Agar Catokan Rambut Selalu Bagus, Lakukan Perawatan Ini

Sadarkah Anda, untuk mendapatkan catokan rambut yang bagus, diperlukan perawatan terhadap alat tersebut secara teratur? Walaupun banyak wanita mencatok rambut hampir setiap hari, sepertinya masih sedikit yang sadar akan pentingnya perawatan catokan agar kualitasnya tetap terjaga. 

Agar Catokan Rambut Selalu Bagus, Lakukan Perawatan Ini


Seperti alat lainnya, tentu saja catokan rambut bisa rusak bila tak di rawat dengan baik. Sebagus apapun mereknya, jika di gunakan terus menerus, dalam kurun waktu yang lama, tanpa dirawat bisa menyebabkan catokan rambut cepat rusak, sebelum waktunya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan catokan rambut yang bagus, lakukan perawatan dengan cara berikut :

1. Lakukan Pemanasan pada Catokan

Sebelum membersihkan catokan rambut Anda, panaskan terlebih dahulu alat tersebut. Pemanasan pada permukaan catokan bertujuan agar zat sisa yang menempel pada catokan cepat meleleh sehingga akan memudahkan proses pembersihan.

Hindari memanaskan catokan terlalu panas. Buat agar panasnya masih aman untuk disentuh agar membersihkannya lebih mudah nantinya. Setelah suhunya cukup hangat, matikan catokan dan cabut kabelnya dari colokan listrik agar lebih aman.

2. Gunakan Alcohol, Cotton Pads, dan Cotton Buds

Saat catokan panas, kotoran yang menumpuk akan meleleh. Tunggu hingga suhu catokan rambut sedikit menurun sampai aman untuk disentuh. Selanjutnya, ambil cotton pads atau kain halus yang bersih lalu tuangkan sedikit alcohol.

Gunakan cotton pads atau kain yang sudah diberi alcohol itu untuk membersihkan plat catokan dengan cara mengusap-usapkannya dengan lembut. Untuk bagian pinggiran alat catokan tersebut,

Anda dapat menggunakan cotton buds yang sudah dicelupkan ke alcohol. Pastikan agar Anda selalu berhati-hati saat  membersihkan plat catokan agar tidak meninggalkan goresan disana.

3. Membersihkan dengan Rutin

Tips paling mudah untuk menjaga catokan rambut agar selalu bagus sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan membersihkannya secara rutin. Caranya adalah dengan membersihkannya setiap setelah pemakaian.

Akan tetapi jika Anda merasa hal tersebut terlalu berat, Anda dapat membersihkannya seminggu atau dua minggu sekali, yang penting dilakukan dengan teratur dan terus-menerus.

Catokan rambut yang bagus adalah yang selalu dalam kondisi bersih. Jika plat catokan dalam keadaan bersih, maka panas yang dihasilkan akan menyebar dengan merata dan mampu bekerja secara maksimal.

4. Menyimpan Catokan Rambut di Tempat yang Tepat

Pastikan agar Anda selalu menyimpan catokan rambut di tempat yang tepat. Saat usai mencatok rambut, simpan kembali ke kardusnya. Selain itu, bisa juga Anda menyimpannya di dalam wadah berbahan kain. Pilihlah bahan kain yang lembut dan halus sehingga tidak menimbulkan goresan pada plat catokan.

Hindari meletakkan catokan di sembarang tempat seperti di meja rias atau di laci tanpa membungkusnya dengan wadah yang baik. Karena hal tersebut dapat menyebabkan debu dan kotoran mudah menempel pada catokan rambut. Jika banyak debu dan kotoran menempel, maka proses pencatokan menjadi tidak maksimal. Selain itu juga dapat membuat rambut menjadi kotor dan berminyak.

Di samping itu, menyimpan catokan rambut di dalam wadah juga bertujuan agar catokan tidak bergesekan dengan benda lain yang dapat menimbulkan goresan. Jadi, selalu simpan catokan rambut Anda di tempat yang sesuai ya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga catokan rambut selalu dalam kondisi bagus dan siap pakai. Perawatan catokan rambut juga bertujuan agar alat penata rambut ini dapat bekerja secara maksimal sehingga menghasilkan tatanan rambut yang oke setiap hari.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.