Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Dengan Mudah dan Cepat

Perlu anda ketahui bahwa BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan suatu Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden serta memiliki tugas untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. Khususnya untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya mapun rakyat biasa. 

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Dengan Mudah dan Cepat
Ilustrasi : Pelayanan Kantor BPJS Kesehatan (Indonesiainsisde.id)

Selain itu, BPJS Kesehatan juga merupakan penyelenggara program Jaminan Sosial di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari 5 program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yakni Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian sebagaimana yang telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Pemerintah yang merupakan penyelenggara program BPJS Kesehatan, tentunya sudah dipersiapkan juga cara atau sistem untuk mengakses BPJS Kesehatan tersebut dengan mudah. Baik itu untuk pendafaftaran BPJS, cek tagihan iuran BPJS, pembayaran BPJS, dan lain sebagainya. 

Ngomong-ngomong soal pembayaran iuran BPJS, pemerintah telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Dimana pemerintah telah menyediakan berbagai fasilitas pembayaran supaya masyarakat bisa lebih mudah serta cepat dalam melakukan pembayaran iuran setiap bulannya. Berikut beberapa tempat pembayaran iuran BPJS :

1. Kantor BPJS Kesehatan

Bagi anda yang berdomisili yang berdekatan dengan Kantor BPJS Kesehatan, tentunya anda bisa langsung datang ke kantor tersebut dan melakukan pembayaran di loket pembayaran yang tersedia disana.

2. Melalui ATM BCA, BTN, Bank Mandiri, BNI, dan BRI

Selain langsung ke kantor BPJS Kesehatan, anda juga bisa melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, maupun BCA. Cara pembayarannya juga akan jauh lebih mudah karena anda tidak perlu antri seperti membayar di loket pembayaran kantor BPJS.

3. Kantor Pos

Dalam hal ini BPJS juga sangat memperhatikan kemudahan bagi para pengguna layanan BPJS Kesehatan yang ada di pedesaan, yakni dengan melakukan kerjasama dengan PT Pos Indonesia yang bertujuan untuk membantu memudahkan masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedesaan untuk bisa mengakses pembayaran BPJS Kesehatan dengan cepat dan mudah.

4. Indomaret dan Alfamart

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan juga bisa dibayar di toko-toko ritel terdekat seperti Indomaret dan Alfamart. Sehingga bisa mempermudah anda untuk melakukan pembayaran karena memang kedua minimarket ini sangat mudah ditemukan.

5. Loket Pembayaran Multitagihan

Mungkin anda sudah familiar dengan loket pembayaran ini, karena memang loket pembayaran ini sangat mudah ditemukan di sekitar anda. Awalnya loket ini hanya menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik, PDAM, dan telepon. Namun kini, sebagian besar loket pembayaran Multitagihan ini telah menyediakan layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

6. E-Commerce

Di era digital saat ini pembayaran bisa dilakukan secara online, termasuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Dengan adanya pembayaran iuran BPJS Kesehatan online ini, bisa mempermudah para pengguna BPJS untuk membayar iuran BPJS Kesehatan dengan mudah dan cepat setiap bulannya. 

Salah satu e-commerce yang menyediakan layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan adalah Blibli.com. Salah satu e-commerce ternama di Indonedia ini selain menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun juga menyediakan layanan pembayaran publik, seperti pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan jika membayar BPJS Kesehatan melalui blibli.com ini.
Diberdayakan oleh Blogger.