Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Halo sobat, bagi kalian para pecinta otomotif pastinya udah ga asing lagi dong sama website yang satu ini? Yup Mobil123.com adalah salah satu raksasa portal otomotif di Indonesia, tentunya bagi sobat yang suka liat-liat mobil atau cari-cari mobil impian di internet mungkin sudah pernah mengunjungi website ini ya.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com
Kalau di antara sobat ada yang ingin membeli mobil baru atau bekas, sobat bisa mengunjungi website Mobil123.com untuk melihat mobil-mobil baru ataupun bekas yang dijual oleh berbagai tipe penjual (misalnya dealer, private seller, dll). Kalau sobat juga ingin menjual mobil bekas yang masih layak pakai, sobat bisa menjualnya dengan memasang iklan di mobil123.com, secara gratis. Bagaimana caranya? Mudah kok, akan saya pandu dan beritahu langkah-langkahnya. Simak penjelasan berikut ini :

1. Daftar Membuat Akun Terlebih Dahulu

Kalau ingin membuat iklan di mobil123.com, sobat harus daftar terlebih dahulu. Caranya gampang banget kok, tinggal kunjungi websitenya lalu klik menu daftar di bagian kanan atas.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Setelah menekan tombol daftar, silahkan sobat isi form pendaftarannya.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Sebenarnya bisa daftar melalui facebook ataupun google+, namun kali ini saya akan mendaftar dengan cara manual. Di halaman tersebut ada pilihan tipe profil, disini sobat bisa memilih apakah sobat menjual mobil sebagai private seller, broker, sales agent, atau dealer. Perlu diketahui bahwa jika sobat menjual sebagai dealer, sobat juga harus menyiapkan data perusahaan seperti nama, alamat perusahaan, dll., namun disini saya hanya mendaftar sebagai broker. Broker dan private seller tidak membutuhkan data perusahaan sehingga mendaftarnya cenderung lebih mudah. Setelah mengisi form di halaman tersebut, klik tombol buat akun di bagian bawah halaman.

2. Aktivasi dan Verifikasi Akun

Setelah sobat submit form pendaftaran tadi, akun sobat perlu diaktivasi agar aktif. Caranya mudah, sobat tinggal masuk ke email sobat dan seharusnya mobil123.com telah mengirim email kepada sobat bahwa sobat telah membuat akun, dan mobil123.com akan memberikan link kepada sobat untuk aktivasi akun. Sobat tinggal klik saja link aktivasi akunnya dan akun akan langsung aktif. Namun kalau ternyata belum dapat emailnya, sobat bisa telpon langsung ke costumer servicenya. Walaupun sudah aktif akun sobat belum terverifikasi. Biasanya CS mobil123 akan menghubungi sobat lewat telpon dan akan meminta sobat untuk memverifikasi akun.

Apa itu terverifikasi? Dan kenapa harus terverifikasi?

Jadi, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan bagi para pembeli, mobil123.com menggunakan sistem yang mengharuskan para penjualnya untuk memverifikasikan identitas mereka. Nah untuk tipe penjual broker, cara agar akunnya terverifikasi adalah dengan cara mengirimkan fotokopi KTP ke email mobil123.com. Sedangkan untuk private seller lebih mudah, anda tidak perlu mengirim KTP, melainkan hanya verifikasi lewat nomor telepon saja. Kalau dealer atau sales agent saya belum tahu karena saya hanya daftar sebagai broker.

Apa yang terjadi jika akun belum terverifikasi?

Kalau akun belum terverifikasi, iklan sobat tidak akan tayang walaupun sudah dibuat. Kalau sudah terverifikasi berarti akun sobat sudah siap untuk membuat iklan. Tampilan dasbor akunnya akan seperti di bawah ini.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

3. Mulai Menjual & Membuat Iklan Mobil

Akun sobat sudah aktif dan terverifikasi, sekarang saatnya mulai membuat iklan. Caranya juga gampang dan cepat loh. Pertama klik tombol buat iklan pada menu di bagian kiri halaman dasbor, seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Kemudian sobat akan masuk ke halaman pembuatan iklan mobil. Silahkan sobat buat iklan mobil sesuai yang diinginkan, caranya juga mudah dan cepat. Ikuti saja langkah-langkahnya.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Gambar di atas menunjukan adanya fitur auto description di mobil123. Jadi penjual cukup mengklik salah satu kondisi di kotak sebelah kiri, nanti akan muncul deskripsi otomatis di kotak sebelah kanan. Hal ini dapat mempercepat dan mempermudah penjual dalam membuat iklan.

PENTING : Usahakan semua data yang tertera diisi dan jangan ada yang dilewatkan agar iklan dapat ditayangkan oleh moderator. Setelah selesai di bagian detil mobil, silahkan klik tombol “berikut” di bagian kanan bawah halaman untuk menguggah foto mobil sobat.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Silahkan sobat menguggah (upload) foto mobil sobat disini. Usahakan foto yang sobat unggah adalah foto asli mobil sobat, jangan mengambil dari google atau kopas dari iklan lainnya. Hal ini agar menambah kepercayaan pada pembeli.

PENTING : sobat setidaknya harus mengupload foto minimal 2 foto mobil sobat. Bagian yang paling utama adalah bagian depan dan bagian belakang, agar iklan dapat ditayangkan. Setelah selesai menggugah foto, silahkan klik tombol preview iklan untuk melihat preview iklan sobat.

Kalau dirasa sudah oke, silahkan klik buat iklan di bagian kanan bawah halaman untuk finalisasi iklan sobat.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Yak setelah itu akan muncul gambar di atas. Sebelum iklan sobat muncul, terlebih dahulu harus dimoderasi oleh pihak mobil123, setelah proses moderasi selesai iklan sobat akan muncul secara otomatis.

Cara Membuat Iklan & Menjual Mobil Gratis di Mobil123.com

Gambar di atas adalah iklan yang sudah dimoderasi dan sudah tayang. Nah selanjutnya silahkan tunggu sampai ada yang menghubungi sobat. Namun akan lebih baik lagi jika sobat juga mempromosikan iklan mobil sobat di jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan yang lainnya agar iklan sobat lebih banyak dilihat orang.

Bagaimana? Mudah kan untuk membuat iklan/menjual mobil di mobil123.com? Selain itu juga mobil123 menggunakan sistem verifikasi sehingga transaksi antar penjual dan pembeli menjadi lebih aman. Demikianlah tutorial tentang cara membuat iklan/menjual mobil secara gratis di mobil123.com. Semoga artikel ini dapat menjadi manfaat untuk sobat.

Note : Ini Merupakan Artikel Review. Artikel Yang Dipesan Sponsor Untuk Mempromosikan Produk / Jasanya. Segala Bentuk Yang Ditimbulkan Dari Materi Tulisan Diatas Sepenuhnya Menjadi Tanggung Jawab Sponsor Terkait & Bukan Dari Pengelola Blog Aditya-Web.com. Tertarik Dengan Pembuatan Artikel Review Seperti Diatas, Hubungi Saya Melalui Halaman Jasa Review Berikut. Terima Kasih.

2 comments

Saya kenal situs itu karena sering terlihat di beranda fb,,lengkap sekali caranya dan sulas ditambah dengan gambarnya yang akan lebih memudahkan bagi yang ingin menjual kendaraannya

Iya mas namanya juga artikel tutorial ya kudu selengkap mungkin dipaparkan. Barangkali sampean meh jual mobil 2nd langsung otw aja ke mobil123.com mas :)

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.