Mengulas Tentang Info Timnas Indonesia Terbaru di Piala AFF 2018

Salah satu kancah kejuaraan yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia terutama yang suka dengan sepak bola adalah Piala AFF 2018. Kejuaraan sepak bola yang hanya diikuti oleh negara yang berada di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN ini sebelumnya terkenal dengan nama piala Tiger. Sama seperti yang sebelum-sebelumnya, menjelang diselenggarakannya AFF2018, info timnas Indonesia akan semakin dicari.

Mengulas Tentang Info Timnas Indonesia Terbaru di Piala AFF 2018
Line Up Timnas Indonesia Piala AFF 2018

Di tahun 2018, kejuaraan AFF 2018 ini akan menjadi kejuaraan yang digelar selama 12 kali. Di setiap tahunnya, masyarakat Indonesia rela belanja online untuk dapat jersey Timnas agar bisa mendukung timnas Indonesia secara langsung di stadion. Di tahun 2018 ini, panitia penyelenggaraan memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena tidak banyak konsumen yang mengunjungi website.

Di tahun 2018 ini, panitia mengharapkan jika ada sesuatu yang berbeda dan berhasil menarik penonton juga akan semakin lebih banyak. Info timnas Indonesia seputar piala AFF 2018 adalah Indonesia masuk ke tim yang lolos otomatis berdasarkan pada peringkat AADF. Peraturan lainnya yang ditetapkan oleh AFF 2018 yaitu:
  • 9 tim yang memiliki peringkat paling tinggi di AFF akan lolos otomatis dan satu diantaranya adalah Indonesia.
  • Tim peringkat 10 dan 11 harus melakukan play-off 2 leg agar bisa mendapatkan 1 tiket yang tersisa.
  • Jika yang ikut bertanding 10 timnas, maka akan dibagi ke 2 grup dan kemudian menggunakan sistem round robin.
  • Masing-masing tim akan bermain masing-masing 2 untuk tandang dan kandang.
Berdasarkan pada informasi, undian untuk penyisihan group piala AFF 2018, yang akan dilaksanakan oleh Milia Senayan, 2 mei 2018 yang akan bertempat di Jakarta. Beberapa jenis pot atau pengelompokan yang sudah disiapkan oleh panitia. Timnas Indonesia tidak masuk ke dalam unggulan utama walaupun pernah masuk sebagai runner-up Piala AFF 2016. Pembagian AFF 2018 yaitu:
  • Pot 1 atau yang merupakan unggulan juara bertahan. Negara yang masuk ke dalam pot ini adalah Thailand dan Vietnam.
  • Pot 2 diisi oleh Indonesia dan Malaysia.
  • Pot 3 diisi oleh Filipina dan Myanmar.
  • Pot 4 diisi Kamboja dan Singapura.
  • Pot 5 akan diisi antara Timr Leste ataupun Brunei.
Jika dilihat berdasarkan pada pembagian pot tersebut, tentunya Indonesia tidak akan bertemu dengan musim penghujan. Hal ini termasuk menguntungkan mengingat sejarah pertandingan Internasional dengan Malaysia yang kerap menghasilkan sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, kesempatan Indonesia bertemu Thailand yang merupakan ‘raja di ASEAN’ ini cukup tinggi sehingga mau tidak mau latihan fisik juga harus digempleng.

Secara umum, penyisihan grup akan berlangsung pada tanggal 8-25 November 2018 dengan jeda 5 hari yaitu pada tanggal 26-30 fpm. Setelah babak penyisihan selesai, akan dilanjutkan dengan semifinal leg 1 tanggal 1-2 Desember 2018. Break kembali di tanggal 3-4 Desember 2018. Kemudian akan dilanjutkan kembali di tangga 5-6 desember 2017. Final 1 akan diselenggarakan setelah istirahat tanggal 7-10 Desember 2018 dan final 2 tanggal 15 Desember 2018.

Berikut merupakan info timnas Indonesia dan negara lain partisipan AFF mengenai trophy yang dibawa pulang diantaranya yaitu:
  • Thailand, juara 5x dan Runner up sebanyak 3 kali.
  • Singapura pernah juara 4x dan 1x mendapatkan peringkat 3.
  • Malaysia pernah juara 1 x di tahun 2010 lalu jadi runner up sebanyak 2x dan runner up selama 4x.
  • Indonesia jadi runner up 5x dan 2x jadi peringkat 3.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.