Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi VGA Card

Apakah Anda sering mendengar tentang VGA Card? Apa si sebenarnya yang dimaksudkan dengan VGA Card? Tentu saja komponen yang satu ini terpasang sebuah perangkat komputer yang berhubungan dengan kualitas grafis, dimana logikanya sepertinya semakin bagus kualitas VGA Card yang terpasang pada sebuah komputer tentu saja komputer tersebut akan mampu menampilkan tampilan grafis layar yang lebih baik dan nyata. Namun untuk informasi lebih lanjutnya bisa langsung saja disimak dibawah ini.


Pengertian VGA Card (Kartu Grafis)

VGA atau juga merupakan singkatan dari Video Graphic Accelerator ini ialah sebuah komponen yang mana bisa mengolah data grafis yang nantinya untuk ditampilkan pada layar kerja monitor pada sebuah komputer, adapun disini tentunya VGA ini memiliki processor yang juga disebut dengan GPU yang merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit dan juga tentunya VGA juga membutuhkan dukungan memori RAM. Berbicara sedikit mengenai sejarahnya, VGA ini sendiri mulai dipasarkan ditahun 1987 oleh IBM, tentu mengenai standar VGA sendiri dari tahun ke tahun semakin mengalami kenaikan yang signifikan, dimana bisa kita lihat bahwa perkembangan grafis didunia komputer semakin digemari khususnya untuk dunia game dan film. VGA itu sendiri bsia diartikan juga sebagai standar grafis yang terakhir dimana diikuti oleh matoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.

Cara Kerja VGA Card

VGA sendiri memang seringkali digunakan untuk dihubungkan pada resolusi layar monitor pada komputer yang mana tentu saja VGA ini memiliki cara kerja yang bisa menerjamahkan keluaran dari sebuah komputer ke monitor.  Kegiatan dari VGA Card ini tentu akan terlihat nyata ketika Anda ingin bermain game yang membutuhkan grafis yang tinggi dan memerlukan kapasitas dan kualitas yang bagus.

Tentu jika VGA komputer Anda tidak memiliki kualitas ataupun kapasitas yang cukup dibutuhkan bermain game tersebut, tampilannya akan jelek atau tidak jernih. Akan berbeda jika kebutuhan akan VGA yang disesuaikan dengan kualitas dan juga kapasita pada game tersebut tentu tampilan gambar yang dihasilkan akan sangat bagus sekali. Terlebih lagi ketika bermain game biasa nya membutuhkan kapasitas VGA yang cukup besar dan tinggi.

Biasanya jika Anda memaksakan VGA yang kualitas nya rendah untuk bermain game yang membutuhkan grafis yang tinggi maka komputer akan error. Adapun biasanya produsen yang menyediakan VGA dengan kualitas yang baik yakni seperti ATI ataupun Nvidia serta Radeon. VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan sampai sekarang ini untuk mengantarkan sinyal video analog pada monitor. Standard VGA resminya telah digantikan oleh standard XGA dari IBM, namun pada kenyataannya VGA justru digantikan lagi oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan jika, fungsi dari VGA Card itu sendiri adalah untuk menerjemahkan atau melakukan pengubahan sinyal digital yang berasal dari komputer yang kemudian di tampilkan menjadi tampilan grafis di layar monitor komputer. Kartu VGA dipergunakan juga untuk menerjemahkan output dari komputer ke monitor dimana manfaatya adalah untuk pendukung agar performa grafis yang ditampilkan menjadi lebih baik.

Bagaimana apakah sudah cukup jelas mengenai apa itu VGA Card? Tentu saja Anda seringkali melihat kinerja VGA yang pada komputer Anda karena VGA ini selalu bekerja dan terlihat performanya ketika ingin membuka suatu game ataupun yang membutuhkan grafis yang tinggi. Lagipula dengan memiliki VGA Card yang kualitasnya tinggi tentu juga akan lebih melengkapi kinerja komputer Anda dalam memproses suatu permainan ataupun program.
Diberdayakan oleh Blogger.