5 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan cairan kental berwarna kuning keemas-emasan yang bernama madu. Ya, terang saja demikian, sebab madu ini memiliki cita rasa manis yang sangat enak dan lezat. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, biasanya madu juga sering dikolaborasikan dengan berbagai macam kuliner seperti roti, sereal, susu, teh, dan sebagainya.

5 Manfaat Madu Untuk Manusia
Photo : 5 Manfaat Madu Untuk Manusia

Disamping rasanya yang manis dan lezat, ternyata madu juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah manfaat madu untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui :

1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama dari madu untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui, yakni dapat menurunkan berat badan tubuh. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, dalam 1 cangkir madu ini mengandung 64 kalori yang dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan akan terkontrol dengan baik. Tak hanya itu saja, mengkonsumsi madu sebelum tidur malam juga dipercaya dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh lho. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah berat badan berlebihan, maka konsumsilah madu secara rutin dan teratur.

2. Dapat Mengobati Batuk Pada Anak

Inilah salah satu manfaat dari madu yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat kita. Selain dapat mengobati penyakit batuk pada anak, madu juga sudah terbukti ampuh dalam mengobati penyakit pilek dan flu pada anak. Mengenai cara pengobatannya, suruh si kecil untuk mengkonsumsi madu sebanyak 2 sendok teh sebelum tidur. Lakukan cara tersebut hingga batuk dan pileknya benar-benar sembuh.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Berdasarkan dari hasil penelitian, madu memiliki kandungan mikroba yang dapat membunuh pathogen berbahaya yang ada pada usus. Dengan terbunuhnya pathogen berbahaya tersebut, tentu saja akan memberikan dampak yang bagus untuk system pencernaan. Bahkan, madu juga cukup efektif dalam mengatasi susah buang air besar (BAB).
4. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Nah, antioksidan tersebutlah yang bertugas untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab dari timbulnya berbagai jenis penyakit. Dengan meningkatkannya system kekebalan tubuh, tentunya kamu tidak akan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

5. Dapat Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa madu kerap dilibatkan dalam proses pembuatan produk-produk perawatan kulit wajah. Ya, terang saja demikian, sebab kandungan vitamin dan nutrisi pada madu dapat memelihara kecantikkan kulit wajah lho. Madu tersebut harus dijadikan masker, yang dicampurkan dengan putih telur. Lantas, bagaimana cara kerjanya? 

Pertama-tama, siapkan 1 butir telur, pisahkan antara kuning dan putih telurnya, lalu sisihkan putih telurnya kedalam wadah. Campurkan dengan 1 sdm madu, aduk-aduk, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata sambil dipijat-pijat. Diamkan sekitar 20 – 25 menit, lalu bilas kembali wajahmu dengan air hangat sampai bersih. Adapun mengenai beberapa manfaat dari masker madu & putih telur seperti di bawah ini :
  • Mengatasi masalah jerawat
  • Mengikis noda hitam dan flek
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Menghaluskan dan melembabkan kulit
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Mengecilkan pori-pori wajah yang membesar
  • Mencegah penuaan dini
Nah, itulah beberapa manfaat dari madu yang harus kamu ketahui untuk kesehatan tubuh. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk coba membuktikan khasiat dari madu tersebut?

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.