Mengenali Berbagai Gejala Alergi Susu Pada Anak

Kandungan nilai gizi yang tinggi pada susu ternyata tidak membuatnya menjadi minuman yang cocok dikonsumsi oleh siapa saja, banyak juga anak-anak yang tidak menyukai, bahkan mengalami alergi saat mengkonsumsinya. Jadi alergi susu pada anak ternyata tidak hanya dialami oleh segelintir anak kecil saja tetapi banyak juga anak kecil di luar sana yang mengalami alergi. Apalagi untuk anak yang mengalami alergi susu biasanya juga mengalami alergi terhadap jenis susu yang lainnya, misalnya susu kedelai sehingga bagi orang tua hal ini tentunya akan sangat mengganggu akan masukan nilai gizi yang maksimal untuk anak.

Mengenali Berbagai Gejala Alergi Susu Pada Anak

Alergi susu pada anak juga menjadi salah satu jenis alergi yang banyak terjadi dan populer, anak yang terkena alergi ini biasanya terjadi pada usia awal yaitu sekitar usia tiga tahunan. Reaksi dari anak yang mengalami alergi susu bisa terjadi setelah anak tersebut mengkonsumsi susu tersebut setelah beberapa menit atau jam. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini berbagai gejala yang sering terjadi pada anak yang mengalami alergi susu.
  1. Anak mengalami bintik merah. Berbagai bintik merah akan timbul pada anak yang mengalami alergi susu setelah ia mengkonsumsinya. Selain itu bintik merah ini juga diikuti dengan adanya rasa gatal yang membuat anak menjadi terganggu.
  2. Mengalami napas yang sesak. Napas yang sesak sehingga sulit sekali untuk bernafas juga bisa menjadi gejala dari anak yang mengalami alergi susu. Untuk hal ini penanganan yang tepat perlu sekali diperhatikan.
  3. Mengalami muntah-muntah. Setelah anak mengkonsumsi susu, maka jika itu alergi baginya akan terjadi juga muntah-muntah dari anak tersebut. Terutama dari minuman susu yang baru dikonsumsinya.
  4. Mengalami kotoran yang encer serta mengandung darah. Untuk anak yang alergi pada susu dengan waktu yang lama dan terus dibiarkan juga bisa mengalami buang air besar yang encer bahkan mengeluarkan darah. Hal ini dapat mengganggu akan kesehatan anak, karena anak mengalami diare dan juga kram perut.
  5. Mengalami hidung atau mata berair. Anak yang alergi susu juga bisa dilihat dari gejala alergi pada bayi seperti di mata atau hidungnya yang terus mengeluarkan air.

2 comments

Ilmu kaya gini nih yang harus dipelajari sebelum nikah kaya saya,,hehe

Memang harus waspada saat memberikan makanan bergizi atau susu pada anak/bayi, kasus yang seperti ini adalah fatal bagi kesehatan anak jika tidak cocok dengan susu yang di berikan, menurut pendapat saya ASI adalah tetap yang terbaik.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.