8 Cara Efektif nan Produktif Buat Kamu yang Ingin Sukses Memulai Bisnis Jual Pulsa Bersama Kudo

Jual pulsa. Mendengar kata tersebut, mungkin bagi sebagian besar dari kita menganggap merupakan suatu pekerjaan yang dibilang sebelah mata. Seperti yang kita sudah tahu jual pulsa itu identik dengan bisnis recehan. Bisa dibilang seperti itu karena secara sekilas jika dilihat dari potensi penghasilan hanya mendapatkan keuntungan 1000 - 2000 rupiah per sekali transaksinya. Benarkah seperti itu kawan???

Introduction

Suatu hari ada seorang penjual pulsa menjual pulsa 5000 ke nomor hp pembeli dengan operator ABC. Si penjual menjual dengan harga 6.000 rupiah. Setelah pemebeli membayar, pulsapun masuk ke nomor hpnya. Dari kegiatan tersebut hal tersebut bisa kita lihat keuntungan si penjual hanyalah 1000 rupiah atau 1.500 rupiah jika si penjual memperoleh harga dari agen pulsa sebesar 4500 rupiah.

Dari kegiatan transaksi di atas pasti kamu bakalan menganggap "untung 1000 - 2000 rupiah tu buat apa, kapan mau sukses kalau bisnis kok untungnya cuma 1000 rupiah".

Eitssss. . . . tunggu dulu!! Keuntungannya boleh di bilang kecil, namun bukan berarti kamu ga bakal sukses di bidang ini. Profit yang kecil itu kan karena hanya terjadi satu kali transaksi. Bagaimana jika yang terjadi hingga puluhan atau ratusan atau bahkan ribuan transaksi penjualan pulsa per harinya? Itu baru untuk satu operator saja, sedangkan lihat disekeliling kita. Jumlah pengguna smartphone dengan berbagai macam operator yang digunakannya sudah tak terhitung jumlahnya. Lalu bagaimana jika si penjual pulsa tersebut melebarkan sayapnya dengan memanfaatkan sosial media atau toko online berbasis website. Bisa dibayangkan berapa banyak keuntungan yang diterima si penjual per harinya? 

Yup, sedikit coretan tulisan diatas hanyalah sebagai pembuka agar kamu menjadi lebih open minded alias berpikiran luas / terbuka tentang potensi yang bisa kamu hasilkan dari bisnis jual pulsa ini. 

Bisnis apapun itu baik skala kecil, menengah maupun besar pasti mempunyai yang namanya resiko tak terkecuali dalam hal ini bisnis jual pulsa. Resiko yang dimaksud bisa macam - macam misalkan resiko rugi, resiko banyak saingan, resiko ditipu dan banyak resiko lainnya. Dikesempatan kali ini aku bakal mencoba sharing bagaimana cara meminimalisir resiko - resiko tersebut yang pada akhirnya nanti bisa memberikan suatu gambaran ke rekan semua yang akan memulai usaha bisnis jual pulsa ini. Selain itu juga aku juga akan coba ulas bagaimana caranya supaya dari bisnis jual beli pulsa ini bisa membawa hasil yang menjanjikan dan juga bisa mendapatkan target sukses seperti yang telah kamu rancang sebelumnya. Kalau begitu langsung saja kamu simak ulasan selengkapnya berikut ini :

1. Mencari dan memilih server agen pulsa yang terpercaya adalah wajib hukumnya. Server yang tepat akan menentukan kelangsungan bisnis jual beli pulsamu.

agen server pulsa
Foto : Agen server yang terpercaya adalah wajib hukumnya

Tips yang pertama untuk kamu yang ingin memulai bisnis ini ialah perihal Server Pulsa. Server pulsa itu bisa diartikan sebagai pusat penyedia pulsamu. Gambaran singkatnya seperti ini, ada seorang pedagang buah - buahan mengambil dagangan buah di pasar. Pasar tersebut bisa disebut sebagai pusat / server penyedia buah - buahan. Sama halnya dengan jualan pulsa kamu harus menentukan dahulu server atau agen distributornya. Paham kan? Lalu caranya gimana?

