5 Tips Menjaga Merawat Harddisk PC / Laptop Agar Awet & Tahan Lama

Siapa yang tidak kenal dengan hardisik komputer atau juga yang dikenal dengan hardisik drive dimana didalam dunia komputer komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk sebuah komputer. Kegunaaan hardisk sebagai mana memiliki fungsi sebagai penyimpan data sistem dan data sekunder tentu saja sangat fatal jika sampai dibiarkan rusak.

5 Tips Menjaga Merawat Hardisk PC Tahan Lama

Jika sebuah hardisk rusak tentu komputer pun tidak akan bisa menyala, mengapa demikian? Hal ini karena didalam hardisk sendiri menyimpan data sistem yang tentunya penting untuk digunakan ketika booting. Terlebih lagi jika sampai rusak harga untuk membeli sebuah hardisk pun tidaklah murah seperti komponen lainnya. Untuk itu ada baiknya jika Anda bisa merawat sebuah hardisk didalam komputer Anda.

Untuk itu kali ini ada beberapa tips untuk merawat hardisk komputer supaya tahan lama yakni sebagai berikut ini:

1. Perhatikan Arus Listrik

Cobalah selalu perhatikan arus listrik pada komputer Anda yang mana dalam hal ini selalu periksa apakah arus listrik berjalan dengan stabil? Aliran listrik tentu merupakan musuh terbesar dari hardisik yang mana jika sampai arus listrik yang terhubung dengan komputer Anda tidak stabil, hardisk bisa mengalami kerusakan. Terlebih lagi jika ada terjadi pemadaman secara mendadak hal ini juga bisa merusak dalam waktu yang cepat

2. Matikan Komputer Sesuai Prosedur

Matikan komputer ketika sudah selalu pemakaian dengan cara yang benar, dalam hal ini ada baiknya jika Anda bisa mengikuti prosedur yang benar ketika ingin mematikan sebuah komputer jangan sampai dimatikan dengan cara yang paksa. Terlebih lagi tunggu dan selalu menutup program yang sudah tidak terpakai ketika ingin mematikan komputer supaya proses shut downnya berjalan dengan cepat.

3. Lakukan Defragment Harddisk

Rajinlah untuk selalu melakukan defrag pada hardisk secara berkelanjutan dan berkala, dalam hal ini bisa dilakukan dengan scandisk yang mana bisa untuk mengecek keadaan hardisk Anda sedang mengalami kerusakan atau tidak. Adapun defrag ini memiliki keguaan untuk penataan ulang sektor file yang rusak, track dan juga cluster pada hardisk. Tentu saja hal ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.

4. Jaga Suhu Harddisk Tetap Stabil

Jangan biarkan suhu Harddisk terlalu panas, agar harddisk tidak panas anda harus menjaga suhu CPU anda tetap sejuk dan jika anda menggunakan Notebook bisa menggunakan cooling fan. 

5. Hindari Guncangan Berlebih

Hindari guncangan, biasanya laptop sering dibawa berpergian hingga sering terjadi gunjangan. Guncangan ini yang sering menimbulkan goresan pada jarum dengan magnetic disknya. Dampaknya pada kecepatan pembacaan datanya menjadi berkurang. Agar tidak terjadi guncangan di laptop anda sebaiknya anda menggunakan tas khusus untuk menyimpan laptop Anda.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa dibagikan pada postingan kali ini mengenai tips untuk merawat hardisk laptop supaya tahan lama dan awet. Semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa bermanfaat untuk Anda dalam merawat hardisk komputer .

4 comments

Kalau terlalu sering nge-defrag hardisk berbahaya nggak Mas?

Fungsi defragment harddisk sendiri selain untuk menjaga harddisk kita terhindar dari yang namanya error atau bad sector / membetulkannya jika bad sector sudah terjadi. Data yang tersimpan dari harddisk juga akan tertata kembali ke dalam sector yang semestinya, akibat dari perlakukan management file selama ini kita simpan seperti menghapus file, memindah file, install ulang program, buka tutup program, aplikasi not responsding dsb.

Kalau dibilang bahaya sih tidak, cuma alangkah baiknya defragment harddisk dilakukan dua atau tiga saja dalam sebulan. Tentunya menyesuaikan dengan instensitas pemakaian harddisk tersebut.

Kunjungan perdana ni mas..tips yg sangat membantu ni mas, terima kasih. salam kenal,

Pantesan harddisk saya mati, setelah dibawa berpergian mungkin karena tergunjang ganjung,,

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.