Begini Cara Tutup Akun Instagram Dengan Mudah

Instagram kini telah jadi salah satu media sosial paling banyak digunakan. Hal ini terkait banyaknya fitur menarik yang selalu ditambahkan tiap kali dilakukan upgrade. Jika dulu Instagram hanya dapat digunakan untuk berbagi foto, kini kita juga bisa berbagi video, mengirim DM, membuat IGTV hingga membagikan story layaknya Snapchat. 

Begini Cara Tutup Akun Instagram Dengan Mudah
Ilustrasi : Instagram

Namun, kadang justru ada orang yang ingin “menghilang” dari Instagram. Entah untuk alasan apa, namun yang jelas mereka yang tidak lagi menggunakan jejaring sosial ini mencari cara tutup akun Instagram. Menutup akun Instagram sendiri sebenarnya mudah dan bisa dilakukan lewat dua cara, yaitu via komputer ataupun smartphone. Berikut adalah langkah-langkahnya : 

Melalui Komputer / PC

Untuk bisa menghapus akun Instagram secara permanen dari komputer, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Kunjungi laman help.instagram.com guna memulai cara tutup akun di Instagram
  2. Pilih “Mengelola Akun Anda”
  3. Lanjutkan dengan pilih opsi “Hapus Akun”
  4. Dari dua opsi yang disediakan, pilih “Bagaimana cara menghapus akun saya”
  5. Pilih nomor satu dengan tulisan “Halaman Menghapus Akun Anda”
  6. Pilih salah satu dari beberapa alasan yang tersedia mengapa kita hendak menghapus akun Instagram untuk selama-lamanya
  7. Langkah terakhir, masukkan password akun Instagram kemudian klik “Permanently delete my account”
  8. Akun kita akan dihapus untuk selamanya dan tidak bisa dibuka lagi.


Melalui Smartphone


Selain dengan cara di atas, menghapus akun Instagram juga bisa dilakukan via smartphone. Cara ini terbilang lebih sederhana karena dapat dilakukan dari genggaman tangan saja
  1. Buka aplikasi Instagram via smartphone dan masuklah ke profil Instagram kita
  2. Pilih ikon tiga titik yang berada di sebelah kanan atas
  3. Pilih “Help Center
  4. Kita akan diteruskan di situs help.instagram.com seperti layaknya penggunaan cara via komputer yang sebelumnya telah dijelaskan
  5. Pilih “Mengelola Akun Anda” lalu pilih “Hapus Akun”
  6. Pilih “Bagaimana cara menghapus akun saya” lalu klik pada opsi nomor satu yang bertuliskan “Halaman Menghapus Akun Anda”
  7. Pilih satu alasan mengapa kita hendak menghapus akun tersebut
  8. Masukkan kata sandi atau password yang digunakan untuk login ke akun Instagram masing-masing.
  9. Pilih “Hapus Akun Saya Secara Permanen” untuk mengakhiri keseluruhan proses penghapusan akun Instagram selamanya.
Begini Cara Tutup Akun Instagram Dengan Mudah
Ilustrasi :  Penggunaan Instagram
Akun Instagram yang telah dihapus tidak akan bisa dikembalikan lagi. Jadi, apabila kita telah menghapus akun namun kemudian berubah pikiran dan ingin menggunakan Instagram kembali, maka satu-satunya cara adalah dengan buat akun Instagram baru. Langkah-langkahnya tentu sudah kita pahami, yaitu dengan mengunjungi laman instagram.com kemudian klik Sign Up dan isi semua kolom yang tersedia. Menutup akun Instagram sendiri bisa dikarenakan banyak hal, seperti sudah bosan, merasa jejaring sosial tidak terlalu berguna hingga gangguan yang didapat secara online di dunia maya.

Apapun alasanya, dua cara di atas sudah terbukti efektif dalam menghapus akun Instagram untuk selamanya. Menggunakan media sosial memang harus dilakukan dengan bijak agar kita tidak terjebak di dalamnya. Bermain media sosial termasuk buat akun Instagram memang menyenangkan, terutama apabila kita tergabung dalam komunitas online serta menemukan banyak teman baru secara daring. Akan tetapi, dampak buruk dari media sosial juga harus turut diperhitungkan. Tidak ada salahnya memiliki akun jejaring sosial, namun tentu saja kita harus tetap menghadapi kehidupan di dunia nyata dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.