Kalau kamu kamu belum tahu dimana lokasi agen server pulsa, tentunya kamu kudu survey dahulu ke beberapa penjual pulsa di sekitar tempat tinggalmu. Usahakan dapatkan info agen pulsa lebih dari satu biar kamu bisa menimbang dan meriset agen server pulsa mana yang terpercaya dan tentunya cepat tanggap dalam melayani permintaan kebutuhan pulsa konsumen. Tanyakan kepada para penjual - penjual pulsa di sekitarmu. lalu bandingkan satu per satu. Pastikan juga agen server pulsa yang kamu pilih mudah diajak komunikasi. Bilamana terjadi gangguan mereka langsung cepat tanggap menyelesaikan trouble yang terjadi di kamu baik secara sistem pengisian pulsa ataupun kendala lainnya. 

Dari sudut mata konsumen akhir alias si pembeli pulsamu, pastinya tak akan mau menunggu lama pulsa masuk terlalu lama. Mereka tahunya, kalau sudah beli, lalu kasih uangnya ke kamu, yaa saat itu juga pulsa harus masuk ke nomor hp mereka. Untuk itu kamu kudu benar cermat - cermat dalam memilih agen server pulsa ini. Atau solusi lainnya kamu bisa berkerjasama dengan lebih dari satu agen server pulsa. Hitung - hitung atau jaga - jaga kalau yang satu ada kendala, yang satunya bisa saling back up.

2. Cermatlah kamu dalam menentukan besaran profit per transaksi pembelian pulsamu. Selain kuantitas, aspek kualitas jualanmu harus diperhatikan pula.

Uang rupiah
Foto : Tentukan keuntungan pertrasaksimu

Masuk ke tips yang kedua, setelah server pulsa terpercaya sudah kamu peroleh. Pastinya kamu sudah punya gambaran besaran harga atau pricelist harga pulsa dari agen server pulsa tersebut. Harga yang diberikan kamu sebagai penjual tentunya dengan harga yang dijual ke pembeli pulsa nantinya. Nah selisih dari harga yang kamu dapatkan tersebut merupakan keuntungan yang didapat ketika terjadi transaksi penjualan pulsa. 

Untuk itu, cermatlah dalam kamu menentukan harga jual pulsa ini. Jika kamu anggap aja masih dikatakan pemain baru. Pakai cara pertama tadi survey dahulu harga ke beberapa konter penjualan pulsa. Dari situlah kamu bakalan punya gambaran berapa harga yang pantas dijual ke pembeli pulsamu.

Benar kamu butuh uang sebagai sarana balik modalmu. Tapi jangan sampai kamu kecewakan pembeli pulsamu dengan harga yang fantastis, bombastis atau ketinggian ngasih harga. Kalau itu yang terjadi palingan si pembeli pulsamu cuma beli ditempatmu sekali setelah itu mereka bilang "Ah besok beli di konter ABC sajalah, mau nyoba beli pulsa ditempat si DEF ternyata mahal". Ga mau kan hal tersebut terjadi di kamu?

Inget guys... disini kamu masih masih dalam tahap pemain baru. Ibarat pemain sepakabola yang baru mengudara di lapangan hijau. Mereka pastinya tak akan meminta nilai gaji dari klub yang dibelanya terlalu besar. Mereka akan menunjukan skill, bakat dan keahlian dalam mengolah si kulit bundar terlebih dahulu. Lambat laun salary yang diterima si pemain bola tersebut juga akan terus meningkat seiring dengan kontribusinya di klub sepak bola yang mereka bela. Begitu pula dengan kamu yang baru memulai bisnis jual pulsa ini, Utamakan kepuasan dan pelayanan pelanggan terlebih dahulu. Perihal keuntungan yang diperoleh bakalan ngikutin seiring dengan perkembangan kemajuan usahamu tersebut.

3. Lokasi penjualan pulsa yang strategis, potensial dan tepat akan membuat keuntunganmu semakin berlipat.

Foto : Carilah lokasi jualan yang strategis

Jika kamu memiliki modal yang cukup, tak ada salahnya kamu membuka kios offline atau konter pulsa. Ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangankan ketika akan membuka kios pulsa antara lain : Kiosmu harus mudah dijangkau, dekat dengan target pasar penjualan dan area sekitar menjadi lalu lintas mobilitas orang sehari - hari.

Sebagai gambaran yang dimaksud lokasi potensial contohnya area dekat perkantoran, dekat dengan sekolahan / kampus, maupun area - area yang memungkinkan di tempat tersebut terjadi kegiatan yang sifatnya banyak terjadi aktivitas. Aktivitas yang membutuhkan kamu sebagai sebagai media terjadinya transaksi penjualan pulsa untuk aktivitas orang - orang tersebut. 

