5 Pertimbangan Penting Sebelum Memulai Bisnis Online

Apabila Anda merasa bekerja sebagai pegawai membosankan, mungkin saatnya Anda mempertimbangkan untuk mejadi seorang boss. Memang benar, memulai usaha sendiri tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Akan tetapi, dengan perkembangan pesat di dunia online, banyak peluang baru yang dapat diraih oleh calon wirausaha.

5 Pertimbangan Penting Sebelum Memulai Bisnis Online

Baik itu usaha online ataupun tidak, unsur utama yang dimiliki dalam sebuah bisnis masih tetap serupa. Oleh sebab itu, untuk membantu mencapai kesuksesan di masa depan dari sebuah bisnis online baru, tidak ada salahnya Anda memperhatikan 5 pertimbangan penting berikut.

1. Ide Usaha (Business Idea)

Ide Usaha Untuk Bisnis Online (Business Idea)
Ilustrasi : Ide Usaha Untuk Bisnis Online (Business Idea)

Menentukan ide usaha adalah pondasi terpenting dari bisnis yang akan Anda bangun. Hal ini disebabkan, karena ide usaha mempengaruhi segala faktor dalam bisnis, termasuk infrastruktur, strategi, proses pengembangan, hingga masa depan dari usaha itu sendiri.

Sebuah ide usaha yang bagus adalah ide yang unik berdasarkan dari kemampuan diri sendiri. Karena melaksanakan sesuatu yang disukai akan mempermudah pekerjaan apapun, sama halnya dengan berbisnis. Dengan mengetahui kemampuan diri sendiri dan memanfaatkan kreativitas ide yang menarik, bisnis Anda tersebut akan menjadi unik dan menonjol di pasarannya.


Umumnya, usaha yang sukses memiliki cerita sendiri dibalik kreasinya. Walau Permintaan pasar memang memegang peran penting dalam usaha, namun kemampuan menggabungkan keunikan ide bisnis Anda dengan selera pasar, itulah yang membedakan usaha yang berhasil dengan usaha gagal.

2. Perencanaan Usaha (Business Plan)

Perencanaan Usaha Bisnis Online (Business Plan)
Ilustrasi : Perencanaan Usaha Bisnis (Business Plan)

Setelah menentukan ide usaha, maka perencanaan usaha wajib dilakukan. Perencanaan usaha ini termasuk dalam proses penentuan visi dan misi usaha, strategi, arah/tujuan bisnis dan cara pengaturan operasi bisnis dari hari ke hari. Hanya dengan memiliki perencanaan yang matang, bisnis online Anda dapat berjalan lancar. Karena, perencanaan dapat meminimalkan potensial kesalahan dan masalah di masa depan.

Perlu diperhatikan, dalam penentuan perencanaan ini, semuanya akan terkait dengan modal usaha. Jadi, apabila Anda menggunakan pinjaman bank sebagai salah satu sumber modal contohnya KTA BCA, maka perencanaan yang tidak matang dapat mempengaruhi arus kas (cash flow) di bisnis. Karena bank BCA akan menagih cicilan setiap periodenya.

Perencanaan usaha yang matang disarankan juga untuk memiliki sifat yang fleksibel. Dimana rencana dapat berubah tergantung dengan kondisi pasar. Sehingga, bisnis dapat beradaptasi dengan mudah dengan perubahan lingkungan pasar dan tidak terpaku strategi yang tidak efisien.

3. Riset Pasar (Market Research)

Ilustrasi : Riset Pasar Bisnis (Market Research)

Sebelum memulai bisnis online, setidaknya pastikan Anda mengenali siapa yang akan Anda hadapi. Baik itu calon pelanggan/konsumen ataupun kompetisi/pesaing. Langkah bijak sebelum mendirikan sebuah usaha, adalah melakukan survei atau riset tentang kelebihan dan kekurangan pesaing, nilai jual produk Anda, kondisi calon konsumen, waktu yang tepat untuk meluncurkan bisnis ke pasar, serta potensi pasar yang dapat ditarget.

Dengan melakukan survei ini, Anda dapat mengantisipasi hal terburuk atau resiko dari membuat langkah pertama ketika menjalankan bisnis. Jadi dengan mendapatkan gambaran besar dari faktor-faktor tersebut, Anda juga dapat mencari tau peluang terbaik untuk pengembangan usaha Anda.

Secara umum tentunya, semakin sedikit kompetisi di target pasar Anda, semakin mudah untuk bisnis Anda memonopoli pasar. Hal ini juga harus didukung dengan nilai jual produk yang kompetitif untuk calon konsumen.

4. Jaringan Bisnis (Networking)

Perluas Jaringan Bisnis (Networking)
Ilustrasi : Perluas Jaringan Bisnis (Networking)

Jika Anda tidak memiliki koneksi yang kuat sekarang, pastikan Anda terus meningkatkannya. Karena jaringan bisnis merupakan salah satu faktor yang cukup penting ketika Anda baru melangkah ke dunia bisnis. Alasan utamanya, karena usaha baru akan membutuhkan berbagai bantuan di awalnya dan saran pengalaman dari pengusaha yang sudah mahir sangatlah bermanfaat. 

Buatlah koneksi dengan orang-orang yang memiliki kapasitas yang cocok untuk bisnis Anda atau bergabung dengan kelompok dan organisasi yang dapat mengpromosikan bisnis Anda. Karena mungkin saja, orang-orang dalam kelompok tersebut dapat juga menjadi potensi bisnis partner atau bahkan investor yang tertarik dengan ide usaha Anda di kemudian hari.

5. Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Strategi Pemasaran Bisnis (Marketing strategy)
Ilustrasi : Strategi Pemasaran Bisnis (Marketing Strategy)

Pelanggan tidak akan membeli barang yang tidak mereka ketahui. Maka, pastikan Anda memasarkan produk atau servis dari usaha baru Anda dengan strategi seefisien mungkin. Pemasaran dari mulut ke mulut merupakan salah satu contoh cara pemasaran yang efektis dan sukses.

Tetapi, dengan adanya social media atau digital marketing, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran bisnis Anda lebih luas untuk mendapatkan eksposur. Cara lain untuk mengpromosikan bisnis Anda adalah mitra dengan media dan bisnis partner lainnya.

Demikianlah 5 pertimbangan penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis online agar usaha Anda dapat berkembang pesat dan sukes. Dan apabila Anda membutuhkan dana untuk sumber modal, kini Anda dapat melakukan pinjaman online dengan mudah. Nah, apakah Anda sudah siap meluncurkan bisnis baru Anda? Semoga sukses!
Diberdayakan oleh Blogger.