5 Tips Cermat Membeli Memilih Mobil & Sepeda Motor Bekas Secara Online

Sebagai alat pendukung pemenuhan kebutuhan hidup manusia, baik itu berupa alat transportasi mobil maupun sepeda motor memang sangat vital peranannya dalam kehidupan sehari - hari. Ditambah dengan pesatnya laju perkembangan dari internet itu sendiri membuat kesempatan untuk setiap individu mendapatkannya semakin mudah dan gampang. Bahkan metode online pun sekarang bisa digunakan dalam bertransaksi jual beli mobil atau sepeda motor bekas.

5 Tips Cermat Membeli Memilih Mobil & Sepeda Motor Bekas Secara Online
Kendaraan Bekas dijual secara online via olx.co.id

Namun perlu disadari bahwasanya semudah - mudahnya transaksi secara online tetap kita harus cermat dan teliti serta waspada. Mengingat barang yang akan kita beli ini akan dipakai dalam waktu yang lama. Nah maka dari itu melalui tulisan ini saya mau berbagi beberapa tips membeli memilih mobil & sepeda motor secara online supaya tidak kena tipu oleh oknum - oknum yang tidak amanah atau bertanggung jawab :

1. Ketahui Dahulu Track Record dan Reputasi Penjual

Saat anda memutuskan membeli kendaraan secara online jangan terlalu terburu - buru mengeksekusi keranjang belanja anda. Selidiki dahulu track record dari penjual tersebut dalam melakukan transaksi jual beli kendaraan. Baca saksama testimoni - testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Namun pastikan pula testiomoni tersebut valid dan bukan testimoni fiktif.

2. Pastikan Detail Informasi Kondisi Terkini Kendaraan

Ketika menjual kendaraan baik itu mobil atau atau men Jual Motor Bekas Yamaha misalnya, umumnya penjual sudah mencantumkan detail data - data lengkap keadaan unitnya. Data - data tersebut seperti jenis, tahun pembuatan, fitur-fitur yang ada, kondisi terkini dari spare part penting hingga spesifikasinya. Walaupun begitu sebagai pembeli anda tetep wajib menanyakannya secara mendetail apakah ada spare part tertentu yang pernah diganti atau pernah mengalami kerusakan.

Jika penjual jujur maka dia dengan mudahnya menjawab pertanyaan - pertanyaan yang dilontarkan oleh pembeli, jika tidak biasanya penjual tidak mampu menjelaskan secara terperinci unit kendaraan yang dijualnya 

3. Foto Kendaraan beserta Kelengkapan Surat Pendukungnya

Untuk lebih meyakinkan dan menghindari barang fiktif mintakan foto bukti fisik kendaraan, identitas penjual dan kelengkapan surat kendaraan seperti faktur penjualan, STNK dan BPKB kendaraan. Jika perlu mintakan ke penjual untuk berpose di depan unit kendaraan yang dijualnya dengan membawa identitas beserta surat - surat kelengkapan kendaraanya. 

4. Minta Bantuan Teman 

Jika posisi penjual berada di luar kota, minta bantuan teman atau saudara untuk mengecek keberadaan penjual beserta unit mobil atau sepeda bekas yang dijualnya. Ajak teknisi jika teman anda dirasa kurang paham mengenai pengecekan fisik kendaraan. Namun jika penjual berada satu kota dengan anda, transaksi dengan sistem Cash On Delivery (COD) wajib anda gunakan. 

5. Kepastian Harga

Tips terakhir sebelum anda mantap yakin untuk membeli kendaraan mobil atau sepeda motor bekas tersebut ialah pastikan kejelasan uang yang harus anda keluarkan untuk membeli kendaraan tersebut. Misalkan anda ingin membeli mobil Merk Daihatsu, pastikan Harga Mobil Bekas Daihatsu tidak terlalu jauh dari harga pasaran kendaraan tersebut saat ini. Pastikan kendaraan tersebut tidak dalam kasus hukum atau ada perjanjian hutang piutang dengan pihak ketiga seperti dijadikan jaminan di lembaga pembiayaan atau perbankan. Dapatkan informasi biaya pengiriman melalui jasa ekspedisi yang kredibel sebelum ada kata deal bersama penjual.

Mungkin itu beberapa tips yang bisa saya share kali ini mengenai pembelian kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor bekas second secara online. Teliti dan cermat sebelum membeli. Selalu berhati - hati, jangan sampai anda tergoda dengan penawaran - penawaran yang tidak masuk akal sehingga mengakibatkan anda rugi sendiri. Sekian dan smeoga bermanfaat.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.