Gojek, Wirausaha dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Jika kita berbicara perihal transportasi yang dibalut dengan kecanggihan teknologi di dalamnya beserta segala inovasi yang turut menyertai bisa dikatakan tidak akan ada habisnya. Itu dikarenakan prinsip teknologi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Tak terkecuali dengan moda trasnportasi yang mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita yakni Gojek.

Sekilas Tentang Gojek

Gojek, Wirausaha dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Berdiri di tahun 2011, Gojek boleh dikatakan merupakan pelopor dari moda transportasi berbasis aplikasi online. Jangkauan atau penyebaran transportasi ojek online ini di dominasi dibeberapa kota - kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Yogyakrta dengan melibatkan ratusan ribu lebih driver yang mencari nafkah di dalamnya. Helm dan jaket berwarna hijau bertuliskan gojek tentu sudah menjadi ciri khas dari jasa transportasi berbasis online yang satu ini.

Jika sudah berbicara dengan perkembangan teknologi, tentu saja semua pasti ada maksud dan tujuannya mengapa perlu adanya teknologi semacam gojek ini. Mungkin pada awal berdirinya Gojek, tentu para pendiri perusahaan tersebut, mereka jeli melihat celah dari kuranganya sarana dan prasarana transportasi di negara kita tercinta sehingga mereka berinisiatif untuk membuat suatu terobosan nan inovatif seperti Gojek ini.

Manfaat Gojek Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Dengan seiring dengan berkembangnya waktu, Gojek sekarang sudah berubah menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dari hidup masyarakat di Indonesia khususnya di kota - kota besar. Banyak hal posisif dengan hadirnya Gojek ini di tengah - tengah kita diantaranya sebagai berikut :

1. Terjaminnya Keamanan Bagi Pengguna

Ketika kita menggunakan layanan dari Gojek ini, tentu satu hal yang patut dapat peroleh ialah jaminan keamanan. Kita memang tidak mengetahui seluk beluk si driver gojek tersebut, namun sudah barang tentu mereka terdaftar resmi di perusahaan Gojek. Identitaspun baik itu nama driver, sepeda motor yang digunakan, history driver maupun identitas lainnya pasti terpampang jelas melalui aplikasi Gojek ini.

Jelas jika mereka (driver) berperilaku tidak semestinya, maka reputasi mereka yang dipertaruhkan. Jadi si driver akan berpikir seribu kali jika akan melakukan hal yang tidak - tidak. Ketika jaminan keamanan ini diperoleh, maka aktivitas masyarakat umum dapat dilakukan dengan nyaman tanpa harus memikirkan faktor resiko tindak kriminalitas.

2. Pelayanan Cepat, Praktis dan Dapat Dipantau

Salah satu pengalaman penulis sendiri ketika menggunakan aplikasi Gojek ini ialah ketika suatu di rumah sedang terdapat acara hajatan dan doa bersama. Karena saking sibuknya mengurus acara sehingga penulis lupa untuk membelikan oleh - oleh atau cindera mata bagi sanak keluarga. Permsalahannya ialah pekerjaan di rumah ini tidak dapat penulis tinggalkan karena tidak enak rasanya jika arus meninggalkan rumah untuk membelikan oleh - oleh.

Maka bermodalkan aplikasi Gojek yang sudah terinstall di Smartphone, penulis gunakan fasilitas Go-Food. Setelah memberikan info tujuan tempat pembelian oleh - oleh, selang beberapa detik kemudian ditelponlah penulis oleh sang driver Gojek ini untuk menanyakan keakuratan tempat pembelian oleh - oleh. Setelah itu sang driver membeli oleh - oleh ditempat yang kita inginkan dan diantarkan sampai lokasi tujuan. Penulispun dapat melanjutkan aktivitas tanpa harus meninggalkan acara hajatan dan doa bersama. Tentu saja bagi penulis ini merupakan hal yang sangat praktis karena kita tidak perlu meninggalkan aktivitas utama kita. Sedangkan cepat disini mungkin sifatnya flexible ya, terkadang ada kendala di jalanan seperti macet maupun kondisi alam seperti hujan kadang bisa menghambat, namun jika kondisi sedang normal mereka umumnya akan berusaha secepat mungkin untuk melayani apa yang kita inginkan.

3. Informasi Harga Tertera Jelas

Seringkali ojek - ojek konvensional yang hadir ditengah masyarakat tidak mencantumkan harga yang pasti. Maka tawar menawarlah merupakan solusi yang terkadang bisa menguntungkan namun bisa saja merugikan bagi para penggunanya. Dari sinilah Gojek memberikan solusi alternatif perihal permasalahan tarif ini. Harga sudah jelas tertera sebelum, penumpang menggunakan moda transportasi ini. Tentu saja dengan adanya transparasi harga ini, pengguna tidak perlu ragu apalagi terkena yang namanya "ketok harga" setiap fasilitas yang Gojek tawarkan. Masyarakat pun cukup menyiapkan dana sesuai yang tertera di aplikasi Gojek ketika melakukan order.

