Perbedaan Antara Media Promosi Brosur dan Pamflet

Promosi merupakan suatu kegiatan pemasaran yang dapat dilakukan dimana saja dan melalui media apa saja. Banyak jenis promosi yang dapat diterapkan dalam usaha yang Anda miliki.

Meskipun kini teknologi sudah sangat maju dan berkembang, dimana segala hal dapat dilakukan dengan cepat dan praktis termasuk dalam berpromosi. Namun promosi secara konvensional seperti menyebar brosur dan pamflet masih menjadi favorit banyak orang.


Anda tertarik menggunakan brosur atau pamflet untuk berpromosi? Jangan terburu-buru karena sebaiknya Anda mengetahui perbedaan keduanya terlebih dahulu.  

Brosur

Brosur sendiri adalah media promosi yang cukup efektif untuk promosi. Efektif karena brosur tidak memerlukan biaya pembuatan yang terlalu besar namun mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Pilih Brosur atau Pamflet? Contoh brosur haji dan umroh
Contoh Brosur 1 : Penawaran Paket Haji Dan Umroh

Contoh Brosur 2 : Penggalangan Donasi atau Sedekah
Contoh Brosur 2 : Penggalangan Donasi atau Sedekah

Brosur juga biasanya terdiri lebih dari 4 halaman tergantung dengan keperluan masing-masing usaha untuk berpromosi.

Dengan cukup besarnya space yang ada dalam brosur, membuat Anda lebih leluasa untuk mendeskripsikan produk atau jasa yang Anda jual, termasuk kekurangan dan kelebihan produk juga bisa Anda jabarkan dalam brosur. Dalam pembuatan brosur Anda juga leluasa untuk menentukan desain atau layout yang Anda inginkan. Buat desain semenarik mungkin agar brosur Anda dibaca oleh orang.

Pamflet

Sedangkan Pamflet atau biasa yang disebut selebaran adalah bentuk sederhana dari sebuah brosur. Perbedaan antara brosur dan pamflet terletak pada isi yang tertera di dalamnya. Jika brosur manampilkan deskripsi hingga kelebihan produk, maka selebaran hanya menampilkan sesuatu yang bersifat sementara. Pamflet umumnya sering terdiri dari satu lembar halaman informasi.

Dengan kata lain pamflet hanya digunakan dalam waktu-waktu tertentu seperti saat ada promo cuci gudang, event-event perayaan hari besar, promo grand opening toko ataupun event-event tertentu lainnya.

Pilih Brosur atau Pamflet? Contoh Pamflet try out seleksi masuk universitas
Contoh Pamflet 1 : Try Out Seleksi Masuk Universitas

Contoh Pamflet 2 : Pendaftaran Mahasiswa Pecinta Alam

Sifat pamflet yang sementara dan harus segera disebarkan kepada konsumen inilah yang membuat pamflet tidak memerlukan biaya yang mahal. Kertas yang dipakai untuk pamflet pun biasanya adalah lebih murah. Kelebihan pamflet di segi harga ini memang setimpal dengan kekurangannya yaitu tidak dapat digunakan dalam setiap kesempatan.

Jadi menurut Anda, media promosi mana yang lebih tepat untuk usaha Anda? Brosur atau pamflet?
Diberdayakan oleh Blogger.