5 Tips Aman Terhindar dari Penipuan Belanja Online di E-Commerce Toko Online

Belanja online memang sudah menjadi kebutuhan bagi para online shoppers. Dengan kemudahan dan kepraktisan teknologi yang disajikan oleh ratusan hingga ribuan situs E-Commerce yang ada di Indonesia, membuat metode konvensional kian hari kian ditinggalkan. Didukung dengan kemudahan akses internet yang siapapun dengan mudah mendapatkannya, tak dipungkiri bisnis online menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.

5 Tips Menghindari Penipuan Belanja Online E-Commerce Toko Online
Ilustrasi : Belanja Online di E-Commerce

Meski jual beli online tengah menjadi trend di khalayak ramai dengan berbagai kemudahannya, Anda juga perlu setidaknya waspada dengan dampak negatif Online Shop seperti Penipuan Belanja Online.

Walaupun di beberapa situs E-commerce sudah menyedia jasa atau fasilitas rekening bersama dimana uang yang kita transfer akan ditampung terlebih dahulu di rekening E-commerce tersebut. Namun celah untuk munculnya tindak peniupuan online juga akan tetap ada mengingat jumlah merchant atau toko online ynag kian hari kian meningkat. Untuk itu Admin bakalan sharing sedikit bagaimana caranya menghindari bentuk - bentuk penipuan online berdasarkan pengalaman admin pribadi. Dan Berikut tips nya :

1. Cek Reputasi Seller

Sebelum kita memutuskan untuk checkout keranja belanja kita. Pastikan kita cek dahulu bagaimana track record seller dalam menjalankan bisnis yang dikelolanya. Beberapa indikator yang wajib kita perhatikan ialah seperti seberapa tinggi rating si penjual kemudian komentar atau review dari para pembeli yang sudah terverifikasi. Pembeli terverifikasi adalah pembeli real atau nyata yang pernah membeli dan menerima barang dari seller tersebut.

Walaupun rating dan review bukan jaminan namun setidaknya mampu memberikan gambaran terhadap barang atau jasa yang akan kita beli. Lalu bagaimana jika seller tersebut belum memperoleh rating maupun review dari para pembelinya. Saran saya untuk cari aman saja, tinggalkan dan cari seller lainnya yang sudah memiliki reputasi baik.

2. Cek dan Bandingkan Harga

Ketika anda mencari produk elektronik seperti smartphone misalnya di salah satu E-Commerce pasti anda akan menemukan banyak produk yang sama dengan harga yang berbeda. Produk yang anda incar tentunya memiliki harga pasaran tertentu. Jika harga yang tertera jauh dibawah harga pasaran saran saya anda wajib curiga dan waspada. Karena itulah salah stau celah para penipu online untuk membuat calon pembelinya tergiur.

3. Cash On Delivery bila Lokasi Dekat

Jika dirasa lokasi anda dan seller tidak begitu jauh dan pihak E-Commerce menyediakan fasilitas COD lebih baik digunakan saja. Dengan COD kita bisa melihat kondisi barang terelebih dahulu atau bahkan bisa menjajal berfungsi tidaknya barang yang kita beli baru setelah kita cocok baru bayar ditempat.

4. Gunakan Fasilitas Rekening Bersama

Seperti yang saya jelaskan di awal paragraf. Hampir sebagian besar Online Shop E-commerce telah mengimplementasikan penggunakan rekening bersama. Uang yang kita transfer akan ditampung di rekening E-commerce, dan akan ditransfer oleh pihak E-commerce bilaman kita telah menerima barang yang kita beli. Jadi apabila barang yang kita terima tidak sesuai dengan deskripsi maupun gambar yang di display iklan si seller, kita bis amengajukan komplain atau pengembalian dana dengan syarat barang yang telah kita terima juga kita kembalikan ke alamat seller.

5. Simpan Bukti Transaksi Anda

Dan tips terakhir dari saya adalah simpan bukti transaksi online anda. Jangan pernah buang struk bukti transfer atau screenshot bila anda menggunakan fasilitas online banking / m-bangking. Hal ini bertujuan seandaianya anda memamng menjadi korban penipuan online, anda telah menyiapkan alat bukti untuk nantinya diproses baik secara hukum maupun dibantu oleh pihak E-Commerce terkait.

Dan itulah beberapa tips yang bisa admin sharing mengenai cara menghindari tindak penipuan Online Shop berdasarkan pengalaman admin pribadi. Selalu waspada akan bentuk penipuan online, karena mereka para pelaku pastinya sudah mempelajari dan akan tetap mencari celah dibalik lengahnya para pembeli seperti kita khususnya untuk yang masih awam dengan online shop. Jangan lupa untuk untuk menanyakan kepada rekan andayang sudah berpengalaman sebelum memutuskan melakukan checkout di keranjang belanja. Sekian dan smeoga bermanfaat.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.