5 Tips Merawat dan Menjaga Jaket Kulit Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Jaket Kulit adalah salah satu jenis jaket yang kita pakai dalam kehidupan sehari - hari. Khususnya dalam keadaan cuaca yang sedang dingin atau penghujan tentu akan lebih hangat dan nyaman tubuh kita apabila jaket kulit ini kita kenakan berlama - lama.

5 Tips Merawat dan Menjaga Jaket Kulit Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Jaket Kulit

Seperti yang kita tahu dari segi harga, jaket kulit ini tentu dibilang tidaklah murah. Perawatan dan pemeliharaan akan jaket jenis ini tentu harus kita perhatikan secara seksama dan berkala supaya jaket jenis ini tahan lama tidak mudah rusak, terkesan baru dan memberikan kesan elegan bagi siapa saja yg memakainya.

Maka dari itu supaya jeket kulit yang anda miliki dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, berikut saya sajikan beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam merawat serta menjaga Jaket Kulit ini :

1. Jika Jaket Kulit Terkena Air

Memang betul jaket kulit itu mempunyai ketahanan terhadap air / waterproof namun diusahakan Sebisa mungkin hindarkanlah dari air baik itu air tawar maupun air hujan. Kesalahan dalam kita mengeringkan jaket kulit yang terkena air bisa membuat jaket kulit ini bau apek dan menimbulkan jamur. Jika memang keadaan mengharuskan jaket anda terkena air atau dalam kondisi basah, maka segera keringkan jaket kulit anda dengan lap yang mempunyai daya serap air yang baik seperti lap kanebo kemudian anda angin - anginkan bisa menggunakan kipas angin. Sebisa mungkin hindari penggunaan Hair dryer karena akan membuat jaket kulit anda menjadi kaku dan keras.

2. Jika Jaket Kulit Terkena Noda & Jamur

Akibat kondisi cuaca yang basah dan lembab seringkali noda dan jamur muncul menjadi masalah utama di dalam jaket kulit ini. Gunakan lap basah atau sejenis tisu untuk menghilangkan titik - titik jamur yang menempel pada jaket. Gunakan lotion atau obat anti jamur supaya jamur tidak muncul kembali. Jika memang harus menggunakan sejenis sabun pembersih gunakan seperlunya supaya saja pada bagian yang terkena noda supaya jaket kulit tidak menjadi kaku.

3. Jika Jaket Kulit Menjadi Apek & Bau

Bau apek pada jaket kulit bisa disebabkan karena pemakaian yakni keringat yang menempel pada furring atau lapisan dalam pada jaket kulit. Jangan gunakan parfum alkohol untuk hal ini karena sifatnya hanya sementara, jika daya parfum hilang makan bau apek tetap akan muncul kembali. Gunakan minyak kayu putih dan oleskan pada bagian furring lalu angin - anginkan.

4. Jika Jaket Kulit Menjadi Terasa Kaku

Pengunaan body lotion untuk mengatasi kaku pada jaket kulit tidaklah tepat karena itu menandung vitamin. Lotion yang baik ialah lotion khusus untuk jaket atau sejenis spray khusus diperuntukan untuk jaket kulit. Lotion jaket kulit dibutuhkan agar jaket kulit menjadi lembab, lentur sehingga tidak mudah berkerut dan tidak mudah retak atau kaku.

5. Jika Anda Bingung Cara Menyimpan Jaket Kulit

Menggantung jaket kulit pada alat sejenis hanger adalah salah cara menyimpan dan merawat jaket kulit. Gantunglah pada ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup, teduh dan kering. Usahakan jaket dijemur didalam kondisi terik atau terkena sinar matahari langsung. Dan juga jangan melipat jaket kulit supaya tidak terjadi bekas lipatan. Dengan kita tidak melipat jaket kulit maka kita juga mencegah timbulnya jamur - jamur penyebab bau apek.

Dengan mengetahui cara merawat jaket kulit yang kita kenakan, maka tentu saja dapat menambah umur pemakaian jaket kulit itu sendiri. Semoga beberapa tips yang saya berikan diatas dapat bermanfaat bagi anda khususnya pemilik jaket berbahan dasar dari kulit ini. Semoga Bermanfaat.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.