Terkait harga sewa tempat memang akan berbanding lurus dekat lokasi kios tersebut berada. Seorang pemiliki kios pastinya sudah mengukur berapa besar harga yang akan disewakannya kepada para penyewanya. Jangan takut untuk mengeluarkan modal, karena dengan perhitungan yang matang pastinya lambat laun ongkos sewa kios ini akan tertutup dengan profit yang kamu dapatkan. Tentunya dengan pertimbangan lokasi kiosmu itu kios yang potensial seperti yang sudah dijelaskan diparagaf sebelumnya diatas.

4. Modal untuk membuka konter pulsamu menjadi hambatan? Manfaatkan orang - orang disekitarmu seperti teman, relasi dan keluarga sebagai target pelanggan awalmu.

Relasi dengan rekan kerja
Foto : Manfaatkan jaringan relasimu

Poin nomor dua diatas khusus ditujukan buat kamu yang menjadikan modal bukanlah menjadi halangan dan kendala. Bagaimana jika yang terjadi sebaliknya? Terlebih profesimu saat ini masih sekolah atau kuliah, pegawai kantoran atau profesi lainnya dengan gaji yang bisa dikatakan cukup untuk kebutuhan sehari - hari saja atau maaf kamu masih belum memiliki pekerjaan. 

Langkah awal yang bisa kamu terapkan ialah dengan cara mempromosikan usaha jualan pulsa ke orang - orang terdekatmu. Keluarga, saudara, tetangga, teman sekolah, rekan kantor merupakan destinasi awalmu dalam menjalankan bisnis ini.

Tidak ada di jaman sekarang yang tidak mengunakan smartphone dalam berinteraksi. Baik untuk sms, telepon maupun penggunakan layanan internet, tentunya mereka membutuhkan pulsa yang nantinya akan dikonversi menuju media komunikasi tersebut. Poin kunci disini tentunya ialah karena kamu menjual pulsa secara lisan, utamakan pelayanan dan kepuasan mereka, karena ini bisa berdampak kekuatan rekomendasi dari mulut ke mulut. Tau kan bilamana sesorang yang telah membeli pulsa ditempatmu merekomendasikan secara langsung ke orang terdekat mereka? Tentu saja bisnismu semakin maju dan omsetmu dijamin pasti merangkak naik.

5. Kekuatan dari sosial media dan toko online jangan sampai kamu lupakan, media sosial ialah cara efektif mem follow up usaha jualan pulsamu.

Gunakan sosial media
Foto : Manfaatkan kekuatan media sosialmu

Hari gini ga punya sosial media? I'ts very, very Impossible.

Kemajuan teknologi dan internet saat ini diibaratkan sudah berada digenggaman tangan dan di depan mata kita. Salah satunya yakni teknologi sosial media. Sosial media juga bisa dijadikan alternatif untuk poin nomor dua diatas. Keterbatasan modal untuk membuka kios offline takkan jadi halangan buat kamu untuk berkecimpung mencari rejeki di bidang bisnis jual beli pulsa ini. Keberadaan berbagai sosial media di tengah - tengah kita sebut saja Facebook, Twitter, Google+, atau yang berbasis aplikasi seperti Line, BBM, Instagram, Path dan banyak sosial media lainnya wajib kamu gunakan untuk kelangsungan bisnis jual beli pulsamu. Jangan malu menggunakan sosial media sebagai media jembatan bisnismu. Ngapain malu, toh bisnis yang dijalankan halal kok. Asalkan jangan menipu lho ya.

Mungkin masih hangat di pikiran kita tentang kisah seorang kakek bernama Abdul Rauf si penjual nasi uduk di daerah Rawamangun, Jakarta Timur yang sempat booming akhir - akhir ini. Jualan nasi uduk tiap malem selalu sepi pembeli dan bahkan terkesan tidak laku. Setelah seseorang menjadikannya viral melalui sosial media Facebook. Sekarang dagangan si kakek tersebut menjadi laris manis bahkan seringnya para pembeli banyak yang tidak kebagian untuk mencicipi nasi uduk bikinan si kakek tersebut. Omsetnya pun sekarang menjadi puluhan kali lipat dari hari - hari sebelumnya.

Tahu itu artinya apa? Yup, That's right. That's what I mean about The Power of sosial media, everything happens. So, from now please don't underestimate it ya guys. . .

