Begini Cara Ampuh Siasati Gaji Kecil Supaya Cukup Sebulan

Semua pasti pernah mendengar pepatah “Besar Pasak Daripada Tiang”, bukan? Maknanya kurang lebih adalah lebih besar pengeluaran daripada pendapatan, hasilnya adalah limbung, kolaps, bangkrut. Bekerja sampai larut, demi mendapatkan gaji untuk memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi ternyata manajemennya kurang baik sehingga terpaksa berhutang untuk menambal keperluan yang belum dipenuhi. 

Begini Cara Ampuh Siasati Gaji Kecil Supaya Cukup Sebulan

Akhirnya gaji bulan depan tercatut juga untuk membayar hutang, keperluan pribadi tetap belum terpenuhi, menghutang lagi dan begitu seterusnya hidup dalam angka minus. Sekarang saatnya untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, sebaiknya terapkan cara berikut ini untuk menyiasati gaji kecil supaya cukup untuk sebulan dan memenuhi semua kebutuhan hidup kita :
  1. Buat anggaran pengeluaran. Ini semacam catatan kotor yang berisi perkiraan membayar tagihan listrik dan Telkom, PDAM dan lain sebagainya. Pastikan juga memasukkan anggaran untuk jalan-jalan dan menabung, usahakan setelah menerima uang nanti, anggaran ini dipatuhi.
  2. Sering-sering ikutan quiz di internet atau di supermarket. Memang tak ada jaminan kita akan memenangkannya, tetapi jika sering mengikuti banyak quiz dan macam-macam sayembara, sekali-sekali kita pasti akan menang, sekalipun dapat hadiah hiburan. Hal ini bisa meringankan beban kita, seakan diberi rezeki nomplok.
  3. Jangan malas ikut kondangan tetangga atau teman kantor. Jangan karena alasan malas malah tidak ikut menghadiri undangan yang diberikan tetangga atau teman kantor, padahal dalam acara hajatan pasti banyak makanan dan bisa makan enak tapi gratis itu tentunya untung untuk dompet kita, betul?
  4. Batasi makanan mewah dalam sekali makan. Jika kita ingin makan Nasi Padang Sederhana misalnya, lauknya cukup satu saja, apakah telur, daging cincang atau rendang? Sisanya pilih sayur saja, selain tak baik untuk kesehatan, terlalu banyak lauk mewah dalam satu kali makan itu menguras dompet juga.
  5. Bergaul dengan teman yang satu ‘level’. Jangan memaksakan diri bergabung dengan mereka yang sudah jelas kalangan jetset. Mereka tak akan paham apa itu gaji kecil karena mereka sudah tajir dari sejak lahir. Bisa minus terus gaji kita kalau bergaul dengan mereka, karena berusaha mengimbangi gaya hidup mereka itu sulit sekali!
  6. Belanja banyak hanya di musim diskon. Jangan sepelekan kekuatan diskon yang bisa sampai 90% itu. Belanja banyak dan dapat diskon besar juga bisa memangkas anggaran lho! Belum lagi belanja di momen seperti Harbolnas atau Hari Belanja Nasional 2016, berbelanja online di akhir tahun nanti bisa membuat pengeluaran lebih irit, sebab banyak e-commerce yang menggelar pesta diskon gila-gilaan.
Gaji kecil tidak akan membuat kita hidup sengsara, karena ada banyak cara untuk menyiasatinya supaya bisa mencukupi semua kebutuhan kita. Tetapi gaya hidup hedonis-lah yang membuat hidup jadi serba kekurangan. Karena itu, biasakan mensyukuri semua yang kita miliki dan jangan berlebihan.

2 comments

excelent. satu yang mendesak saya harus lakukan

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.