5 Tips Wisata Murah Ketika Berada Di Yogyakarta

Yogyakarta terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Beraneka ragam pesona wisatanya baik wisata budaya, sejarah maupun alamnya serasa tak akan habis untuk kita explorer. Berwisata di kota pelajar ini, Anda tidak perlu khawatir akan besarnya budget yang anda keluarkan selama liburan.

5 Tips Wisata Murah Ketika Berada Di Yogyakarta
Tugu Jogja

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa Jogja merupakan surganya tempat wisata murah meriah karena biaya hidup di Jogja sendiri tergolong cukup murah bila dibanding dengan kota - kota besar lainnya. Supaya lebih lengkap saya akan berbagi tips supaya liburan anda di Jogja menjadi lebih nyaman dan hemat, berikut ulasannya.

1. Cari Tempat Penginapan Murah

Asalkan anda mau bersabar mencari, Anda bisa menemukan beberapa Hotel di Jogjakarta yang menyediakan fasilitas standar penginapan dengan kisaran harga 50 sd 100 ribu per malamnya. Sebagai referensi bisa anda Cek Disini. Karena sejatinya fungsi penginapan tersebut ialah hanya untuk menaruh barang dan tidur saja selama anda di Jogja. Maka akan lebih bijak bilamana memilih hotel dengan fasilitas standar saja, bukan begitu?

2. Cari Tempat Makan Di Sekitar Area Kampus

Untuk urusan konsumsi perut, anda tak usah bingung mencari dimana lokasi makanan murah meriah namun tanpa harus mengurangi kenikmatan cita rasa makananan itu sendiri. Solusinya cukup anda hunting kuliner di sekitar area kampus di Jogja. Kita tahu yang namanya mahasiswa terlebih notabene anak kos - kosan, budget yang dimilikinya tidak terlalu besar. Carilah makan di sekitar area kos atau kampus seperti UNY, UGM, UPN, UTY, UII dan area kampus lainnya di Jogja. Dijamin harga yang anda dapatkan tak akan menguras isi dompet anda.

3. Gunakan Trans Jogja mengeksplorasi area Kota Jogja

Jika anda ingin mengunjungi objek - objek wisata di dalam are kota Jogja, gunakan saja fasilitas Trans Jogja sebagai alat transportasi. Untuk sekali perjalan anda cukup merogoh kocek sebesar 2000 - 3000 rupiah saja. Dengan rute yang melalui spot - spot wisata seperti Monumen Jogja Kembali, Tugu Jogja, Benteng VreDeBurg, Malioboro, Kebun Binatang Gembira Loka dll.

4. Objek Wisata Murah

Untuk menikmati spot - spot wisata di Jogja anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tempat wisata pegunungan seperti Kaliurang atau Cangkringan (Tempatnya Mbah Marijan) anda hanya cukup mebayar biaya retribsi sebesar 10 ribu rupiah saja. Begitu pula bila anda ingin pergi kepantai seperti Parangtritis, Baron, Krakal, Sundak, Kukup anda umumnya hanya dikenakan biaya retribusi sebesar 5 sd 10 ribu rupiah saja. Di tempat wisata sejarah seperti benteng peninggalan jaman Belanda seperti Benteng VreDeBurg atau Taman Sari tempat istirahat para raja - raja Mataram jaman dahulu, Anda hanya dikenakan biaya masuk 5 sd 10 ribu rupiah saja. Cukup Murah Bukan?

5. Membeli Souvenir Serba hemat

Memang suatu kewajiban bilamana datang ke Jogja tanpa membawa cindera mata baik itu dalam bentuk makanan, pakaian maupun pernak pernik souvenir lainnya. Seperti halnya bakpia patuk, gudeg kaleng, kaos dagadu, baju batik dll. Di Jogja oleh - oleh semacam itu bisa anda dapatkan dengan harga murah meriah asalkan anda juga pandai dalam tawar menawar. Tipsnya usahakan ajak teman atau saudara anda yang bisa berbicara menggunakan bahasa Jawa supaya para pedagang mengira bahwa anda juga orang sekitaran Jogja sehingga ketika proses tawar menawar harga anda tidak diberikan harga yang terlampau tinggi.

Itulah beberapa referensi tips wisata murah di Jogja yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Memang tidak mencakup semua hal karena untuk menceritakan tentang Yogyakarta itu sendiri tidak cukup hanya dengan satu halaman blog saja. Semoga liburan di Jogja anda semakin berkualitas tanpa harus menghabiskan banyak biaya.

9 comments

Wih jogja nih, lumayan infonya buat nanti klo kesana. makasih ya

jogja selalu jadi tempat menyenangkan tuk dikunjungi..tenang suasananya dan asyik

Ini bisa jadi tips untuk nanti kalau-kalau ada kesempatan buat pergi ke jogja, thank you mas adit :)

artikel dan web yang sangat menarik, dan bisa jadi pengetahuan, dan di perbanyak lagi artikel-artikelnya.. terima kasih..

jogja memang banyak obyek wisata murahnya, selain itu pantai2nya jg bagus2

Kalau libur panjang ke Jogja lagi ahh :D

Tipsnya ok banget, lumayan buat menghemat,,,

Panduannya ok banget nih, siapa tau bisa berlibur ke jogja,,,

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.