Lalu bagaimana dengan media website seperti toko online? Berbisnis pulsa melalui media website juga ga kalah potensial kok. Sebagai media perantara dalam kamu menjual pulsa lainnya, kamu juga bisa lho menggunakan media toko online. Salah satunya yang wajib kamu coba yakni dari Kudo.co.id. Pernah dengar tentang Kudo.co.id. Oke aku jelasin nih :

Tampilan website toko online kudo.co.id
Foto : Tampilan website toko online kudo.co.id

Kenalan Dulu Sama Kudo  
 
Kudo sendiri merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. Merupakan sebuah StartUp berbasis teknologi yang bergerak di bidang jual beli online. Kudo merupakan produk asli buatan anak dalam negeri yang terlahir pada bulan Juli 2014. Yang didirikan oleh rekan Agung Nugroho & Albert Lucious. Kudo mengusung konsep Online go to Offline. Nah yang nantinya menjadi penghubung penjualan barang online ke offline tersebut diperantarai oleh yang namanya Agen Kudo. Jadi kalau kita mau beli sesuatu di Kudo harus melalui Agen Kudo terlebih dahulu.

Konsep transaksi di Kudo boleh dikatakan hampir mirip dengan konsep driver berbasis online application dimana mereka menggunakan gadged untuk mencari penumpang. Di Kudo sebagai Agen, akan diwajibkan menggunakan tab / smartphone untuk mencari orang yang membeli produk - produk di Kudo. Dengan kata lain Agen Kudo merupakan perantara antara pembeli dan Produk - produk di Kudo. Agen kudo menawarkan produk, konsumen tertarik dan memberikan uang cash ke Agen, Agen request produk melalui aplikasi di smartphone dan barang dikirim ke alamat konsumen. Seperti itulah gambaran singkatnya.

Kudo dan Bisnis Jual Beli Pulsa

Dalam hal bisnis jual beli pulsa ini. Kamu tak bakal repot - repot mencari server pulsa terpercaya. Kamu cukup join di Kudo lalu jual deh pulsanya ke target - target penjualanmu. Modal jelas pasti ada, namun dijamin tak akan menguras isi dompetmu.

Untuk lebih jelasnya seperti apa transaksi pembelian pulsa di Kudo. Simak ni tutorial singkatnya berikut ini :

Jika kamu akses kudo melalui Android Mobile Application yang bisa kamu download dan install aplikasinya melalui Google Playstore di link berikut ini, maka bisa dilihat tampilan seperti di bawah ini. Keterangan selengkapnya ada setelah screenshot berikut.

Halaman transaksi Kudo via Kudo Android Mobile Application
Foto : Halaman transaksi Kudo via Kudo Android Mobile Application

  1. Sebelah paling kiri (gambar satu) merupakan tampilan halaman depan Android mobile application dari kudo.co.id.
  2. Untuk pembelian pulsa bisa kamu klik pada menu Pulsa (gambar dua). Maka akan tertera berbagai macam pilihan operator yang sangat lengkap disana.
  3. Pilih satu operator pulsanya, lalu masukkan nomor handphone pembeli pulsamu (gambar tiga). Transaksi dijamin terpercaya dan fast respond, asal kamu jangan sampai salah masukin nomor hp lho ya :)
  4. Gambar empat merupakan pilihan nominal yang tersedia dan ditawarkan di Kudo.co.id. Tersedia pula pembagian komisi yang akan kamu peroleh jika kamu (Sebagai Agen Kudo) bisa menjual pulsa tersebut ke pembeli pulsamu.
Gimana tertarik untuk menjadi Agen Kudo? Butuh info lebih lengkapnya?

Mudah saja. Buka saja Kudo.co.id melalui web browser kamu. Lalu kamu daftar sebagai Agen. Atau kamu yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya bisa datang langsung ke kantor KUDO alamatnya di Jl. Radio Dalam Raya No.9, Gedung Grandlucky Lantai 2, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12140. Nomor telepon +62-21-2751-5125 atau email ke admin@kudo.co.id.

Sosial Media Kudo yang bisa kamu akses : Facebook Kudo, Twitter Kudo, Instagram Kudo, Line Official Kudo, Youtube Channel Kudo.

6. Membubuhi inovasi di dalam marketing plan strategy branding bisnismu ga akan bikin kamu rugi kok. Hal ini terbukti mampu berpotensi mengubah mereka para pembeli pulsamu menjadi pelanggan setiamu.

