Tutorial Cara Membuat & Setting Subdomain di Blogger 2015

Pada kesempatan kali ini sayang ingin berbagi tutorial kembali terkait dengan subdomain di Blogger. Bagi yang belum paham subdomain itu apa silahkan disimak ilustrasi berikut ini.

Saya memiliki personal blog dengan hosting blogger, berdomain utama www.namablog.com. Karena saya memiliki skill dibidang seo, edit template, pembuatan logo maupaun jasa yang bersifat online lainnya maka saya ingin membuat blog sendiri khusus unutk jasa online tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya sewa domain. Salah satu caranya dengan membuat subdomain dari domain www.namablog.com yakni www.jasa.namablog.com.

Sudah punya gambaran tentang apa itu Subdomain? Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Letaknya berada nama di depan domain utama. Banyak diantara rekan - rekan kita apakah bisa membuat subdomain di Blogger? Tentu bisa, namun ada 3 persyaratan yang harus dipenuhi seperti :
  1. Memiliki blog ber TLD. Baik .com, .net, org, .info dan domain TLD lainnya.
  2. Memiliki blog blogspot yang siap untuk di konfigurasi.
  3. Memiliki akses menuju Cpanel domain yang dalam hal ini saya menggunakan Web hosting Idwebhost karena saya menyewa domain utamanya disana. 
Lalu ada satu pertanyaan lagi, apakah membuat subdomain di Blogger gratis? Jawabannya, ya 100% gratis. Bayarnya ya cuma untuk domain utama saja. Sekarang sudah cukup jelas? Oke, tanpa berpanjang lebar lagi silahkan disimak langkah - langkah teknis perihal cara membuat subdomain di blogger, disini saya menggunakan Bahasa Inggris di settingan blognya, jadi silahkan anda menyesuaikan.

A. Konfigurasi / Pengaturan Di Akun Blogger Blogspot

1. Pertama, Login ke dalam akun Blogger => Masuk ke Dashboard => Pilih Menu Setting.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

2. Kemudian Klik Setup + a 3rd party url for your blog.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

3.  Isikan pada bagian Blog Address dengan alamat subdomain kita. Jika sudah klik Save.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

4.  Jika sudah di save, anda klik edit lalu checklist (mencentang) tulisan Redirect subdomain.namadomain.com to www.subdomain.namadomain.com agar domain bisa diakses baik menggunakan www maupun tanpa www. Jika anda tidak menginginkan subdomain anda diakses menggunakan www abaikan saja bagian ini.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

5. Konfigurasi di Blogger selesai. Anda coba akses nama subdomain anda dengan cara klik View Blog di address bar maka muncul tulisan redirect Anda telah dialihkan ya berarti konfigurasi anda sudah selesai untuk sementara waktu.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

B. Konfigurasi / Pengaturan di Cpanel Domain Idwebhost.

6. Kujungi Cpanel Domain di Idwebhost dengan alamat https://member.idwebhost.com/. Masukkan alamat email dan password. Klik Masuk.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

7.  Klik pada bagian Domain Aktif. Lalu pada domain anda yang akan diberikan subdomain klik tombol Kelola Domain.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

8. Pada menu yang tersedia, anda pilih menu Alat Pengelolaan kemudian pilih submenu Kelola DNS.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

10. Setelah tombol Kelola DNS diklik, maka akan muncul input form Cname dan IP Address (A Address) yang sudah terisi sebelumnya. Itu merupakan konfigurasi untuk domain utama anda sebelumnya, jangan diotak atik. Fokuslah pada kotak kosong yang saya beri warna hijau yang akan kita isi dengan konfigurasi subdomain kita. 

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Masukkan satu persatu Alamat Tujuan IPV4 (IP Address Blogspot) yakni :

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Detail pengisian kolomnya sebagai berikut :

Nama Host (diisi) : nama subdomain
Jenis Record (pilih) : A (Address)
Alamat (diisi) : 216.239.32.21  
Priority : Dikosongkan saja

Setiap selesai mengisi satu data, Anda klik Simpan Perubahan. Lakukan terus hingga ke empat IP Address terisi semua.

11. Lalu dilanjutkan untuk mengisi satu data Cname subdomain anda yakni detail pengisian sebagai berikut :

Nama Host (diisi) : www.subdomain
Jenis Record (pilih) : CNAME (Alias)
Alamat (diisi) : ghs.google.com
Priority : Dikosongkan saja

Hasil dari input data langkah 10 dan 11 lebih jelasnya bisa anda lihat dalm screenshot berikut ini :

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Sampai disini konfigurasi sudah selesai. Anda sudah bisa keluar dari Cpanel Domain Idwebhost.

