5 Tips Menjaga Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama

Banyak pengguna laptop mengeluh akibat baterai cepat habis atau soak. Hal ini umumnya terjadi karena penggunaan secara terus menerus dengan kondisi masih dalam melakukan pengecasan / terhubung dnegan arus listrik. Hal ini tentu merupakan salah satu faktor yang juga bisa menjadi penyebab baterai laptop cepat rusak atau soak. Walaupun tidak akan merusak Laptop namun tetap saja dengan baterai yang cepat habis atau soak bisa mengurangi kinerja Anda untuk memakai Laptop, terlebih lagi jika ingin dibawa pergi. 

5 Tips Menjaga Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama

Adapun untuk menghindari hal tersebut sebaik bisa mulai mencoba merawat baterai yang mana dibawah ini ada beberapa tips cara merawat baterai laptop supaya tetap awet dan juga tahan lama sebagai berikut:

1. Gunakan Laptop Ala kadarnya

Anda harus bisa membedakan Laptop dengan komputer, kalau komputer Anda bisa menggunakan nya dalam kurun waktu yang lama karena terhubung langsung dengan arus listrik sedangkan laptop hanya mengandalkan baterai jadi tidak cocok untuk digunakan dalam waktu yang lama seperti bermain game online ataupun dibiarkan browsing seharian. Sebaiknya menggunakan Laptop untuk melakukan kegiatan yang efektif saja dan jika sudah bisa dimatikan lalu dicas hingga penuh, sebaiknya dalam melakukan pengecasan Laptop dalam keadaan mati sehingga arus listrik yang masuk ke Laptop bisa lebih diserapkan dengan baik oleh baterai

2. Pakailah diruangan yang suhunya tidak panas

Ketika menggunakan Laptop sebaiknya Anda pastika ruangan tidak panas atau dalam kondisi yang normal, namun lebih bagusnya lagi jika didalam ruangan yang memiliki AC supaya laptop tidak cepat panas. Walaupun Laptop sendiri memiliki cooling pad namun tidak akan cukup untuk selalu menjaga suhu panas ketika penggunaan nya.

3. Jangan biarkan baterai Laptop 0%

Hal ini sering terjadi ketika menggunakan laptop dipakai hingga baterai lowbat, hal ini tentu saja tidaklah bagus untuk baterai laptop sendiri. Sebaiknya jika baterai sudah mencapai 10% bisa langsung mematikan laptop dan mengecasnya. Jangan lupa jika lampu indikator sudah menunjukan baterai laptop sudah penuh langsung cabut kabel chargernya

4. Jangan menghidupkan laptop ketika sedang di charger

Hal ini seringkali dilakukan oleh sebagian besar pengguna Laptop yakni mengecas nya ketika dalam posisi sedang dipakai atau hidup, ini tentu akan merusak baterai yang mana jika semakin lama dibiarkan semakin kurang daya serapnya sehingga baterai bisa cepat lowbat, dan juga sebaiknya Anda bisa melihat tegangan listrik ketika mengecas Laptop, karena jika tidak stabik bisa membuat adaptornya rusak.

5. Atur Tingkat Keterangan Cahaya Layar

Anda bisa menghemat baterai lebih lama dengan mengatur tingkat kecerahan layar yang bisa disesuaikan jika Anda berada ditempat yang terang sebaiknya bisa gunakan layar yang redup saja, hal ini bisa membantu menghemat baterai.

Sangat mudah bukan sebenarnya cara merawat baterai laptop. Hanya saja semua berawal dari kita sendiri apakah kita mau melakukan hal tersebut untuk kepentingan kita sendiri untuk merawat laptop kesayangan kita. Jika anda sudah mengetahui bagaimana caranya maka saat ini saatnya ada menjaga laptop anda agar tetap awet dan tahan lama. Jadi itulah beberapa Tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama.

6 comments

yang paling susah yg no 1 gan, apalgi kalau lagi seru maen game. salam kenal by paket umroh november

Terima kasih tipsnya mas Aditya, saya sudah pernah satu kali ganti Baterai laptop, dengan tips ini semoga baterai saya bisa lebih awet,,

Saya paling sering menghidupkan laptop ketika sedang di charger, ternyata itu tidak baik buat baterai,,

Pantesan baterai laptop saya cepet lemah suka biarkan baterai Laptop 0%,,

wahhhh jdi antara keterangan di atas yang amat susah ya point nomer 1 dan 4 .....makasih infonya

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.