Marketing strategy
Foto : Gunakan strategi khusus untuk menjual pulsamu

Berbisnis tanpa adanya strategi ibarat kamu akan menuju ke suatu tempat namun tidak tahu arah jalan mana yang harus dilewati. Begitu halnya dengan berbisnis jual beli pulsa. Semua harus direncanakan secara matang supaya arah tujuan menuju sukses yang kamu tetapkan sebelumnya bisa tercapai. Salah satu cara supaya usaha jualan pulsamu semakin berkembang maju ialah dengan mengadakan diskon atau promo.

Teknik dari promosi ini beragam jenisnya sebagai contoh misalnya beli pulsa ditempatmu 5 kali transaksi gratis 1 kali transaksi. Atau semisal sedang ada event - event tertentu seperti hari - hari besar keagaamaan, hari libur nasional atau hari ulang tahun konter pulsamu. Kamu bisa berbagi marchendise untuk para pembeli pulsamu yang beruntung.

Cara lainnya yang mungkin bisa dicoba semisal setiap sebulan sekali atau atau berapa periode bulan sekali diadakan undian khusus yang pernah beli pulsa ditempatmu. Hadiahnya bisa berupa pulsa gratis atau paket data internet dengan nominal tertentu.

Metode promosi semacam ini memang seharusnya kamu lakukan supaya mereka para pembeli pulsa makin betah membeli dan terus membeli dagangan pulsamu secara continou (pelanggan setia). Selain itu juga akan menjabarkan bahwasannya membeli pulsa ditempatmu ialah pilihan yang tepat dan nomor satu bukan di tempat penjualan pulsa lainnya. Di jaman serba modern ini jika kamu yang tidak berani untuk berinisiatif dan berinovasi, maka inovasimu akan diambil oleh orang lain.

7. Kalau target promosi sudah bisa kamu genggam lalu profit juga sudah kian meningkat, kini mulai atur dan pisahkan penghasilanmu antara uang pribadi dengan uang hasil keuntungan penjualan pulsamu.

Atur pola keuangan
foto : Atur alur keuanganmu

Salah satu hal yang harus kamu garis bawahi sesudah ketika usahamu sudah mulai menghasilkan ialah manage antara uang hasil penjualan pulsamu dengan uang pribadi supaya tidak dicampur adukan atau jangan digabung. Uang pribadi khusus untuk memenuhi kebutuhan harianmu, sedangkan uang hasil penjualan pulsa kamu simpan ke tempat yang sedemikian rupa sehingga nantinya bisa kamu jadi modal untuk lebih mengembangkan usaha jualan pulsamu. Jika uang hasil jualan kamu gunakan untuk jajan, sama saja profit mu bakalan stagnan alias tidak akan ada kemajuan yang berarti atau buruk - buruk malah mengalami penurunan karena tidak adanya perputaran modal untuk meningkatkan usahamu tersebut. 

8. Jangan sampai lupa untuk membuat Cash Flow Report / Pembukuan sebagai alat pantauan keluar masuk dari penghasilan yang kamu peroleh. Terkesan sepele namun akan berdampak besar pada kelangsungan bisnis jualan pulsamu.

 Buatlah Cash Flow Report / pembukuan
Foto : Buatlah Cash Flow Report / pembukuan

Tips yang kedelapan ialah kamu wajib dan diharuskan untuk membuat pembukuan alur keluar masuk uang yang hasil jualan yang kamu peroleh. Bentuk dari laporan pembukuan itu sendiri tidak harus dalam bentuk buku fisik, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan aplikasi teknologi yang paling mudah bisa menggunakan aplikasi pengolahan angka seperti Microsoft Excel. Poinnya disini ialah Jangan sampai kita malas. Jangan mentang - mentang usaha dengan keuntungan recehan lalu kamu malas membuat laporan pembukuan.

Sebenarnya seberapa penting sih membuat pembukuan itu?

Dengan membuat laporan keuangan, maka besar kecilnya pendapatan akan bisa terpantau. Dari pembukuan tersebut juga nantinya bisa kamu jadikan bahan analisa dan evaluasi terhadap kelangsungan bisnismu. Selain menjadi alat pantau dan kontrol usahamu, melalui pembukuan tersebut akan terlihat komponen mana yang membutuhkan stimulus alias harus diperbaiki supaya tidak menimbulkan celah potensi merugi lebih besar. Sedangkan poin - poin yang membuat bisnis kamu semakin berkembang pesat bisa lebih kamu genjot lagi supaya hasil yang diperoleh bisa menjadi lebih maksimal.