C. PROSES PERGANTIAN SUBDOMAIN / RESOLVE DOMAIN

Proses pergantian subdomain ini bervariasi bisa sekitar beberapa menit, beberapa jam atau maksimalnya 1 x 24 jam. Silahkan anda tunggu hingga antara settingan di cpanel DNS dengan Hosting blogger tempat kita atur subdomainnya tadi bisa terkoneksi sehingga nantinya bisa kita akses. Salah satu contoh subdomain yang saya buat yakni di alamat jasa.aditya-web.com.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Mungkin cukup sekian yang bisa saya share mengenai Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger. Artikel ini juga sekaligus update dari artikel sebelumnya yakni Tutorial Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogger. Karena Cpanel domain di Idwebhost sudah banyak berubah baik dari sisi tampilan maupun tata letak. Sudah sewajarnya saya update kembali pada tulisan ini.

Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi rekan - rekan semua. Apabila ada dari langkah - langkah diatas yang dirasa belum jelas bisa rekan tanyakan melalui kolom komentar facebook atau bawaan blogger dibawah ini. Mohon maaf juga apabila dalam hal penyajian tutorial belum sedetail yang sobat harapkan. Tapi harapan saya dapat membantu sobat dalam membuat subdomain, terlebih baru yang pertama kali mengkonfigurasi. Selamat mencoba.

45 comments

sip dan mantab, nanti akan saya praktekkan di blog saya

berarti gak perlu sewa domain baru lagi ya mas untuk membuat subdomain?

Oke selamat mencoba & semoga berhasil :)

Sama sekali tidak perlu mas, Yang penting ketiga syarat diatas sudah terpenuhi, lalu tinggal ditambah sedikit settingan di bagian redirect url nya blogger dan di akun cpanel domain utamanya.

oiya kelebihannya subdomain ini apa ya mas

Fungsi dari subdomain yang seperti sudah saya jelaskan dalam ilustrasi di awal paragraf diatas yakni untuk membedakan fungsi atau bagian dari web alias lebih ke arah pengelompokan materi atau konten khusus dari domain utama. Contohnya mungkin mas denny pernah membuka halaman subdomain support di support.google.com isinya mengenai segala sesuatu bantuan baik aplikasi, email maupun semua bantuan layanan google tersedia disana. Kemudian pernah buka maps.google.com isinya seperti yang kita tahu menampilkan peta digital dan letak koordinat suatu tempat sesuai yang kita inginkan. Sedangkan domain utamanya ialah google.com khusus untuk mesin pencari.

Kalau ditanya kelebihan subdomain itu apa ya kita tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk melakukan pengelompokkan konten tersebut / untuk konfigurasinya gratis. Sebanyak apapun sobdomain yang kita buat.

Pembahasannya cukup lengkap dan mendetail banget nie mas, saya pernah ngalamin kesulitan cara mensetting subdomain, tapi Alhamdulillah ditempat beli domain saya tersebut CSnya sangat ramah dan responsive banget, saya yang sama sekali gak tau menau aja dipandu sampe akhirnya bisa mempunyai blog dengan doamin dot com... terimakasih mas atas ulasan yang cukup jelas dan lengkap ini :)

jadi innget dek mbiyen mas,pernah ganti sub domain yang akhirnya lupa memperpanjang,ya sudahlah sekarang pake blogcepot saja gratis tanpa biaya tahunan :D ,lebaran nang ndi mas

penjelasannya lengkap banget mas,artikel ini berguna untuk saya bila sewaktu2 nanti mau bikin subdomain diblogspot lagi

Saya baru sekali menyetting subdomain ini. Pernah satu kali. Berhasil dengan baik. Namun entah kenapa jadi lupa step step nya Hiehiehiehie. Akhirnya artikel lengkap didapat kembali di sini. Saya bookmark dulu ah hiheiheiee. Makasih ya sudah berbagi

mudah sekali ternyata ya Mas. Penjelasannya sangat mudah di pahami dan jelas. berarti kita harus mempunyai blog dulu ya mas yg mau di daftarkan subdomainnya, kemudian baru di seting yah...

makasih mas panduannya, jadi gak perlu lagi beli domain baru ya.. oya domain blogspot yang sudah berjalan lama bisakah dijadikan subdomain bagi domaindotcom baru..? ada efeknya ngga? seperti hilang artikel dan hilang iklan.. pertanyaan yg lain masih saya simpan dulu hehe.. terima kasih andai mau menjawab..

weh ide cemerlang. cukup beli satu domain aja ya. makasih kang ide cemerlangnya. bisa diterapkan nih ya

ilmu baru nih mas hehehehe tapi aku belum negitu paham dengan semua ini :( menyimak dan membaca aja dulu ya mas gapapa kan ...

