Perbedaan Epoxy Lantai Dengan Floor Hardener

Anda mungkin masih bertanya-tanya mengenai apa itu epoxy lantai. Untuk itu akan kami berikan sedikit penjelasan pada anda mengenai lantai epoxy yang merupakan permukaan lantai dengan lapisan-lapisan Epoxy, ke dalam lantai sampai ketebalan yang mencapai dua millimeter atau  setara dengan 2000 Microns.

Epoxy Lantai

Adapun perbedaan Epoxy Floor dengan Epoxy Coating terletak di ketebalannya serta kualitasnya. Epoxy memiliki tebal minimal 2 millimeter/2000 microns. Sedangkan untuk lantai Epoxy dengan ketebalan di bawah dua millimeter /2000 microns lebih disebut sebagai Epoxy Coating.

Apakah Perbedaan Epoxy Floor Dengan Floor Hardener Dan Bahan Lainnya?

Fungsi dari Epoxy Flooring sendiri bisa dikatakan hampir sama seperti Floor Hardener, hanya saja untuk Epoxy lantai menggunakan bahan dari beberapa jenis Epoxy . Sedangkan, Hardener sifat sterilisasinya lebih tinggi, sama seperti halnya lantai yang dipakai di Rumah Sakit, Pabrik Farmasi, Laboratorium, Klinik, dan lain-lain.

Anda juga tentunya ingin tahu apa saja kelebihan dari Epoxy Floor ini. jika dibandingkan dengan lantai yang lain, maka cat lantai epoxy ini memiliki ketahanan yang baik. Sehingga akan lebih baik jika digunakan pada lantai-lantai di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi khalayak. Apa saja kelebihan dari Epoxy Floor ini dibandingkan floor hardener?
  1. Permukaan kuat, tak mudah retak, dan juga tak mudah untuk mengelupas.
  2. Permukaan lantai akan tampak lebih mengkilap atau gloss dan terlihat bersih.
  3. Permukaan lantai higienis, ini karena tak ada sambungan sehingga sangat mudah untuk dibersihkan
  4. Memiliki daya tahan yang baik terhadap cairan keras seperti bahan kimia dan juga cuaca.
  5. Sangat mudah dibersihkan dan juga steril.
  6. Tak berbau dan juga tak beracun.
  7. Epoxy lantai bisa mencegah pertumbuhan jamur maupun lumut.
  8. Epoxy tak menyerap air, sehingga tidak licin dan juga tidak timbul lumut.
  9. Epoxy bisa tahan terhadap berbagai beban berat hingga bisa dilalui truck, forklift, sampai benda-benda lebih berat lainnya.
  10. Tampilan Epoxy sangat indah dan tersedia berbagai warna sehingga menjadikan finishing lantai epoxy terlihat lebih menarik.
Biasanya pada waktu pemasangan epoxy floor diperlukan jasa epoxy lantai sebab pemasangan lantai ini haruslah dilakukan dengan benar dan penuh ketelitian. Sehingga tak semua tukang bisa mengerjakan lantai epoxy ini.

Apakah Lantai Epoxy Bisa Diaplikasikan Dengan Lantai Yang Sebelumnya Dipakai?

Lantai epoxy ini dapat diaplikasikan dengan jenis lantai lainnya seperti keramik atau granite, sehingga anda tidak perlu repot untuk membongkar keramik yang sudah terpasang. Menggunakan epoxy floor coating, maka lantai di rumah akan bebas dari sambungan lantai atau nat , sama dengan lantai keramik.

Ternyata selain ketahanannya yang bagus terhadap benda berat dan juga bahan kimiawi,  cara pasangnya juga akan lebih cepat, sehingga biaya jasa epoxy lantai mudah dan murah daripada mengganti dengan keramik baru. Kini jasa pasang epoxy semakin berkembang hingga banyak sekali perusahaan-perusahaan hingga rumah-rumah yang mengharapkan tampilan baru untuk merubah keramik lamanya hingga berubah total.

Jasa pekerjaan proses pengecatan di atas keramik hasil lapisan epoxy akan terlihat sangat menakjubkan, lantai ini juga sangat tahan beban sehingga aman jika terjadi benturan sewaktu-waktu.

Penggunaan epoxy akan mengatasi berbagai masalah dari kekurangan floor hardener yang memiliki ketahanan yang kurang baik seperti, mudah pecah. Proses pengecatan epoxy pada lantai ini biasanya digunakan pada industri atau pabrik-pabrik sebagai pelapis dari keramik, teraso maupun porcelain di atas permukaan lantai tersebut.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.