And The Last But Not Least

Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena Tuhan Maha Pemberi segalanya. Termasuk yang akan memberi kesuksesanmu kelak dalam berbisnis jual beli pulsa ini.

Berdoalah
Foto : Jika Tuhan bekehendak terjadi, pasti akan terjadi

Satu lagi yang tak kalah pentingnya ialah semua hal yang kamu lakukan bakalan sia - sia bila Tuhan Yang Maha Esa tidak menghendaki kamu untuk sukses dan bidang penjualan pulsa ini. Teruslah berdoa dan berdoa, karena besar kecilnya rejeki yang datang berasal oleh-NYA. Para pembeli pulsamu hanyalah sebagai perantara datangnya rejeki kepadamu. Tetap fokus, selalu bersyukur dan tetap berusaha mencoba, merupakan cara terbaik untuk meraih kesuksesanmu di bidang ini.

Oke guys, mungkin itu beberapa metode yang setidaknya harus kamu terapkan untuk kamu yang mau terjun ke bisnis yang satu ini. Semoga tulisan diatas bisa membawa energi positif bagi rekan - rekan semua yang ingin serius dalam mengembangkan usaha jaul pulsa ini. Sebagai manusia yang tak pernah luput dari yang namanya kesalahan, tentu saja tulisan ini masih jauh dari sempurna namun sebagai Blogger yang mempunyai hobi di bidang tulis - menulis akan selalu berusaha memberikan sajian tulisan terbaiknya. Dan selain dari yang ku tulis diatas, kamu juga bisa mengembangkan sendiri poin - poin diatas dan mencari sumber - sumber referentif lainnya khususnya dalam meng improve usaha bisnis jual pulsa ini agar semakin maju.

Anyway, kalau sudah sukses jangan lupa minimal ajak makan sama yg bikin ni tulisan ^_^ Sekian dan selamat berjuang wahai para entrepreneur muda Indonesia. . . .


  • Sumber gambar : shop.kudo.co.id/pulsa, www.businesstimes.com.sg, agenpulsa1.com, hipwee.com, modalku.co.id, www.loop.co.id, www.shoppingnow.us, porsiwp.eumroh.com 
  • Tulisan ini diikutsertakan ke dalam Kudo Writting Competition. Yang diadakan dari tanggal 1 Oktober - 31 Oktober 2016 (Diperpanjang hingga 11 November 2016). Info lebih lengkapnya kunjungi halaman berikut ini.

5 comments

Mantap gan,, bisa jadi inspirasi cara nambah receh sambil ngeblog juga ni.

Ide tulisannya cukup bagus mas. Saya baca dari awal samapai dengan terakhir cukup menginspirasi khususnya buat yang ingin mengembangkan bisnis jualan pulsa.

Menurut saya yang terpenting konsistensi sepertinya juga perlu ditambahkan mas. Karena terkadang kalau bisnis semacam ini yang bisa dibilang ambil untungnya kecil kalau pas rugi dikit langsung down dan itu bisa bikin ga lanjutini usaha tsbt. Nice :)

Iya gan, rejeki itu sejatinya banyak macamnya dan sudah disediakan sama yang Diatas. Tinggal kitanya aja yang mau gerak apa ndak buat ngambil tu rejeki. Salah satu contohnya dari bisnis jual beli pulsa yang saya ulas diatas.

Ow ya ya, seharusnya konsistensi saya input juga di dalam salah satu tips diatas. Makasih atas masukkannya mas.

Yup begitulah kadang sifat manusia. Semangat di awal pas ditengah - tengah jadi loyo. Maka dari itu salah satu poin di atas saya tekankan, berbisnis apapun itu dibutuhkan strategi. Baik strategi untuk promosi maupun strategi pengeleolaan uang ketika menghadapi pemasukan yang tidak stabil. Jadi dari awal sebelum menjalankan bisnis setidaknya sbg pelaku usaha harus sudah dipikirkan dan di konsep secara matang - matang :)

iya emang katanya enak ya jualan pulsa, bahakan anak sekolah sekarang bisa juga bisnis jual pulsa wkwkwkw

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.