Inilah Kekurangan Dan Kelebihan Mobil Hybrid dan Non Hybrid

Mobil Hybrid di Indonesia ada beragam. Kamu bisa memilih diantara puluhan atau bahkan mungkin ratusan mobil hybrid yang dijual di Indonesia dengan bebas. Mobil hybrid dan non hybrid mempunyai sisi yang berbeda masing-masing. Ada pihak yang lebih menyukai mobil non hybrid, namun ada juga orang yang lebih prefer dengan mobil hybrid. Semua itu tergantung kebutuhan dan selera masing-masing orang. Mobil hybrid diciptakan karena melihat adanya krisis terutama krisis bahan bakar minyak di seluruh dunia. Tak hanya itu, kenaikan harga bahan bakar minyak juga menjadi salah satu alasan mengapa mobil hybrid itu hadir. Konsumsi bahan bakar pada mobil non hybrid sangat boros. 

Mobil Toyota Camry - Inilah Kekurangan Dan Kelebihan Mobil Hybrid dan Non Hybrid
Photo : Mobil Toyota Camry Indonesia

Seperti yang kamu ketahui bahwa jalanan di perkotaan itu cenderung macet. Kondisi jalan yang macet membuat penggunaan bahan bakar kendaraan menjadi sangat boros. Selain itu, di Indonesia sendiri mobil hybrid masih tidak terlalu sering dilirik karena harga jualnya yang jauh lebih tinggi dibandingkan mobil non hybrid. Mobil hybrid bisa mencapai Rp 791 juta per unit, sedangkan untuk non hybrid dengan model dan spesifikasi yang hampir sama bisa dijual Rp. 500 jutaan. 

Salah satu Dealer yang menjual Mobil hybrid adalah Auto2000 Toyota, Anda bisa lirik dan kunjungi untuk lebih jelasnya atau bisa cek ke website resminya Auto2000. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing mobil tersebut? Berikut ini adalah ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari mobil hybrid maupun non hybrid yang mungkin bisa membantu kamu.

Kelebihan mobil hybrid dibandingkan non hybrid

Lebih Irit Bahan Bakar

Walau mobil hybrid tetap menggunakan bahan bakar bensin, namun penggunaanya lebih efisien sehingga mobil hybrid lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil non hybrid. Ketika kamu menghidupkan mesin, mesin bahan bakar sama sekali tidak hidup. Sistem kelistrikan dari mobil hybrid ditenagai oleh baterai seperti audio, AC, dan power window. Saat kondisi jalanan macet atau mengendarai mobil dengan kecepatan rendah, system kelistrikan otomatis menyala dan penggunaan bahan bakar bisa menjadi jauh lebih irit.

Rendah Emisi Gas Buangan

Mobil hybrid memang di desain untuk menjadi mobil yang ramah lingkungan. Mobil hybrid jarang mengeluarkan asap atau limbah polusi dari knalpot karena mobil ini lebih menggunakan tenaga listrik ketika situasi mendesak. Keefisienan penggunaan bahan bakar menjadi alasan mengapa asap dan gas buangan dari mobil ini sangat rendah.

Kekurangan Mobil Hybrid Dibandingkan Non Hybrid

Sistem Kelistrikan Rumit

Terkenal dengan penggunaan listrik untuk beberapa tools ternyata tidak semudah itu. Baterai yang mahal serta system yang cukup rumit pada komponen kelistrikan mobil ini terkadang menjadi hambatan. Meski satu baterai bisa berumur 8 hingga 9 tahun, namun itu tidak mesti. Tergantung dari gaya penggendara memperlakukan mobil hybridnya.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari mobil hybrid dan non hybrid. Jika kamu tertarik dengan mobil hybrid, Toyota Camry Hybrid bisa dijadikan pilihannya. Penampakan jelas untuk lebih detail harga dan spesifikasinya bisa dilihat DISINI. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.