Cara Memperbaiki Kesalahan Penulisan Cname di DNS Idwebhost

Sebenarnya saya sedikit agak bingung memberikan judul yang tepat untuk tulisan saya ini. Artikel ini saya buat saya tujukan bagi anda khususnya yang sedang melakukan custom domain blogger dimana Idwebhost sebagai jasa web hosting yang anda gunakan. Saya menemukan komentar dari salah satu kawan kita yang mana ketika melakukan custom domain di blogger mendapati kesalahan.  Statement yang dimaksud berasal rekan Henra Nainggolan di dalam artikel Tutorial Cara Mengganti Domain .blogspot.com Menjadi .com (Blogger Custom Domain) Idwebhost 2015


Apa itu Cname atau Alias? Kesalahan Cname seperti apa?

Menurut support google Cname adalah salah satau jenis DNS (Domain Name Server) yang digunakan untuk verifikasi kepemilikan nama domain. Jadi ketika kita melakukan pergantian domain menjadi domain TLD, kode Cname ini harus diinputkan ke dalam Cpanel domain management web hosting yang ditunjuk atau yang bersangkutan. Bentuk dari 2 kode Cname seperti berikut yang ada di dalam kotak merah :

Cname Record

Bentuk kesalahan yang terjadi seperti ini : Ketika kita menginputkan 2 buah Cname yang diberikan dari blogger di dalam Cpanel Idwebhost. Terjadi kesalahan yakni kesalahan kurang satu huruf Cname nya maupun kesalahan terkait dengan input Cname record ini lainnya. Hal tersebut ternyata sekalinya disimpan di Kelola DNS Idwebhost tidak bisa diubah dan sudah terlanjur disimpan. Mau dihapuspun tidak tersedia tombol hapusnya. Solusinya sebenarnya cukup mudah yakni sebagai berikut :

1. Silahkan login terlebih dahulu ke dalam Cpanel domain Idwebhost di member.idwebhost.com/.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

2. Lalu masuklah ke dalam halaman Manage DNS domain anda. Pilih menu Alat Pengelolaan dan Sub Menu Kelola DNS.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

3. Fokus di dalam kotak berwarna hijau di bawah. Anggap kotak hijau adalah Cname Record yang salah.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

Jika anda sudah terlanjur mengetikkan "aabbcc" dan langsung mengubahnya dengan "aabbccdd" di kolom yang ada maka ketika anda klik Simpan Perubahan, tidak akan terjadi proses menyimpan data. Solusinya ialah dengan mengosongkan kolom yang ada terlebih dahulu secara manual yakni menekan tombol backspace di laptop pada. Lalu anda klik Simpan Perubahan.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

Data Cname record yang salah otomatis akan dihapus dan anda silahkan masukkan kembali data Cname yang benar. Lalu klik kembali tombol Simpan Perubahan. Nah itu lah sedikit solving problem tentang memperbaiki kesalahan input Cname di Cpanel domain Idwebhost. Sedikit tips dari saya adalah sebaiknya ketika memasukkan data Cname dari Blogger di copy paste saja untuk menghindari kesalahan input data di dalam Cpanel domain. Semoga bermanfaat.

11 comments

sip ms infonya, smoga ketularan bisa beli TLD di IDwebHOST ...

Buruan dibeli mas, keburu nanti diambil orang lain nama domain impiannya :)

besuk yn pas ke Jogja aja ms Adit , sekalian mmpir ke office IdWebHost ... :)

Kalau lagi di Jogja mending langsung di kantornya aja setau saya bisa dibantu di settingkan sekalian. Seingat kantornya di jalan Perintis Kemerdekaan, sebelah barat kawasan Kota Gede. karena dulu saya juga pernah kesana waktu perpanjangan masa aktif domain.

Untungnya kemarin saya custom domain nggak masalah mas.Saya simpan dulu mas siapa tahu beli domain lagi diidwebhost

saya kurang begitu mengerti sama yang nama nya cname, kalo pun bikin website suka pake jasa bikin web, jadi tau jadi aja

Iya ms, kanan jln arah ke kota, do'ain aja ms Adit, moga saya cpt terealisasi beli TLDnya ...

Cname yang saya dimaksud diatas merupakan cname yang yang diberikan blogger untuk penggunanya yang ingin berganti menggunakan domain pribadi seperti .com, .net dll. Gunanya sebagai alat verifikasi dan penghubung antara blogger sebagai content management dan pengalamatan domain dari pihak web hosting yang ditunjuk. Kalau sudah pernah melakukan custom domain di blogger Insya Allah pasti paham mbak :)

wah iya nih pak kalau sudah ada kesalahan seperti itu suka bikin kepala pusing,makasih atas info yang sudah di berikan.sangat membantu sekali

hatur nuhun, kang adit... Saya ga jadi bunuh diri dech setelah bisa edit "Cname"nya #kidding soal bunuh dirinya :D

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.