Pengaruh Baterai Laptop Terlalu Sering di Lepas Ketika Digunakan

Banyak sekali yang mungkin beranggapan bahwa ketika melepas baterai laptop, bisa membuat baterai laptop sendiri lebih awet dan terjaga. Namun tentu saja hal tersebut juga bisa mengakibatkan efek buruk untuk si Laptop sendiri. Adapun dengan mengistirahatkan baterai bisa diterima secara logika bahwa baterai akan bisa bertahan lebih lama.


Sebenarnya ketika melepas baterai laptop pun akan dihubungkan langsung dengan listrik yang mana nanti jika listrik mati maka laptoppun akan seketika. Hal ini jika dibiarkan terus menerus maka tidak akan berakibat baik untuk kesehatan sistem laptop dan mesinnya. Belajar dari pengalaman tentu saja, kali ini saya ingin membagikan sedikit tips mengenai bagaimana efek untuk laptop ketika baterainya sering dilepas. Dibawah ini ada beberapa efek laptop yang baterainya sering dilepas yakni sebagai berikut:

1. Laptop Akan Sering Hang dan Performanya Lemot

Hal ini tentu saja bisa Anda lihat dari arus listrik yang mana juga bisa seringkali tidak stabil, jika Anda melepas baterai tentu laptop akan terhubung langsung dengan arus listrik tersebut, hal ini tentunya ketika arus listrik tidak stabil atau mati, laptop pun akan mati secara mendadak sama halnya seperti komputer. Jika sering dibiarkan seperti ini, maka sistemnya kana crash sehingga yang ada laptop akan sering hang dan terjadi kerusakan ataupun bisa menimbulkan kinerja laptop yang menjadi lemot dalam memproses suatu aplikasi. Selain itu juga tentu umur Laptop tidak akan bertahan lama mengingat kerusakan pada sisten bisa juga merusak komponen hardware nya yang jika diservis bisa memakan biaya yang tidak murah.

2. Berpotensi Merusak Komponen Yang Ada di dalam Laptop

Hal ini tentu cukup jelas, karena jika laptop sering mati secara mendadak bisa merusak komponen yang terhubung langsung dengan daya listrik. Seperti hardisk, layar LCD keyboard dan juga kapasitornya. Dimana semua komponen itu membutuhkan biaya yang besar ketika Anda ingin memperbaikinya. Untuk itu sebaiknya bisa Anda jaga mulai dari sekarang supaya bisa menghindari kerusakan komponen seperti itu.selain itu juga dengan menjaga daya baterai bisa membantu merawat dan menjaga komponen laptop secara berkala.

3. Merusak Daya Baterai Laptop

Ide yang mungkin Anda pikirkan memgenai jika baterai laptop dilepas bisa membuat baterai laptop awet bisa Anda buang dari sekarang, karena dengan melepas baterai justru juga malah membuat daya serap baterai tidak berjalan dengan baik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan baterai bisa membeku jika tidak digunakan dalam waktu yang lama, dan ketika sudah membeku daya serap baterai tidak akan bekerja secara optimal lagi. Tidak hanya itu saja justru bisa berakibat baterai tidak bisa menampung energi sama sekali sehingga ketika melakukan pengecasan baterai tidak akan menyerap daya arus listrik yang masuk, sehingga sama seperti tidak memakai baterai.

4. Sebaiknya Jangan Terlalu Lama

Bagi kamu yang tetap ngotot ingin melepas baterai laptopnya ketika kamu menggunakannya, maka jangan biarkan baterai dibiarkan lebih dari tiga hari. Contohnya setelah tiga hari disimpan dan kemudian gunakan kembali baterai laptop tersebut, beberapa hari kemudian lepas lagi dan begitu seterusnya. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada baterai dan dapat menghindari kerusakan pada sisitem maupun komponen dalam laptop. Selanjutnya kamu dapat menggunakan ups ketika tidak menggunakan baterai.

Jadi itulah beberapa efek jika baterai laptop sering dilepas, sebaiknya mulai dari sekarang bisa lebih peduli lagi terhadap penggunaan baterai laptop karena ini penting sekali untuk memiliki laptop yang bisa dipakai dalam waktu yang lama ketika dibawa pergi, karena kelebihan laptop sendiri yakni bisa dipakai dimana saja.

3 comments

Makasih ya infonya. tapi yang namanya baterai pasti ada umurnya lama kelamaan pasti rusak krn umur.

Saya juga sering ngelakuin ini mas, kata temen biar awet baterai, tapi malah merusak komponen laptop ya,,

Saya juga sering dilepas mas, sama saya juga saran dari temen dan alsannya pun sama,,

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.