Cara Memperbaiki Kesalahan Penulisan Cname di DNS Idwebhost

Sebenarnya saya sedikit agak bingung memberikan judul yang tepat untuk tulisan saya ini. Artikel ini saya buat saya tujukan bagi anda khususnya yang sedang melakukan custom domain blogger dimana Idwebhost sebagai jasa web hosting yang anda gunakan. Saya menemukan komentar dari salah satu kawan kita yang mana ketika melakukan custom domain di blogger mendapati kesalahan.  Statement yang dimaksud berasal rekan Henra Nainggolan di dalam artikel Tutorial Cara Mengganti Domain .blogspot.com Menjadi .com (Blogger Custom Domain) Idwebhost 2015


Apa itu Cname atau Alias? Kesalahan Cname seperti apa?

Menurut support google Cname adalah salah satau jenis DNS (Domain Name Server) yang digunakan untuk verifikasi kepemilikan nama domain. Jadi ketika kita melakukan pergantian domain menjadi domain TLD, kode Cname ini harus diinputkan ke dalam Cpanel domain management web hosting yang ditunjuk atau yang bersangkutan. Bentuk dari 2 kode Cname seperti berikut yang ada di dalam kotak merah :

Cname Record

Bentuk kesalahan yang terjadi seperti ini : Ketika kita menginputkan 2 buah Cname yang diberikan dari blogger di dalam Cpanel Idwebhost. Terjadi kesalahan yakni kesalahan kurang satu huruf Cname nya maupun kesalahan terkait dengan input Cname record ini lainnya. Hal tersebut ternyata sekalinya disimpan di Kelola DNS Idwebhost tidak bisa diubah dan sudah terlanjur disimpan. Mau dihapuspun tidak tersedia tombol hapusnya. Solusinya sebenarnya cukup mudah yakni sebagai berikut :

1. Silahkan login terlebih dahulu ke dalam Cpanel domain Idwebhost di member.idwebhost.com/.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

2. Lalu masuklah ke dalam halaman Manage DNS domain anda. Pilih menu Alat Pengelolaan dan Sub Menu Kelola DNS.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

3. Fokus di dalam kotak berwarna hijau di bawah. Anggap kotak hijau adalah Cname Record yang salah.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

Jika anda sudah terlanjur mengetikkan "aabbcc" dan langsung mengubahnya dengan "aabbccdd" di kolom yang ada maka ketika anda klik Simpan Perubahan, tidak akan terjadi proses menyimpan data. Solusinya ialah dengan mengosongkan kolom yang ada terlebih dahulu secara manual yakni menekan tombol backspace di laptop pada. Lalu anda klik Simpan Perubahan.

Cara Memperbaiki Cname (Alias) di DNS Idwebhost Yang Salah

Data Cname record yang salah otomatis akan dihapus dan anda silahkan masukkan kembali data Cname yang benar. Lalu klik kembali tombol Simpan Perubahan. Nah itu lah sedikit solving problem tentang memperbaiki kesalahan input Cname di Cpanel domain Idwebhost. Sedikit tips dari saya adalah sebaiknya ketika memasukkan data Cname dari Blogger di copy paste saja untuk menghindari kesalahan input data di dalam Cpanel domain. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.