplain, saya pribadipun pernah langsung di end chat oleh CS tertentu. Terkadang juga karena beda waktu beda CS jadi kita harus menjelaskan berulang kali setiap melakukan chat.

Mungkin itu saja yang bisa saya share terkait penyampaian keluhan di lazada Indonesia. Sebagai catatan saya menulis disini dalam posisi sebagai user / pengguna / pembeli. Yang mempunyai harapan semoga Lazada Indonesia mengalami perbaikan dan peningkatan terutama dalam hal pelayanan terhadap konsumennya (after sales nya). Dari saya itu saja kurang lebihnya mohon maaf. Punya pengalaman serupa monggo silahkan sharing - sharing nya :)

187 comments

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.