4. Harga Yang Relatif Murah dan Mudah dalam Penggunaan Aplikasi

Selain dengan informasi harga yang jelas, umumnya harga yang ditawarkan relatif lebih murah. Tentu saja ini sangat bermanfaat bagi masyarakat umum pengguna aplikasi Gojek, karena dengan tarif yang bersahabat dengan kondisi finansial maka kita dapat mengalokasikannnya untuk kebutuhan lainnya. Terlebih jika sedang terdapat promo - promo, tentu saja akan membantu meringanakan kondisi perekonomian tidak hanya si driver melainkan juga masyarakat umumnya.   

Sedangkan mudah disini berarti anda tak perlu repot - repot mencari keberadaan tukang ojek, cukup install aplikasinya lalu, aktifkan Fitur GPS, Maka kita sudah bisa memanfaatkan teknologi dari aplikasi Gojek ini. Siapapun bisa melaukannya baik tua maupun muda karena aplikasinya yang user friendly.

5. Sopan santun dalam Berkendara

Hal terakhir sekaligus hal fundamental dari hadirnya Gojek di tengah - tengah masyarakat ialah terkait dengan etika kesopanan. Sopan santun yang para driver terapkan memang sepatutnya kita berikan apresiasi. Santun disini tidak hanya dari sisi penampilan dan pakaian, melainkan  juga dengan bagaimana sikap mereka memperlakukan para penumpangnya. 

Nilai - nilai kesopananan inilah yang sepatutnya dapat kita tiru dalam kehidupan kita sehari - hari. Padatnya rutinitas dan aktivitas yang kita lakukan terkadang membuat kita acuh tak acuh dengan kondisi linkungan yang ada. Namun tidak dengan para driver Gojek. Mereka akan selalu menerapkan senyum sapa dan salam terlebih sebelum melakukan jasa seperti yang diminta oleh para penumpangnya.

Gojek dan Wirausahawan Muda

Gojek, Wirausaha dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Terlepas dari pro kontra dengan hadirnya Gojek ditengah - tengah masyarakat, sudah selayaknya beberapa poin - poin kehidupan bisa kita petik dari kehadiran moda transportasi Gojek ini. Khususnya bagi para wirausawan muda yang ingin menggeluti dunia usaha atau enterpreneursip. Hal tersebut diantaranya :

1. Konsistensi

Driver Gojek akan berusaha sedemikian rupa untuk tidak pantang menyerah menyelesaikan orderan pengunanya hingga tuntas. Jika tidak tuntas maka kerugianlah / rating jelekpun akan didapatkannya. Begitu halnya dengan para pengusaha muda, untuk mengembangkan atau menjalankan suatu usaha harus dibarengi dengan keyakinan dan yang pasti konsistensi. Konsistensi bahwasanya yang untuk mendapatkan tujuan berupa profit atau keuntungan, seseorang tidak boleh pantang menyerah. Hambatan maupaun batu sandungan ibarat kritikan yang membangun demi mencapai tujuan. Jika salah perbaiki, jika gagal coba lagi namun jangan sampai menyerah karena jika sekali saja menyerah ditengah jalan maka semuanya akan selesai.

2. Transparansi 

Gojek memberikan gambaran yang jelas terkait dengan tarif harga service layanannya Supaya tidak menimbulkan keraguan oleh para pengunanya. Jelas dalam membangun suatu usaha harus ditata sedemikian rupa baik dalam management keuangan, modal, besar kecilnya untung maupun profit untuk para investor usaha yang dijalankan. Semua harus berjalan secara sinergi, transapran dan saling berkolaborasi. Karena nantinya toh dari transparasi hasil tersebut dapat dilakukan analisa sedemikian rupa sehingga akan menjadi bahan evaluasi untuk lebih mengembangkan usaha yang dijalankan.

3. Kreativitas

Gojek memang cukup kreatif dan pandai melihat celah apa yang masyarakat inginkan namun belum tersedia di lapangan. Hal ini wajib para usahawan muda tiru pola usaha seperti ini. Buatlah suatu peluang usaha baik produk maupun jasa yang mana pasti masyarakat butuhkan namun berbeda dengan apa yang sudah ada. Ciptakan peluang usaha disitu dan kembangkan. Berbeda disini dalam artian harus lebih baik dari produk - produk kompetitor sebelumnya. Karena jika inovasi yang para wirausahwan muda buat sama saja, maka peluang untuk mendapatkan hasil lebih tidak akan maksimal.

Semoga saja ulasan perihal moda transportasi buatan karya dalam negeri ini dapat bermanfaat dan tentunya menambah wawasan bagi anda semua.

3 comments

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.