Pinjam Uang Tanpa Riba, Apakah Ada?

Kadang kala kita tidak ingin meminjam dana di tempat tertentu karena adanya riba. Riba ini akan membuat jumlah uang pinjaman yang dikembalikan lebih besar dibanding jumlah uang yang dipinjam. Selain merugikan peminjam, praktek riba juga terbukti dilarang dalam agama Islam. Penting bagi kita dalam memilih tempat pinjam uang tanpa riba. Sekarang ini bisa dibilang tiap tempat peminjaman uang akan menetapkan riba, seperti bank dan lain-lain. Sebagai gantinya, kita bisa melakukan pinjaman dana di tempat lain yang tak menerapkan riba. Di antaranya adalah meminjam pada kerabat, saudara hingga lembaga keuangan yang berdasar akad tolong menolong.

Pinjam Uang Tanpa Riba, Apakah Ada? - Indonesia Rupiah Money

1. Meminjam Uang Pada Saudara

Meminta tolong pada saudara untuk meringankan beban finansial kadang akan jadi langkah pertama yang dilakukan ketika kita dalam keadaan terdesak dari segi keuangan. Meminjam pada saudara takkan dikenakan bunga dalam bentuk apapun dan jumlah berapapun. Pinjam uang tanpa riba pada saudara juga bisa ditentukan bersama kapan pelunasannya, apakah akan dilunasi langsung atau dicicil, hingga besar cicilan per bulan dan kapan bisa mulai mencicil. Namun, satu hal yang pasti adalah kita harus benar-benar melunasi hutang pada saudara agar hubungan kekeluargaan dan persaudaraan tetap terjaga serta tidak rusak. Sudah banyak kasus di mana sesama saudara jadi renggang hanya gara-gara hutang.

2. Meminjam Uang Pada Teman

Selain saudara, kita juga bisa pinjam uang tanpa riba pada teman dekat atau sahabat. Sama seperti meminjam pada saudara, meminjam pada teman juga takkan dikenakan bunga serta waktu pelunasannya bisa dirundingkan bersama. Selain itu, masih sama seperti meminjam uang pada saudara, meminjam uang pada teman juga sebaiknya diperhatikan betul agar kita bisa melunasi peminjaman dalam waktu yang telah ditentukan. Tujuannya agar hubungan pertemanan tidak renggang gara-gara hutang. Melunasi hutang tepat waktu juga akan membantu apabila kita membutuhkan pinjaman dana kembali di lain waktu. Kepercayaan yang didapat dari teman atau sahabat harus dijaga agar tak sampai rusak.

3. Meminjam di Lembaga Berdasar Akad Tolong Menolong

Kita bisa menemukan beberapa lembaga yang menawarkan layanan pinjaman dana serta menggunakan akad tolong menolong tanpa memungut riba. Walau lembaga ini masih sangat jarang ada, namun kita bisa menemukannya di tengah masyarakat. Lewat lembaga ini, peminjaman dana akan sepenuhnya menggunakan dasar tolong menolong sehingga tidak merugikan salah satu pihak terutama penerima pinjaman. Lembaga seperti ini juga akan lebih banyak dipilih terutama oleh orang beragama Islam. Kita bisa terhindar dari bahaya riba dengan memilih lembaga ini sebagai tempat peminjaman dana.

Demikian adalah beberapa tempat pinjaman uang yang bisa dipilih agar kita terhindar dari bahaya riba. Memang sulit menghindarkan diri dari praktek riba sekarang ini. Namun jika kita lebih berhati-hati dan mengingat kembali bahaya dari riba, akan mudah bagi kita dalam menemukan serta memanfaatkan layanan peminjaman uang yang tak disertai bunga maupun memberatkan peminjam ini. Uang pinjaman tetap harus dikembalikan secara tepat waktu, baik dengan mengangsur ataupun membayar penuh. Walau tidak ada bunga yang dibebankan, namun pembayaran tepat waktu ini akan menjaga hubungan baik dengan pihak pemberi pinjaman. Hal ini juga akan memudahkan kita apabila di lain kesempatan kembali membutuhkan pinjaman dana. Diharapkan aneka tempat meminjam dana tanpa riba di atas akan bisa membantu kita saat tengah dalam kondisi membutuhkan uang.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.