Ya mas memang terkadang kalau kita ga tau caranya, CS webhosting yang kita gunakan untuk sewa domain utama adalah solusinya :D

Kok bisa lupa pie mas rip? Nek wis duwe domain kudu siap bayar tahunan :D Mampir kerumah sini mas ke mungkid. Tak jamu kupat tahu blabak :D

oke silahkan dibookmark dahulu mas kalau begitu.

Sip, sip monggo kang. Kalau ada yang ga jelas atau butuh bantuan, tinggal main - main lagi aja kesini :D

Ya betul mas. Secara garis besar kita buat blog baru satu masih dalam akun yang sama, setting dahulu pengaturan redirectnya, setting di cpanel web hostingnya, konfigurasipun selesai.

Bisa sekali mbak. Yang penting kita udah punya satu domain utama misal domainku.com, nanti blog yang satunya tinggal kita atur redirect / pengalihan domainnya di menu Setting dan juga ditambahkan sedikit konfigurasi di akun cpnael web hostingnya.

Kalau isi konten atau template tetap tidak akan hilang karena yang kita ubah hanya url nya saja. Khusus untuk iklan semisal untuk adsense kita harus mensubmit ulang ke dalam akun adsense kita untuk memberitahukan kepada google adsense jika url tempat biasanya untuk tempat naruh slot iklan sudah berubah.

Monggo silahkan di praktekan mas :)

Kebetulan saya juga punya rencana buat sub domain diblog saya mas dan saya juga beli diidwebhost.Tutorialnya rinci banget tinggal dipraktekkan langsung.

Makasih gan, akan ane coba ah, biar tambah keren

iya sih mas kesannya juga lebih pro gtu

Cobaa ah di blog gw, mudah2an lancar

tutornya lengkap banget mas sampai mata saya manggut-manggut :D
boleh dicoba suatu saat jika saya butuh :)

Oow, tk kirain harus beli domain lagi, siap2 mempraktekan dulu tutor dari ms Aditya, Semoga kasil tanjung kimpul .....

ide bagus nih. bisa bikin bberapa sub domain dong ya. tapi sayah masih pake gratisan. save dulu kalo gitu

caranya panjang juga ya mas, tapi akan mudah jika tutorialnya seperti di atas :D

Masa iya tutorial cuma setengah - setengah mas :D

Kalau dah bisa dijamin jadi pendek caranya pak :D

Langsung praktek aja mas, kalau menemui kendala sharing sharing lagi disini. Barangkali bisa dijadikan bahan diskusi :)

Ya cukup 1 domain utama, bikin subdomainnya bisa unlimited.

Asyiiikk, akhirnya selesai nih, tinggal tunggu 6 - 8 jam, semoga subdomain perdana bisa lgsung oke..

Makasi ya Mas Aditya, dari kemarin2 saya bolak balik ke tutor ini biar cepat ngerti, semenit yg lalu baru bisa di setting redirect subdomainnya.. (setelah edit2 tampilan, maklum, bebenah rumah online kedua, hihi)..

Thanks deh pokoke, mantebz tutornya, sukses ya ^_^ ..

Mas mau tanya ni. saya membuat web sklah domain sch.id . Apakah tutorial ini bisa juga untuk membuat subdomain sch.id

Numpang nanya mas misalnya saya mau buat blog sub domain jasa.namadomain.com tapi saya mau pakai hosting sendiri kira kira bisa nggak ya mas? soalnya saya mau belajar wp self host tapi tanpa beli domain lagi cukup hostingnya saja.Saya sudah punya 1 domain di ID webhost yang masih hosting di blogger

wihh mantap nih tutorial nya mas,boleh lah saya coba.ilmu yang sangat bermanfaat sekali

mantab mas tutorialnya, dipraktekin langsung jadi dan kurang dr 15menit sudah bisa diakses. thanks mas, sangat membantu

numpang tanya mas, subdomain saya hanya bisa di akses pakai www saja dan mau saya setting redirect subdomain.domain.com ke www.subdomain.domain.com agar bisa diakses tanpa www. tapi masalahnya tidak ada opsi itu adanya malah redirect domain.com ke www.subdomain.domain.com mohon solusinya mas. terima kasih sebelumnya

mau tanya, mas.
kalau misalkan subdomain untuk forwading/frame url affiliasi bisa tidak ya mas..??
sedang domain utamanya digunakan untuk blogger..

terimakasih atas jawabannya.

Terimakasih tutorialnya, sudah saya coba tinggal nunggu sinkronnya saja...

Jadi 1 blog untuk domain utama dan 1 blog lagi untuk subdomain ? total 2 blog. apa begitu suhu ? Saya bingung

Apakah itu harus punya hosting di idwebhost?

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.